Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gerbera4Avatar border
TS
gerbera4
Roger Ebert, Kritikus Film Terkemuka Amerika Meninggal
Roger Ebert Wafat,
Hollywood Kehilangan Kritikus Terbaik

Roger Ebert, Kritikus Film Terkemuka Amerika Meninggal

Liputan6.com, Chicago : Insan perfilman Hollywood kehilangan salah satu kritikus film terbaiknya. Koran Chicago Sun-Times mempublikasi kabar di Twitter, Kamis (4/4/2013), bahwa kritikus Roger Ebert telah meninggal dunia.

Roger Ebert tutup usia pada umur 70. Sebelumnya, Ebert telah kehilangan kemampuan berbicara dan makan setelah menjalani operasi kanker tiroid dan kanker kelenjar ludah pada 2002 dan 2003. Dua hari sebelum meninggal, Ebert mengungkapkan bahwa penyakit kankernya kambuh kembali.

"Untuk itu dengan berat hati kami melaporkan bahwa kritikus film legendaris Roger Ebert (@ebertchicago) telah meninggal," demikian surat kabar di mana Ebert bekerja selama beberapa dekade, seperti dikutip Reuters, Jumat (5/4/2013).

"Ada sebuah lubang yang tidak dapat ditambal lagi. Salah satu yang hebat yang kami miliki telah meninggalkan kami. Roger Ebert telah meninggal pada usia 70."

Roger Ebert merupakan kritikus film pertama yang memenangi Hadiah Pulitzer dan menjadi bintang televisi. Ebert sempat dijuluki majalah Forbes pada 2007 sebagai cendekiawan paling kuat di Amerika. Selama lebih dari 40 tahun, Ebert terkenal dengan ulasan film yang sarkastis sekaligus humoris.

"Bagi generasi Amerika terutama Chicago, Roger identik dengan film," kata Presiden Barack Obama dalam sebuah pernyataan. "Ketika dia tidak suka film, dia jujur​​, ketika ia melakukannya, ia adalah efusif, menangkap kekuatan unik dari film untuk membawa kita ke suatu tempat ajaib."

Ulasan Ebert muncul di lebih dari 200 surat kabar. Pada 1975, ia memenangi Hadiah Pulitzer untuk kategori Kritik. Ia adalah kritikus film pertama yang bisa meraih Pulitzer. Namun peran menonjol Ebert adalah sebagai salah satu pemandu acara ulasan film di televisi bersama Gene Siskel, saingannya dari Chicago Tribune.

Program ini mulai ditayangkan pada 1970 di sebuah stasiun televisi lokal Chicago dan akhirnya disiarkan secara luas di bawah berbagai nama, termasuk Siskel & Ebert.

Setelah Siskel meninggal pada 1999 dalam usia 53 tahun karena komplikasi dari operasi tumor otak, Ebert bekerja sama dengan kritikus Richard Roeper pada review lain pemutaran film. Dia kemudian meninggalkan program tersebut dengan alasan kondisi kesehatan yang tak lagi memungkinkan.(Ans


SUMBER

So long Roger Ebert

Quote:


Quote:
Diubah oleh gerbera4 05-04-2013 08:15
0
1.5K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan