- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
![stickFFight](https://s.kaskus.id/user/avatar/2011/12/01/avatar3726100_1.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
stickFFight
Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern
Quote:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/img801.imageshack.us/img801/7200/basmallah.png)
"Semuanya akan terasa indah jika diawali dengan basmallah"
Quote:
![I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pmu1yk.gif)
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/img254.imageshack.us/img254/6057/welcometomythread.gif)
![I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pmu1yk.gif)
Quote:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/img23.imageshack.us/img23/2659/cendols.gif)
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/img341.imageshack.us/img341/5760/rate5g.gif)
Quote:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/img513.imageshack.us/img513/579/followtherules.gif)
Maap gan kalo trit ane sekiranya
![Purple Repost emoticon-Purple Repost](https://s.kaskus.id/images/smilies/s_sm_repost2.gif)
![Salah Kamar emoticon-Salah Kamar](https://s.kaskus.id/images/smilies/salah_kamar.gif)
Ane cuma sekedar share
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Quote:
Kadang kesuksesan datang dari arah yg tdk kita perkirakan sebelumnya. Begitu pula yg terjadi dengan dunia game.
Beberapa konsep modern yg bisa kita temui dalam game masa kini bermula dari sebuah ketidaksengajaan atau bahkan keteledoran para programmer dan staff game tersebut.
Inilah beberapa ketidaksengajaan yg justru menciptakan hal² penting bagi revolusi industri video game.![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Beberapa konsep modern yg bisa kita temui dalam game masa kini bermula dari sebuah ketidaksengajaan atau bahkan keteledoran para programmer dan staff game tersebut.
Inilah beberapa ketidaksengajaan yg justru menciptakan hal² penting bagi revolusi industri video game.
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Spoiler for Cekibrot:
Badan Seksi Lara Croft
Game Balapan Cikal Bakal Grand Theft Auto
Space Invaders, Game Yang Terlalu Berat Untuk Hardware Masa Itu
Kekecewaan Staff yang Melahirkan Easter Egg
Sistem Combo yg Ditemukan Dengan Tidak Sengaja dalam Game Street Fighter
Spoiler for Lara Croft:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/4.bp.blogspot.com/-VpL-aGfFQe8/Tb_nFZaLOZI/AAAAAAAAAEM/S72FOxTcEBs/s400/lara-croft-tomb-raider-anniversary--20070514043032628.jpg)
Quote:
Memang game ini terkenal bukan karena ukuran dada Lara yg besar,
: namun karena ketidaksengajaan Toby Gard, sang desainer karakter Lara Croft.
Karakter ciptaannya ini menjadi karakter simbol sex terkenal hingga sekarang. Toby Gard, tengah mengutak-atik desain poligon karakter utama Tomb Raider ini, ketika mousenya kepeleset sehingga mengakibatkan bagian dada wanita ini menjadi berukuran lebih besar 150 persen dari ukuran yang seharusnya. Kecacatan ini ternyata justru dipertahankan karena staff² lainnya (yg laki
) meminta dirinya tdk merubah ukuran cup Lara.
Setelah game ini diluncurkan dan ternyata booming di masyarakat, munculah quote baru dari tim pembuat game ini, "Kecelakaan desain '150' Gard, membuat pemilihan strategi marketing jadi cukup mudah."
![Genit emoticon-Genit](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/q03.gif)
Karakter ciptaannya ini menjadi karakter simbol sex terkenal hingga sekarang. Toby Gard, tengah mengutak-atik desain poligon karakter utama Tomb Raider ini, ketika mousenya kepeleset sehingga mengakibatkan bagian dada wanita ini menjadi berukuran lebih besar 150 persen dari ukuran yang seharusnya. Kecacatan ini ternyata justru dipertahankan karena staff² lainnya (yg laki
![Hammer (S) emoticon-Hammer (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/hammers.gif)
Setelah game ini diluncurkan dan ternyata booming di masyarakat, munculah quote baru dari tim pembuat game ini, "Kecelakaan desain '150' Gard, membuat pemilihan strategi marketing jadi cukup mudah."
Game Balapan Cikal Bakal Grand Theft Auto
Spoiler for GTA:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/3.bp.blogspot.com/_FTuHFEQovqw/TROBfeeT-yI/AAAAAAAABdw/iHxzPfXg0P4/s400/Gta-2%2BNow%2BOn%2BMobile%2B2010.jpg)
Quote:
DMA Design, yg sekarang telah berganti nama menjadi Rockstar Games sdg mengerjakan sebuah game balap bertajuk Race and Chase.
Ketika dicoba oleh para team tester, mereka merasa game ini membosankan dan tdk menarik. Kecuali adanya sebuah kekeliruan pada AI, yg membuat polisi pada game ini akan secara kasar dan terus² menabrak mobil pemain hingga keluar dari jalanan.![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Kekeliruan AI ini malah membuat para tester ketagihan. Bukan karena balapannya, melainkan karena keasyikan melihat kejar² brutal yg terjadi di dalam game.![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Akhirnya dirombaklah game ini menjadi game baru dgn judul Grand Theft Auto, yg hingga kini terus berevolusi menjadi game open world terbaik & paling sukses yg pernah ada. Lucunya, kesuksesan ini dimulai karena staff mereka tdk bisa membuat AI polisi dgn baik.
Ketika dicoba oleh para team tester, mereka merasa game ini membosankan dan tdk menarik. Kecuali adanya sebuah kekeliruan pada AI, yg membuat polisi pada game ini akan secara kasar dan terus² menabrak mobil pemain hingga keluar dari jalanan.
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Kekeliruan AI ini malah membuat para tester ketagihan. Bukan karena balapannya, melainkan karena keasyikan melihat kejar² brutal yg terjadi di dalam game.
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Akhirnya dirombaklah game ini menjadi game baru dgn judul Grand Theft Auto, yg hingga kini terus berevolusi menjadi game open world terbaik & paling sukses yg pernah ada. Lucunya, kesuksesan ini dimulai karena staff mereka tdk bisa membuat AI polisi dgn baik.
Space Invaders, Game Yang Terlalu Berat Untuk Hardware Masa Itu
Spoiler for Space Invaders:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/3.bp.blogspot.com/-EqYTTOYGzos/TvnwQOnjAzI/AAAAAAAADrY/_ADilhTKVuE/s400/space_invaders.jpg)
Quote:
Pada tahun 1978, game ini bisa dibilang sangat revolusioner, bahkan seroang pentolan Nintendo, Shigeru Miyamoto, mengatakan game ini menimbulkan revolusi industri game.
Pada awalnya rancangan permainan ini sesimpel menembak alien yg berbaris dgn konyolnya untuk ditunggu ditembak satu persatu oleh pemain sampai habis.
Tak disangka, jumlah alien yg semakin menipis ternyata membuat kinerja processor menjadi semakin lega. Akibatnya FPS (frame per second) game ini menjadi lebih baik, dan alien² retro tersebut menjadi berjingkatan lebih cepat sehingga makin sulit utk ditembak.
Ketersediaan hardware ketika itu memang sangat terbatas di Jepang. Perancangnya, Tomohiro Nishikado menghabisakan waktu setahun penuh mengembangkan hardware khusus utk mengangkat game ini. Space Invaders bagaikan game Crysis masa itu.![Belo emoticon-Belo](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/004.gif)
Nah, ketidakstabilan performa yg mengakibatkan game bergerak lebih cepat ini membuat Tomohiro terkesan. Hal ini membuat game menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu. Inilah yg membuat revolusi dunia gaming. Karena Space Invader adlh game pertama dimana permainan akan menjadi semakin sulit seiring berjalannya permainan.
Pada awalnya rancangan permainan ini sesimpel menembak alien yg berbaris dgn konyolnya untuk ditunggu ditembak satu persatu oleh pemain sampai habis.
![Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/ngakaks.gif)
Ketersediaan hardware ketika itu memang sangat terbatas di Jepang. Perancangnya, Tomohiro Nishikado menghabisakan waktu setahun penuh mengembangkan hardware khusus utk mengangkat game ini. Space Invaders bagaikan game Crysis masa itu.
![Belo emoticon-Belo](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/004.gif)
Nah, ketidakstabilan performa yg mengakibatkan game bergerak lebih cepat ini membuat Tomohiro terkesan. Hal ini membuat game menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu. Inilah yg membuat revolusi dunia gaming. Karena Space Invader adlh game pertama dimana permainan akan menjadi semakin sulit seiring berjalannya permainan.
Kekecewaan Staff yang Melahirkan Easter Egg
Spoiler for Adventure Easter Egg:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/3.bp.blogspot.com/_xWnldYKa1Rk/S1Ta_vTepTI/AAAAAAAAAgY/b3xsheOsDE8/s400/Adventure_Easteregg.jpg)
Quote:
Awal tahun 80-an, Atari masih merupakan perusahaan kelas teri. Kebanyakan game dibuat hanya oleh 1 org dan bahkan nama mereka tdk dicantumkan dalam creditnya.
Salah satu kreator game, Warren Robinett yg bekerja membuat game RPG jaman jebot berjudul Adventure, mempunyai ide kreatif utk mengukir namanya diam² di dalam game yg ia buat.
Robinett, programmer solo game tersebut mengetahui adanya kekurangan pada hardware yg mengakibatkan apabila terlalu banyak objek ditampilkan dalam 1 layar, gambar di layar akan mulai berkedap².
Ia memutuskan utk memanfaatkan kekurangan ini dgn menciptakan satu item rahasia: Sebuah kotak berukuran 1x1 pixel yang berwarna sama dengan lantai sehingga kotak itu akan tersembunyi secara sempurna.
Nah, apabila ada pemain berhasil menemukan kotak itu dan membawanya ke bagian lain dari area bawah tanah game ini, efek kedap² akan mulai muncul di layar sehingga efek tersebut akan memperlihatkan adanya tembok rahasia yg bisa ditembus pemain untuk masuk ke sebuah ruangan baru dgn tulisan "Created by Warren Robinett".
Maka dengan ini lahirlah Eeaster Egg pertama di dunia gaming. Ketika pihak Atari menemukannya, semuanya telah terlambat. Terlalu memakan biaya apabila mereka harus menarik kembali semua cartridge, jadi mereka hanya menyebut itu sebagai sebuah "nilai tambahan". Robinett beruntung sudah keluar dari perusahaan ketika itu.![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Salah satu kreator game, Warren Robinett yg bekerja membuat game RPG jaman jebot berjudul Adventure, mempunyai ide kreatif utk mengukir namanya diam² di dalam game yg ia buat.
Robinett, programmer solo game tersebut mengetahui adanya kekurangan pada hardware yg mengakibatkan apabila terlalu banyak objek ditampilkan dalam 1 layar, gambar di layar akan mulai berkedap².
Ia memutuskan utk memanfaatkan kekurangan ini dgn menciptakan satu item rahasia: Sebuah kotak berukuran 1x1 pixel yang berwarna sama dengan lantai sehingga kotak itu akan tersembunyi secara sempurna.
Nah, apabila ada pemain berhasil menemukan kotak itu dan membawanya ke bagian lain dari area bawah tanah game ini, efek kedap² akan mulai muncul di layar sehingga efek tersebut akan memperlihatkan adanya tembok rahasia yg bisa ditembus pemain untuk masuk ke sebuah ruangan baru dgn tulisan "Created by Warren Robinett".
Maka dengan ini lahirlah Eeaster Egg pertama di dunia gaming. Ketika pihak Atari menemukannya, semuanya telah terlambat. Terlalu memakan biaya apabila mereka harus menarik kembali semua cartridge, jadi mereka hanya menyebut itu sebagai sebuah "nilai tambahan". Robinett beruntung sudah keluar dari perusahaan ketika itu.
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Sistem Combo yg Ditemukan Dengan Tidak Sengaja dalam Game Street Fighter
Spoiler for Street Fighter:
![Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern](https://dl.kaskus.id/3.bp.blogspot.com/-SpetxSrgKcw/Tvnwpueh1vI/AAAAAAAADrw/1gk1RODztMo/s400/street_fighter_car.jpg)
Quote:
Ketika membangun game Street Fighter II, produser Noritaka Funamizu menyadari adanya bug dimana pemain dapat melayangkan 2 pukulan tambahan dalam sebuah gerakan. Ia menemukannya dalam stage bonus menghancurkan kendaraan (Gamer generasi konsol Sega pasti tau dgn yg satu ini). Apabila pemain menekan tombol dgn waktu yang tepat, ia akan mengeluarkan beberapa pukulan tambahan. Dan tentu saja dalam game multi player semacam ini, pemain yg berhasil mengeskploitasi bug ini akan mendapat keuntungan lebih. ![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Noritaka membiarkan bug ini tetap ada krna menyangka terlalu sulit bagi pemain utk menemukan bug ini. Staff yg lain juga tidak diberitahunya. Namun ia terbukti terlalu meremehkan hal ini, dan combo perdana ini menjadi populer di kalangan gamer. Di edisi Street Fighter selanjutnya, bug ini diangkat menjadi fitur resmi yg terus berlanjut hingga sekarang.
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
Noritaka membiarkan bug ini tetap ada krna menyangka terlalu sulit bagi pemain utk menemukan bug ini. Staff yg lain juga tidak diberitahunya. Namun ia terbukti terlalu meremehkan hal ini, dan combo perdana ini menjadi populer di kalangan gamer. Di edisi Street Fighter selanjutnya, bug ini diangkat menjadi fitur resmi yg terus berlanjut hingga sekarang.
![I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/iluvkaskuss.gif)
![I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/iluvkaskuss.gif)
0
84.4K
Kutip
1.4K
Balasan
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan