black_arrowAvatar border
TS
black_arrow
Hati2 penipuan oleh pembeli Online (Share buat para online seller)
Share Kasus Penipuan yang hampir Menimpa Ane.

Agan2 ane mau share pengalaman penipuan yang hampir menimpa ane sebagai penjual di toko online.
Kejadian terjadi pada tgl 29 Maret lalu, sekitar pukul 9 pagi ane dapat telp dari orang yang mengaku posisi di Bandung dan mau membeli barang yang saya jual.
Entah ini orang tahu dari Kaskus atau dr website lain dimana ane pasang iklan, dia nanya2 ibarat orang yang mau serius beli barang. Lalu dia bilang "Ok" dan harganya sudah deal Rp715rb.

Dari telp yang pertama kali itu juga, orang itu minta dikirim hari itu juga tapi ane tolak karena perusahaan pengiriman yang ane tunjuk gk buka (Krn tanggal merah). Lalu dia blg gk pa2, dia mau transfer dulu lalu minta besok brg dikirim. Dia minta nomor rekening dan janji akan transfer setelah sholat jumatan. Ane percaya aja karena dari cara ngomong kedengaran sopan bgt.

Skitar jam 13.00, orang itu telp lagi dan mengaku kalau dia uda transfer ke Bank Mandiri saya. Saat itu dia minta sy langsung nge-cek. Sy langsung cek lewat internet banking saya, ternyata tidak ada mutasi dana yang masuk sama sekali.

Ane sempet bingung aja karena neh orang kok gk ngirimin sms alamat lengkap dia, malah sibuk nanyain transferan dia yang blm masuk. Logikanya kalaupun ada delay dari sistemnya bank mandiri, seharusnya tinggal ditunggu aja.

Setelah sy konfirm ke pembeli itu, bahwa dananya belum masuk, dia tanya sy ngecek saldonya dengan atm atau bukan. Lalu dia minta tolong saya untuk cek ke atm mandiri karena dia (ngaku2 uda telp bank mandiri) ada gangguan sistem di bank mandiri.

Krn neh org mendesak minta tolong dicek ke atm dan ditambah orgnya seperti panik gitu, sy akhirnya ke atm mandiri terdekat. setelah sy cek, memang blm masuk juga. Sy sms lagi tuh org, eh tuh org malah minta tolong sy dengerin pembicaraan dia dengan pihak bank mandiri, dia minta tolong sy untuk tidak tutup telp.

Disana sy mulai merasa curiga knp dia minta saya untuk mendengarkan dia telp bank mandiri. Karena sepengetahuan sy, kalau kita telp bank mandiri, pasti ditanyain pertanyaan2 yang sifatnya rahasia dan hanya pemilik rekening yang boleh mendengar.

Di suara telp, sy dengar suara lagu khas yang biasa kita dengar di atm bank mandiri. Setelah itu sy dengar pembicaraan 2 orang, yang satu org yang ngaku2 mau beli barang saya dan yang berpura2 jadi CS mandiri call.

Sangat mencurigakan sekali ketika sy tidak mendengar suara mesin penjawab dan CS nya pun tidak mengajukan pertanyaan2 rahasia seperti biasanya kalau sy menelpon mandiri call. Si pembeli itu meminta saya untuk mendengarkan dan mengikuti petunjuk yang diminta untuk diikuti oleh CS mandiri call tersebut.

Saat itu, ane uda ngerasa jengkel dan aneh bgt sama CSnya. Dia minta tolong sy untuk cek saldo saya dan meminta saya menyebutkan brp saldo yang ada di rekening saya. Saya ikutin dan sy cuma bilang saldo tetep ,masih belum ada mutasi apa2. Dia minta tolong sebutin jumlah saldo saya, ane sebutin buat dia (Ane gk terlalu musingin krn ini bukan rekening untuk tabungan dan jumlahnya jg gk byk).

Nah, setelah itu saya baru sadar kl ini ada unsur penipuan ketika saya diminta untuk coba transfer ke rekening orang itu dengan alasan ada gangguan sistem di bank mandiri dan transaksi pembeli itu tertindih dengan transaksi lain. CS itu bilang transferan si pembeli bisa masuk kl sy coba untuk transfer balik ke rekening si pembeli. Hah........gk salah neh (dalam sy bilang gitu). Wah, gk bener neh (ane bilang dlm hati). Terus pas dia minta sy untuk ikutin petunjuk transfer, sontak ane langsung bilang ke dia, kalau ane gk bisa ikutin permintaan dia.

Lalu telpnya seperti diberikan ke orang yang mau beli tadi, dia minta tolong saya mengikuti petunjuk CS mandiri call. Saya langsung tegaskan sy gk bisa. Sy juga bilang silakan bapak selesaikan urusannya dengan pihak bank mandiri, saya tidak ada urusan.

Setelah telp sy matikan, org itu telp lagi dan masih minta tolong lagi dengan alasan dana di dia sudah terpotong. emoticon-Mad (S)Ane bilang ke dia "GK BISA!!", lalu dia cuma jawab "ya uda kl gitu saya batalin. Gk pa2 neh?". Saya jawab "Gk pa2. Silakan saja."

Saya mau share ini ke para penjual2 online untuk berhati2 dengan modus penipuan seperti ini yang berlagak panik supaya kita ikut2an panik.

Sekedar share nomor telp si penipu 0835 1967 7499. Gk tau masih aktif kagak. Waspada Gan.

Semoga share saya ini bermanfaat untuk agan2 dan bisa agan antisipasi.

Terimakasih
Sukses untuk pedagang2 kaskus.
Diubah oleh black_arrow 31-03-2013 08:03
0
4.2K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan