Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

^SKY^Avatar border
TS
^SKY^
Mantan Narapidana Boleh Daftar Caleg
Komisi Pemilihan Umum Surakarta akan membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) pada 9-22 April 2013. Ketua Kelompok Kerja Pendaftaran Caleg KPU Surakarta, Untung Sutanto, mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar.

Pendaftar berusia minimal 21 tahun, pendidikan minimal SMA, dan tidak pernah dipidana yang berkekuatan hukum tetap dengan ancaman hukuman minimal lima tahun atau lebih. "Kami mengacu pada ancaman hukumannya, bukan pada vonisnya," ujarnya seusai jalan sehat KPU Surakarta untuk sosialisasi Pemilihan Umum 2014, di kawasan Sriwedari, Surakarta, Minggu, 7 April 2013.

Selain itu, KPU siap menerima pendaftaran dari mantan narapidana. Syaratnya, yang bersangkutan sudah selesai menjalani masa hukumannya dan berselang lima tahun dari penetapan. "Sehingga kalau kami hitung, dia sudah harus selesai menjalani masa hukuman maksimal 22 Juni 2008," katanya.

Syarat lainnya harus melampirkan surat keterangan sudah menjalani masa hukuman dengan ketentuan di atas dari kepala lembaga pemasyarakatan tempat dia pernah ditahan. Kemudian memiliki surat keterangan catatan kepolisian yang menyatakan tidak melakukan tindak pidana selama lima tahun terakhir. "Lalu mengumumkan kepada masyarakat melalui media massa bahwa dia pernah dipenjara dan sekarang mendaftar untuk menjadi caleg," ujarnya.

Ketua KPU Surakarta Didik Wahyudiono mengatakan, di Surakarta, terdapat lima daerah pemilihan dengan total kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebanyak 45. Setiap partai berhak mengajukan calon maksimal 45 orang atau sebanyak kursi yang tersedia. "Pada pemilu sebelumnya bisa 120 persen dari kursi," katanya.

Soal keterwakilan perempuan, dia mengatakan, kuota 30 persen harus terpenuhi di setiap dapil. Misalnya, untuk dapil Pasar Kliwon dan Serengan yang memiliki 11 kursi, maka 30 persennya harus perempuan. "Caranya, tiap tiga caleg ada satu caleg perempuan," ucapnya.

Setelah pendaftaran ditutup pada 22 April, pihaknya segera melakukan verifikasi administrasi dan faktual. Dia mengatakan, daftar caleg sementara ditetapkan pada Juni dan daftar tetap pada Agustus 2013. "Kami sudah menginformasikan pendaftaran caleg ke semua partai. Termasuk dua partai yang baru saja jadi peserta pemilu, PBB (Partai Bulan Bintang) dan PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia)," katanya.

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...h-Daftar-Caleg

=====

begitu kepilih langsung rampok duit rakyat
negeri para bedebahemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
1.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan