Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

devitapraAvatar border
TS
devitapra
Haji Prawatasari, Robin Hood dari Cianjur
Quote:






Tentang seorang pejuang yang hari ini tak dikenal oleh orang-orang yang diperjuangkannya


BANYAK kalangan menyebut kemenangan Haji Prawatasari, tidak lepas dari kepiawaiannya memainkan trik-trik intelejen. Ia disebut-sebut memiliki seorang informan di dalam tubuh tentara VOC bernama Ki Mas Tanuwidjaya. Siapakah Ki Mas Tanu? Dalam De Geschiedenis van Buitenzorg (1887), CHF Riesz, menyebutnya sebagai orang Sunda dari Sumedang yang berhasil membentuk "pasukan pekerja" dan mendapat perintah dari Camphuijs untuk membuka Hutan Pajajaran. Ia lantas mendirikan Kampung Baru yang menjadi tempat "kelahiran" (de bakermat) Kabupaten Bogor yang didirikan kemudian.

“Tanuwidjaya adalah penguasa Bogor versi VOC.Ia disebut "Luitenant der Javanen" (Letnan orang-orang Jawa dan merupakan Letnan Senior diantara teman-temannya,”tulis Gunawan Yusuf.


Pada mulanya Ki Mas Tanu sangat loyal terhadap VOC. Sejarah mencatat, bersama seorang sersan Belanda bernama Scipio, ia memimpin Ekspedisi Ciliwung, yang menjadikan kawasan-kawan hutan sekitar bantaran sungai tersebut pemukiman penduduk. Sebut saja kawan-kawasan itu seperti Depok, Pondok Cina dan Kedung Halang.

0
4.1K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan