black.arioAvatar border
TS
black.ario
(Keajaiban Indonesia) Satam, Batu Langka yang menjadi Incaran

Salam, agan dan aganwati.. ane nyubi mu coba, coba bikin trit nih.. mohoon dibimbing yahhh... emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

(Keajaiban Indonesia) Satam, Batu Langka yang menjadi Incaran

Tak seperti bebatuan hias lainnya yang berasal dari perut bumi, batu Satam justru unik. keunikan batuan ini adalah karena tidak berasal dari perut bumi, tapi adalah batuan yang berasal dari luar bumi. makanya sering juga disebut batu antariksa. Batuan ini awalnya adalah pecahan dari meteor yang menabrak lapisan atsmosfer bumi, lalu terpendam didalam perut bumi selama ratusan ribu tahun. meteor asli dengan ciri meteorit warna hitam eboni dan kelihatan berpori spt berminyak jd mengkilap. Batu luar angkasa ini mengandung logam Nikel,Krom,wolfram, Vanadium dan bersifat sgt keras.

Spoiler for Batu Satam Mentah:


Nah, Belitong.. Adalah satu-satunya pulau di Indonesia yang memiliki batu ini. Menurut alkisah, Ratusan ribu tahun yang lalu pulau belitung dihujani benda langit yang bernama meteor, yang kemudian terpendam didasar tanahnya hingga saat ini. Batu meteor yang oleh orang belitung disebut BATU SATAM ini hanya bisa ditemukan dan tidak bisa dicari. Biasanya batu satam ditemukan saat para penambang timah melakukan penambangan. Oleh karenanya batu satam sangatlah langka. Akibatnya permintaan batu satam dari luar belitung (bahkan luar negeri) yang sangat banyak, tidak semua bisa terlayani. Wajar saja jika harga batu yang selalu mengkilat dan berminyak ini cukup tinggi dan menjadi incaran para kolektor batu dalam dan luar negeri.

Spoiler for Batu Satam Poles1:


Spoiler for Batu Satam Poles2:



Menurut cerita, Istilah satam diambil dari bahasa warga keturunan Cina yang berada di Pulau Belitung.
SA yang artinya pasir, sedangkan TAM artinya empedu. Jadi satam berarti empedu pasir.
Sementara warga pribumi Belitung sendiri mengartikan satam adalah Batu hitam.

Namun berdasarkan keterangan dari buku De Ontwikkling Van Het Eiland Billiton-Maatschappij karangan Door J.C. Mollema yang diterbitkan S. Gravenhage, Martinus Nijhoff 1992, menuliskan seorang berkebangsaan Belanda yang bernama Ir. N Wing Easton dari Akademi Amesterdam di Belanda menamakan bebatuan meteor ini dengan istilah Billitonite yang artinya batu dari Pulau Belitung.

Batu satam utamanya untuk hiasan dan koleksi. Di kalangan masyarakat Belitung sendiri, batu satam ini dipercaya mempunyai kekuatan magis sebagai penangkal penolak racun dan unsur makhluk-gaib. Namun bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Timah ini, selalu menyempatkan diri membeli batu satam ini sebagai cendramata khas Pulau Belitung, yang dijadikan kalung, giwang, bros, cincin, tasbih, dan sebagainya, yang dikenal dengan istilah Kerajinan Satam. Namun banyak orang yang juga memanfaatkan untuk kepentingan magic, karena diyakini memiliki energi magic yang kuat, oleh karenanya banyak mata tongkat komando dibuat dari batu satam. Ada juga yang dipakai untuk menawarkan racun, untuk meramal dll.

Spoiler for kerajinan batu satam:



Catatan: Foto adalah dokumentasi pribadi ane..
( narasi diolah dari berbagai sumber)

Gak nolak emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
23.5K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan