paulhan82Avatar border
TS
paulhan82
teliti sebelum berinvestasi menjadi agen pengiriman barang TIKIndo.pengalaman ane :
Keagenan TIKIndo merugikan agen dan customer
Sebelum anda mendaftar untuk menjadi agen TIKIndo, silakan lihat pengalaman yang saya alami selama menjadi agen TIKIndo Muara karang Jakarta utara.
Perkenalkan saya adalah agen TIKIndo Muara karang, sebagai agen saya merasa sangat kecewa atas sikap TIKIndo, maka saya membuat peryataan ini .
Kilas tempat saya menjadi agen di MK adalah lokasi yang sangat strategis, tepat dijalan raya Muara karang, sebelah dunkin donat, dan saya invest di gerai ruko.
Awalnya saya sangat optimis bahwa bisnis yang saya tekuni ini bisa maju dan berkembang.Dimana pertama kali saat training, saya diajarkan strategi untuk “ menempelkan “ diri ke JNE atau TIKI terdekat.( didepan +- 50m ada JNE dan kiri +- 75m ada TIKI)
Kata TIKINDO: “ temple terus JNE dan TIKI karena tarif kami lebih murah dengan kwalitas pelayanan sama”.
INI MEMBAKAR SEMANGAT SAYA untuk memonopoli sebuah “pasar” di daerah Muara karang dan sekitarnya.
Kenyataannya yang saya alami ternyata tidak seindah yang di janjikan , karna yang tidak diberitahu adalah:
( INI ADALAH RAHASIA PERUSAHAAN YANG TIDAK MUNGKIN DIKETAHUI OLEH PUBLIK,DAN AKAN SAYA BEBERKAN DISINI SEBAGAI MANTAN AGEN TIKINDO )
1. TARIF TIDAK SELALU LEBIH MURAH!!
Benar! Tariff ada yang lebih murah, tapi ga banyak, hanya di Jakarta dan sekitarnya dan kota besar yang ada bandaranya dan sekitar pulau jawa saja.yang lebih mahal juga banyak.
Contoh yg lebih murah :
Jakarta – Jakarta 5000
Jakarta – tangrang 7000
Jkt – serpong 8500
Jkt – medan 17500
Jkt-surabaya 13000

Memang betul tariff di atas lebih murah. Tapi yang menjadi hambatan adalah barang sering terlambat sampai di tujuan. Komplen bertubi tubi dating dari customer. 90% selalu bilang “ kalo kirim lewat JNE/TIKI Cuma 1-2 hari udah sampai”. Ini bias telat sampai 1 minggu!.
Celakanya : TIKIndo itu susah kalo mau dihubungi untuk cek resi ataupun status pengiriman. Ditelp ke customer servis 021 29078833 itu biasa yang angkat operator lalu dialih alihkan, bias 10 menitan, jika beruntung dialihkan sampai ke nomer yang tidak ada yang menjawab telpon, sedangkan pulsa telp terus berjalan.
Cek lewat website, webnya sampah.ga bias cek harga juga ga bias tracking resi.

Biasa setelah saya berhasil menghub TIKIndo dan complain untuk keterlambatan pengiriman, bukannya mendengarkan dan memperbaiki diri, jawabnya malah sering enteng dan menurut saya kurang bertangung jawab.
Katanya: “ terlambat itu biasa , kitakan bisnis jasa, bukan Cuma kita kok, coba cek di google, itu JNE ama TIKI juga banyak yang complain kok” gue Cuma bisa ????????? ( gampang ya jawabanya? Cukup di lembar ke orang lain untuk dijadikan perbandingan, kalo mau ngomong soal perbandingan, baca terus ke bawah )

BRO sekalian, ane selain buka TIKIndo juga adalah pedagang online, jadi saya tau persis cara kerja JNE/TIKI selama ini, dan agan sekalian pun pasti tau,yang pernah pake jasa JNE/TIKI.
Saya sudah melakukan ratusan pengiriman( masih dikit, ane tahu, agan2 sekalian yang baca, bukti resinya udah tahap dewa, udah ribuan bahkan puluhan ribu ) . itu biasa dari 20 pengiriman pun belum tentu ada terlambat 1 kali. Paling kalo ada 1 yg komplen pun kadang Cuma telat 1 hari. ITU WAJAR!

Kalo TIKIndo telatnya kaya yang di atas dari banyak pengiriman paling telat 1 , itu kita sebagai agen/user, tentu saja bisa memaklumi. Dan berita ini tidak akan pernah ada.


Terus barang ga dijemput kaya JNE. Tapi musti diantar ke kantor pusat di kelapa gading. Nah lo, kalo yang buka TIKIndo,siap2 bolak balik ke kelapa gading setiap hari. Kalo barangnya banyak , siap2 bolak balik 2- 3x pake motor. Pake mobil abis di parkir, bensin , tol dan macet. Kurir kalo lagi ga masuk kerja? Tetep harus diantar!
SEKARANG saya sudah menuruti saran untuk “tempel” JNE dan TIKI, nyatanya omzet saya bukan tambah baik tapi tambah memble. Karena awal2 buka, ada customer yang nyoba2 kirim melalui TIKINDO tapi karena sering telat dan susah tracking, pada kabur ke JNE/TIKi. Kenap bisa gitu? Baca terus lagi yang dibawah…

2. RAHASIA PERUSAHAAN YANG KE DUA:
BANYAK TEMPAT ATAU LOKASI yang tidak bisa dijangkau oleh TIKINDO. Misal:
ke buleleng,AMPLAPURA,KARANG ASEM,MENGUWI,SAMARAPURA bali, bireuen ,jantho,kutacane,kreung sabee,lhoknga aceh, kabanjahe,sumut, bangko jambi, batu raja sumsel, crui, liwa,sumber jaya lampung, talang padang,Ngabang Kalbar DLL
( ga mungkin tulis 1 per satu, itu yang seinget ane aja )

JADI.. KALO GA ADA , GMANA DONK?
Jawabannya adalah: YA… ga bisa kirim… pindah deh orang ke JNE/TIKI

Dan kalo adapun , tarifnya lebih mahal:
Ini tolong dikoreksi kalo salah:
Tebing tinggi ( MES 98 )
TIKINDO 41.000
JNE 30.000

KUTA ( DPS 55)
TIKINDO 23.000
JNE 18.000

SUMEDANG ( BDO 03)
TIKINDO 22.000
JNE 14.500

JEPARA ( KDS 55 )
TIKINDO 32.500
JNE 20.000

DAN LAIN2…

LEBIH MURAH DIKIT? ATAU MAHAL BANYAK? CEK DAN KOMEN DI SINI.
JADI kalo saat permohonan keagenan, diceritakan bahwa tarif kami ( tikindo ) lebih murah. Anda nilai sendiri.


3. RAHASIA PERUSAHAAN YANG KE TIGA:
JASA TIKINDO TERBATAS !!!
UNTUK ONS/ YES HANYA MELAYANI YANG CODE 01. ARTINYA KOTA BESAR.
Missal Jakarta,Surabaya,medan,bandung .
Jakarta CGK 01 , ini bisa ONS/YES
Dan jika seperti :
Tebing tinggi ( MES 98 )
KUTA ( DPS 55)
SUMEDANG ( BDO 03)
JEPARA ( KDS 55 )
Dan lain2 yang kodenya diluar 01 .besar pasti terlambat.

Jika ente tetep ngotot kirim.90% besar pasti terlambat. Kenapa saya bisa tau? Soalnya udah dikasih tau ama TIKINDO hanya yg 01 saja yg bisa melayani ONS/YES. Kalo 02 up… tidak bisa ONS/YES!!!

Setelah saya hitung2 kota2 yang bisa melayani atau dijangkau ONS/YES TIKINDO ga lebih 50 kota, jika dibandingkan dengan JNE yang melayani lebih dari 500 kota. SAYA NUMPANG TANYA DISNI, GMANA SAYA MAU SAINGAN AMA JNE/TIKI? INI IBARAT ANAK BARU GEDE KEMAREN , NANTANGIN MIKE TYSON. INILAH ALASAN KENAPA JUGA PELANGGAN KEMBALI KE JNE/TIKI.seperti yg saya bahas di atas ttg omzet menurun.

Belum habis sampai, masih ada lagi. Ons/yes TIKINDO ga ada garansi pasti 1hr sampai, ga ada garansi uang kembali dan kadang bisa telat juga.

Saya sendiri sebagai agen ga yakin dgn pelayanan jasa TIKINDO, saya buka TIKINDO tapi kalo ngirim barang ke luar kota , pake jasa JNE. Soalnya juga awal nyoba, terauma, kirim anting ke manado telat 2minggu lebih 1 hari. Untung lah si buyernya sabaran, ga marah bessar, Cuma saya tau dia kesal dari nada bicaranya.

Ini adalah salah 1 pengalaman saya dengan customer.
Kebetulan cewe, jadi saya pangil dia cici. Dia sebelumnya sudah pernah kirim pake jasa TIKINDO tapi bukan di gerai saya. Berupa tas, dan tas tersebut hilang di TIKINDO tanpa pernah sampai ke alamat yg di tuju. Nah.. selang waktu ,dia suruh karyawannya kirim barang, karyawannya kirim di tempat ane, karena liat LOGO TIKI. ( meskipun TIKINDO dan TIKI memiliki logo yg sama, tp beda perusahaan,beda system, tapi bos yang sama ). masnya kirim. Pas pulang cicinya telp saya katanya ga mau kirim lewat TIKINDO mau nya TIKI.soalnya ada pengalaman pahit.
Maka saya dengan Percaya Diri menenangkan si Cici ini, saya janjikan barangnya pasti sampai dan ga hilang. Dai bilang OKE, karena saya gigih, dia berikan 1 kali kepercayaan sama saya, barang tetep dikirm lewat TIKINDO gerai saya. Alhasil, barangnya terlambat, saya di omel2in , dan saya kehilangan kepercayaan dari pelanggan, sama halnya saya juga kehilanggan kepercayaan dengan TIKIndo. Sejak itu si CICI sudah ga pernah ada kabar lagi.

Jadi INTINYA pelanggan itu ga bisa bertahan lama dan akhirnya kembali ke JNE/TIKI. Meski harganya lebih mahal karena lebih aman dan terjamin. Daripada murah tapi MUR*HAN.

Puncak dari kekecewaan ane adalah:
1. Kita dimarahi customer krn terlambat tp respon tikindo santai santai saja. Janji nanti di telp kembali utk dikabari , tp bohong.
Kita yang abis pulsa buat telp tikindo.parahnya operator nunggu lama, diemail juga ga dibalas.
Kita semangat berkobar mau maju, tapi ketemu perusahaan yang orang2nya kaya gtu. Hasilnya seperti lari di tempat. Nol besar.

2. MANUAL BOOK, BUKU YANG BERISI DAFTAR HARGA TIDAK KUNJUNG DI BERIKAN DARI AWAL SAYA BUKA SAMPAI HARI INI ( TUTUP) .UDAH 2 BULAN NAGIH. JANJINYA DARI BUKA 2 MINGGU SUDAH DIBERIKAN, TIAP KALI DI TAGIH SELALU AJA ALASAN , CETAKANNYA BELOM JADILAH, APALAH… JADI KALO MATI LAMPU GMANA? YA GA BISA BUKA USAHA. TUTUP…SOALNYA DATA DAFTAR HARGA HANYA ADA DI KOMPUTER SAJA. PARAH!!emoticon-Cape d... (S)

kelanjutannya di sini. ( clik here )
0
45.4K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan