ZigZionAvatar border
TS
ZigZion
Presiden akan membentuk pengadilan HAM 98 ?
Liputan6.com, Jakarta : Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Bidang Hukum dan HAM, Albert Hasibuan menegaskan, pemerintah Indonesia menjamin sepenuhnya kepada para keluarga korban pelanggaran HAM masa lalu dan korban penghilangan paksa di era Orde Baru. Mereka dijanjikan segera mendapatkan keadilan yang setimpal.

Hal tersebut dipastikan Albert lantaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sidang kabinet terbatas pada tahun lalu di Istana Negara telah memerintahkan kepada Menkopolhukam, MenkumHAM dan Kapolri untuk segera memproses pembentukan pengadilan HAM Adhoc seperti apa yang menjadi tuntutan masyarakat Indonesia pasca Reformasi 1998 lalu.

"Jadi kebijakan pembuatan Pengadilan HAM adhoc telah dilakukan. Dan saya diisini mensyukuri bahwa pembentukan Pengadilan HAM adhoc itu tidak lama lagi," kata Albert di sekretariat KontraS, Jakarta, selasa (19/3/2013).

Dengan adanya Pengadilan HAM Adhoc tersebut, maka dirinya menjamin bahwa para keluarga korban pelanggaran HAM dan penghilangan paksa akan mendapatkan keadilan. "Jadi saya berharap para ibu-bu dan bapak-bapak terutama keluarga orang hilang ini harus mendapatkan keadilan dalam kasus pelanggaran HAM itu. Itu yang paling penting yang harus ditegaskan," ujarnya.

Namun menurutnya, untuk menjamin agar kasus pelanggaran HAM dan penghilangan orang secara paksa tersebut tidak terulang kembali di Indonesia, maka pemerintah harus melakukan ratifikasi Konvensi Hak Asasi Manusia terutama terkait penghilangan orang secara paksa.

"Apakah ada garansi agar kasus orang hilang itu tidak terulang lagi, maka harus ada ratifikasi mengenai konfensi penghilangan orang secara paksa. Dan ratifikasi konfensi itu merupakan suatu jaminan bagi kita semua," tukasnya. (Mut)
sumber: http://news.liputan6.com/read/539313...dapat-keadilan

Wantimpres Albret Hasibuat bilang presiden akan membentuk pengadilan HAM tentang kasus penghilangan orang dan kekerasan 1998 yang bikin bingung kenapa di bentuk setahun menjelang pemilu apa ada kepentingan politik kenapa gak dari dulu di bentuk nyaemoticon-Bingung (S)
Diubah oleh ZigZion 20-03-2013 21:05
0
6.6K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan