theSMoETzAvatar border
TS
theSMoETz
Perbandingan Kekuatan Militer Korut Vs Korsel
Situasi di Semanjung Korea nampaknya semakin mencemaskan Amerika Serikat dan sekutunya Korea Selatan. Akankah Amerika dan China terlibat kembali dalam konflik bersenjata sebagaimana terjadi pada era 1950-1953? Ketika itu, Korea Utara dengan bantuan sepenuhnya dari China, mencoba menggempur pertahanan Korea Selatan yang didukung Amerika Serikat.

Namun ketika itu, dengan dukungan militer Amerika, Korea Selatan berhasil memukul mundur Korea Utara ke Sungai Jalu, sehingga China tidak bisa lain menerima kondisi statusquo yang terjadi.Padahal waktu itu, Panglima Perang Amerika di Asia Pasifik Jenderal McArthur sebenarnya bernafsu untuk menghabisi China sampai ke negaranya sendiri. Hanya saja, Presiden Harry Truman menolak gagasan gila-gilaan McArthur karena bisa memicu perang dunia ketiga.

Meski demikian, gencatan senjata Korea Selatan dan Korea Utara tersebut bukan berarti tercapainya perdamaian kedua korea. Sewaktu-waktu, dengan dipicu oleh isu yang cukup sensitif,kedua korea tersebut setiap saat bisa kembali ke medan perang untuk saling menghancurkan.

Korea Utara sepertinya cukup kesal dengan bergabungnya militer Korea Selatan dalam prakarsa keamanan proliferasi atau Proliferation Security Initiative (PSI) yang disponsori Amerika Serikat. Melalui payung PSI ini, Korea Selatan berhak mencegat kapal-kapal Korea Utara yang diduga membawa bahan-bahan persenjataan nuklir dan rudal.

Menurut dalih Korea Selatan, kebijakan PSI ini terpaksa ditempuh karena militer Korea Utara menolak untuk menghentikan pengembangan teknologi nuklir dan rudalnya.


Eskalasi konflik bersenjata di Semenanjung Korea ini tentu saja mencemaskan Amerika, khususnya Menteri Pertahanan Robert Gates. Karena ketika kedua Korea saling baku tembak di medan perang, berarti Amerika dan China akan kembali ikut campur dalam perang kedua Korea tersebut.

Dalam skenario terselubung Amerika untuk mengadu-domba China dan Rusia sebagai musuh besar Negara Paman Sam tersebut, ketidakstabilan di Semanjang Korea jelas bisa merusak agenda besar Amerika untuk menata-ulang hegemoninya di seluruh dunia di era pasca Presiden George W. Bush.

Karena itu berarti, Amerika akan terkuras energinya dalam pertarungan terbuka Korea Selatan dan Korea Utara, sehingga gagal menjalankan agenda strategisnya yang lebih besar.

Padahal, dalan skenario Obama yang dirancang oleh Zbigniew Brzezinski, Amerika secara bertahapa harus menggalang kembali kerjasama dengan China untuk membendung pengaruh Rusia. Dengan terjadinya konflik di Semenanjung Korea, yang terjadi justru kembali menguatnya kemungkinan konflik bersenjata Amerika versus China.

berikut PERBANDINGAN KEKUATAN MILITER KEDUA NEGARA

Grafis perbandingan kekuatan militer antara Korea Utara dengan Korea Selatan yang dibantu Amerika Serikat. data diperoleh AFP dari The International Institute For Strategic Studies 2011.


Sejak tahun 2006 Korut telah menguasai rekayasa rudal. Berbasis rudal Scud buatan Rusia, Korut telah berhasil mengembangkan rudal balistik jarak pendek, jarak sedang (Nodong), dan jarak jauh (Taepodong).

Foto dari kantor berita pemerintah Korea Utara Korean, Central News Agency (KCNA), 29 Maret 2013 menunjukkan sebuah pertemuan di Kim Il Sung Square di Pyongyang untuk mendukung pernyataan perang dan untuk memenangkan pertempuran dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Foto dari kantor berita pemerintah Korea Utara Korean, Central News Agency (KCNA), 29 Maret 2013 menunjukkan sebuah pertemuan di Kim Il Sung Square di Pyongyang untuk mendukung pernyataan perang dan untuk memenangkan pertempuran dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.


Pesawat tempur AS F-16C selama latihan militer di Pangkalan Udara Osan AS di Pyeongtaek, 2 April 2013.


Marinir Korea Selatan saat latihan militer di Paju, kota yang berbatasan dengan Korea Utara, 3 April 2013



Foto yang dirilis kantor berita pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), 22 Februari 2013, menunjukkan tentara Korea Utara dari sebuah sub-unit Tentara Rakyat Korea dalam latihan taktis di tempat yang dirahasiakan di Korea Utara.

Foto yang dirilis kantor berita pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), 26 Maret 2013, menunjukkan tentara wanita Korea Utara memindahkan peluncur roket selama latihan militer di sebuah lokasi yang dirahasiakan di pantai timur Korea Utara.

CEWE BO..!!!


MEREKA SEPERTI NEGARA KITA SEMA NEGARA MALAYSIA SEBELAHAN..

"Kalau kami kalah, saya akan hancurkan dunia" (Kim Jong Il, pemimpin Korea Utara. "Nuclear Showdown: North Korea Takes on the World", Gordon G Chang, 2005).

emoticon-Matabelo

Siapa pemenangnya... !??
0
19K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan