yang view udah hampir 6000org , tp gak ada yg ngasih cendol
Untuk Menjawab pertanyaan orang orang tentang mana bagusan pertamax , premium atau pertamax plus , sebaiknya baca sampai habis gan
Spoiler for buka ini dulu:
sebelumnya dulu gan
Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.
Quote:
Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja.
Sebagai contoh motor Honda CS-1 yang memiliki rasio kompresi 10,7:1 . Maka dari itu bensin yang digunakan adalah yg beroktan 95 yaitu pertamax plus
Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
Quote:
Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking) . Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku, kira-kira begitu. Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.
Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi). Jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.
Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?
Quote:
Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih bertenaga. Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.
Quote:
Kesimpulan:
•Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
•Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
•Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
•Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
Quote:
Solusi Alternatif :
Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium pada mesin yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami ‘ngelitik’, antara lain:
• Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
• Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
• Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
• Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya) .
Banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium . Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin motornya atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.
Quote:
Kesimpulan ane , sebaiknya pilih dulu jenis motor yang akan agan pake , jangan asal beli , bensin juga asal beli , kalo mau beli barang tersier sebaiknya ente juga harus siap akan perawatan "tersiernya"
Kalo agan cuma bisa beli premium berarti ente juga harus pilih motor yang "makannya" premium , bukan masalah subsidi atau enggak , tapi kesesuaian dengan mesin gan
TUJUAN TS :
membantu pemerintah biar gak krisis premium lagi gan , miris gan makin lama premium makin habis
Sekian thread ane maap kalo berantakan sama repsol
Pendapat agan ?
Yang gak komeng
komeng dari agan agan
Quote:
Original Posted By alste04►ane pake plus gan.....mx tunggangan ane buat kerja sehari hari...
mlh irit itungannya,,servis aja tiap 15rb/km,,pernah ane minta bgkel langganan
ane buat ngebersihin kerak di permukaan piston,,hasilnya.....super duper dikit
keraknya dibanding motor bokap yg pake premium...
Quote:
Original Posted By putudarmaji►ane pake byson yang kompresinya 9,50:1
ane masih pake bensin tapi sekarang sering pake pertamax...
perbandingannya kalau pake bensin tarikan motor kyaknya kurang greget gan dan kyak ada yang gelitik di mesin...
sedangkan kalau beralih ke pertamx setelah beberapa hari pemakaian suara mengelikik di motor ilang dan nyampe sekarang hampir gak ada keluhan .
Quote:
Original Posted By 1787538►ane slalu ngisi pertamax terus, 20rebu bisa buat 3-4 hari.
mayan lah
Quote:
Original Posted By Ardhi.D.Corrupt►ane pertamax plus gan
mungkin buat pengguna mobil tua, kalo ane pengguna VW, hehehe
sebaiknya menggunakan pertamax, karena menurut tmn bpk ane yg "seniman" mesin
kalo pertamax itu sedikit timbalnya, jadi keraknya berkurang dan kerja mesin jadi lebih baik meskipun kompresi hanya krng lebih 8 (VW)
dan terbukti lebih irit, tarikan enteng
CMIIW
komeng koplak
Quote:
Original Posted By jangkrikboz►Mau pake PREMIUM,PERTAMAX,PERTAMAX PLUS semuanya oke,asal jngn pake AIR SUMUR / AIR KERAN
Quote:
Original Posted By shend.skate►ane sih biasa pertamax gan..
klo lagi sial paling keduax...tp klo lg sial" bgt mejeng di pekiwan jg boleh
sebenernya, meskipun perbandingan kompresi agak tinggi, misal 10:1, tapi kalau timing pengapian mundur, masih bisa minum premium
sebaliknya, meskipun perbandingan kompresi rendah, 9:1, apabila dipasangi CDI resing, harus minum pertamax
karena timing pengapian jadi maju, utk menghindari detonasi pada mesin