Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maxedugamesAvatar border
TS
maxedugames
Belajar Membaca di usia dini dengan menggunakan Flash Card
Belajar menggunakan Flash Card adalah cara yang dapat dipraktekkan oleh orangtua di rumah. Tentunya banyak orang akan bertanya apakah hal tersebut akan menjadi beban bagi anak yang masih memiliki keterbatasan. Berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri, ternyata tidak terbukti! Ternyata bahkan sebaliknya, buah hati kami yang telah mempraktekkan metode membaca yang awalnya dipopulerkan oleh Glenn Doman ini menunjukkan hal yang sebaliknya. Proses pembelajaran yang dilakukan di rumah dalam suasana bermain telah memberikan hasil diluar dugaan.

Pada usia kurang dari dua tahun, anak kami telah bisa membaca kata-kata tunggal sebagaimana yang pernah diajarkan melalui penggunaan flash card ini. Atas dasar hasil empiris ini, kami hendak berbagi informasi mengenai cara mengajar membaca untuk bayi-balita menggunakan metoda sederhana dan telah terbukti. Bagi pasangan keluarga muda yang baru memiliki bayi atau pun para orang tua yang tentunya ingin memberikan segala yang terbaik, mari kita mulai dengan memberikan keterampilan membaca ini sejak usia dini.

Belajar Membaca di usia dini dengan menggunakan Flash Card

Keuntungan Belajar Membaca Sejak Usia Dini

Memiliki kemampuan membaca sejak usia dini memberikan keuntungan tersendiri. Mengutip artikel dari beberapa web lainnya seperti Kartu Baca Flash Card, beberapa manfaat metoda ini diantaranya adalah :

  • Merangsang perkembangan otak membentuk jaringan baru
  • Menanamkan kecintaan anak untuk membaca
  • Mengembangkan sikap positif terhadap buku sebagai sumber kesenangan dan informasi
  • Latihan untuk meningkatkan konsentrasi
  • Menambah kosakata / perbendaharaan kata
  • Meningkatkan keterampilan dan kemampuan berbahasa
  • Membaca dapat mendorong kreativitas, daya imajinasi, serta memperluas pengetahuannya


Mengenal Kartu Baca (Flash Card)

Pada prinsipnya, cara belajar membaca menggunakan kartu baca ini adalah dengan memperlihatkan pada anak kata-kata dalam sebuah bentuk kartu secara cepat (kurang lebih 1 detik per kata). Jumlah kartu yang diperlihatkan dibatasi 5 – 15 untuk setiap kali proses penyajian. Jadi per sesi hanya dibutuhkan waktu 15 detik saja dan cukup diulang sampai dengan 3 sesi perhari. Rutinitas dan konsistensi menjadi faktor yang mendukung proses belajar membaca dengan penerapan metoda Glenn Doman ini.

Ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk mengajarkan membaca dengan metoda flash card ini. Mulai dari kata-kata tunggal, susunan kata atau frase, kalimat sederhana, hingga susunan kalimat lengkap.


Sumber : http://www.igcomputer.com/bagaimana-...lash-card.html
Diubah oleh maxedugames 13-03-2013 07:49
0
4K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan