Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

baikebobAvatar border
TS
baikebob
Kapolri Perintahkan Polantas Kurangi Tilang di Jalan Raya
Jurnalpatrolinews-Jakarta: Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo meminta Korps Lalu Lintas mengurangi penggunaan bukti pelanggaran (tilang). Perintah ini disampaikan langsung Timur di hadapan Kepala Korlantas dan jajaran Direktur Korlantas dari seluruh Indonesia yang hadir dalam rapat kerja teknis di ruang Rupatama, Markas Besar Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa, (19/3).
Kapolri menjelaskan, langkah ini dipandang penting pada saat upaya pelebaran luas jalan raya tak mampu menandingi pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor. Namun, tukasnya, itu tak berarti dilakukan penghapusan tilang, melainkan lebih pada pembinaan mental petugas kepolisian jalan raya, untuk memilah mana yang layak tilang atau tidak.
“Artinya, lebih pada implementasi oleh satuan-satuan pelaksana di lapangan. Pelaksanaannya seperti apa? Polisi tidak lakukan pelanggaran hukum, dalam arti kaitan dalam masalah pungli dan sebagainya. Tapi masyarakat juga harus tertib lalu-lintas, dengan pemberitahuan yang baik,” ujarnya.
Jika pengguna jalan melakukan kesalahan kecil, seharusnya polisi lalu lintas cukup memberi peringatan secara lisan maupun tertulis. Sementara untuk tilang, Timur melanjutkan, lebih diutamakan untuk pelanggaran berat macam kecelakaan. “Tapi masyarakat juga harus ikut andil dengan mematuhi peraturan lalu lintas,” kata dia.
Menanggapi pernyataan Timur, Kepala Korlantas Irjen Pudji Hartanto mendukungnya. Pudji akan menyiapkan skema pengurangan tilang ini. Soal tilang yang ditarget, Pudji tak berani membantah. Dia menyebut ada sejumlah oknum yang sengaja memperbanyak pemberian tilang hingga mirip kejar target.
Selain itu, dia menyebut praktek suap “uang damai” di jalanan masih terjadi. “Saya ingin ajak masyarakat apabila ada hal demikian jangan sampai mau diajak damai, tapi masyarakat juga jangan sampai mengajak damai juga,” kata Pudji kepada wartawan.
Link:
http://jurnalpatrolinews.com/2013/03...di-jalan-raya/
Apakah ini pertanda baik dan akan didukung oleh para pengguna jalan?
Diubah oleh baikebob 19-03-2013 12:45
0
2.6K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan