CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bahasa yg pengen agan Kuasain selain Inggris apa? - Share dimari yokk!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fcfa31e374b4b75b00000d/bahasa-yg-pengen-agan-kuasain-selain-inggris-apa---share-dimari-yokk

Bahasa yg pengen agan Kuasain selain Inggris apa? - Share dimari yokk!!

Tampilkan isi Thread
Halaman 13 dari 34
bahasa batak gan..
coz ane orang batak malah lebih fasih bahasa jawa emoticon-Malu
disini kagak ada arab gan emoticon-Hammer (S) ane pilih mandarin dah
Ane pengin jago bahasa arab gan.. Biar bisa buka bisnis disono ahaha sama biar bisa hajiin emak babeh..
Jepang sama prancis gan , hehe
bahasa arab, jerman, prancis, dan bahasa tubuh emoticon-Malu (S)
Jerman gan, soalnya pengen ketemu ozil disana
ente cuma bisa bhs jepang doang ato udah jadi polyglot???? klo ane sih pengen jadi polyglotemoticon-Matabelo
ane pngen bljar bhsa Belanda ama Rusia gan...yg kagak bisa cma bhasa alay...haha
Bahasa italy gan, biar bisa ngobrol ma om maldini emoticon-Big Grin
Korea, jepang n arab gan emoticon-Big Grin
ane si tujuannya pengen kuliah di Sastra Jepang UI gan. emoticon-Big Grin
supaya bisa mempelajari semua dari Jepang. gak hanya Bahasa, tapi juga Budaya, Sejarah, Tradisi dll. emoticon-Smilie Arigato!! emoticon-Smilie
wah bahasa tubuh emoticon-Big Grin kata agan diatas
iya kayaknya juga perlu ya gan
kalo ane jepun gan
abis ane sering nonton naruto kamen rider
Bahasa Planet Namek Gan emoticon-Ngakak
ane pengen nguasain bhs. spanyol gan emoticon-Big Grin
ane pengen banget belajar bahasa jerman gan emoticon-Matabelo
mudah-mudahan ane dapat kerja disana emoticon-Malu (S)
doain ane ya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Bahasa Arab
ane bisa bbrp bahasa gan, karena pengaruh lingkungan.

ane besar di kota kecil di Kalimantan Barat yg dekat perbatasan namanya Sanggau Kapuas. dari kecil sehari2 ane di rumah berbahasa Indo sama pembokat yg kerja di rumah dan Papa, sama Mama,Pho2/Nenek (asli dari Tiongkok) dan keluarga Mama pake bahasa Tionghua Hainan, sedangkan dg tetangga2 ane pake bahasa Tionghua Hakka/Khek.

pas SMA ane pindah ke Pontianak gan, naaah ane dapat temen baru di sekolah dan sekalian sosialisasi ane pake bahasa Tionghua Tiociu yg lazim dipake di Pontianak emank, bahkan sampe saat ini

selain background lingkungan, ane dari kecil jg sering diajarin Bahasa Inggris gan ama Mama ane gan...lalu kalau nonton TV, waktu kecil di tempat ane itu nyambung parabola sama tetangga. sehari2 nonton RCTI dan channel StarTV Hongkong yg berbahasa mandarin. sempat juga dapet TV3 Malaysia gan, cuman gak lama. soalnya tempat ane dekat perbatasan. alhasil ane sampe sekarang fasih secara verbal utk Mandarin, logat Melayu Malaysia jg familiar gan....

total2 ane bisa Bahasa Indo (ya iyaaa laaa) emoticon-Big Grin, Melayu (logat melayu pontianak dan semenanjung Malaysia itu sama gan), Tionghua Hainan, Tionghua Khek/Hakka, Tionghua Tiociu, Mandarin (verbal) dan Inggris (verbal maupun tertulis) ... 6 Bahasa gan!!! ane bangga dg kemampuan ane ini, entah termasuk Poligot atau nggak yach uahuhuahuahuahua

btw kemampuan berbahasa Tionghua tradisional sekarang ini sudah semakin menipis. klu di jawa mmg sudah hilang sih gan, cuman klu di kalimantan barat ini keragaman bahasa sangat luar biasa. bahasa dayak saja ada ratusan variasi karena suku dayak itu ada banyak sub suku lagi... beda kampung saja bahasanya bisa jauh berbeda walau berasal dari sub suku dayak yg sama.
demikian pula bahasa Tionghua tradisional di kalimantan barat gan, ada 3 logat/dialek yg lazim dipakai disini: Tiociu, Hakka (terpecah jadi 2 logat lagi gan, biasa disebut Hakka Halus dan Hakka Kasar).semuanya lazim dapat ditemui penggunaannya di Kalimantan Barat gan, hanya tergantung jumlah byk sedikitnya.

bahasa Tionghua Tiociu biasa dipakai di wilayah sekitaran Pontianak dan Ketapang. dari pontianak sampai sui(sungai) pinyuh itu banyak pakai bahasa tiociu, dari arah sui.pinyuh hingga singkawang dan sambas dan wilayah malaysia itu banyak pakai Tionghua Hakka yg kasar.
kalau dari sui.pinyuh hingga hulu (sanggau, sintang, sekadau, hingga putussibau) kebanyakan memakai bahasa Tionghua Hakka yg halus.
beda Hakka Halus dan Kasar pada dasarnya adalah pada cara bicara (cepat/lambat) dan kosa kata yg berbeda.

demikian sekilas ttg Bahasa Tionghua di Kalimantan Barat gan, sangat kaya, khas dan tak dapat ditemui di tempat lain. blom lagi ragam dialek Melayu dan Dayak, lebih kaya lagi gan... wilayah satu dan lainnya bisa sangat berbeda walau masih satu rumpun. ane pribadi selalu memandang Kalimantan Barat sangat berbeda budaya dg wilayah2 lain di Indo khususnya Pulau Kalimantan.

sekian emoticon-Big Grin

yang rajin posting meskipun ga pertamax di trit ini
Pengen bisa bahasa rusia dan spanish gan... Sama arab... Joss la
Halaman 13 dari 34


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di