Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

h4ff1dAvatar border
TS
h4ff1d
cara kerja TURBO pada mesin
asalamualaikum agan2 dan aganwati sekalian sebelum nya ane minta maaf kalu thread ane berantakn soalnya ni thread pertama ane ,, maklum masih belajar ganemoticon-I Love Kaskus (S)

langsung aja ni gan

Turbocharge atau turbo merupakan salah satu Forced Induction System yang dapat meningkatkan tenaga atau power mesin secara instan dengan memanfaatkan gas buang dari sebuah mobil. Suplai udara yang lebih padat dan lebih banyak kedalam ruang bakar menjadi kunci dari peningkatan performa yang signifikan.

Selain peningkatan tenaga, suplai udara yang konsisten dari turbo ternyata juga berpengaruh pada efisiensi bensin. Pernah terbayangkan cara kerjanya?

Seperti yang bisa M69ners lihat pada gambar dibawah, Turbo terbagi menjadi 2 bagian yaitu Turbine Housing yang akan dilewati oleh gas pembuangan (CO2) dan Compressor Housing yang akan di lewati oleh udaran (O2) yang akan masuk ke ruang bakar. Masing-masing housing memilki sebilah kipas yang saling terhubung.
cara kerja TURBO pada mesin
Sebenarnya prinsip kerja dari turbo sangatlah sederhana, gas buang yang dihasilkan oleh mesin menghasilkan sebuah daya dorong. Semakin tinggi putaran mesin (RPM) maka semakin besar daya dorong yang dihasilkan. Daya dorong tersebut membuat kipas pada Turbine Housing berputar dan perputaran pada kipas Turbine Housing otomatis akan memutar bilah kipas pada Compressor Housing. Pada Saat kipas Compressor Housing berputar maka, turbo akan mengisap memadatkan udara dalam jumlah besar yang lalu akan dikirim pada ruang bakar dan pada saat itulah performa mesin dapat melonjak secara instan.
cara kerja TURBO pada mesin
Suhu udara yang dihisap oleh turbo menjadi lebih panas, dan kita semua tahu bahwa udara yang panas memiliki kadar O2 yang lebih rendah dan dapat mengurangi kualitas pembakaran. Maka dari itu udara yang telah dipadatkan akan melewati Intercooler agar udara kembali dingin dan memilki kadar O2 yang cukup, sebelum masuk ke ruang bakar.


maf ya gan kalu masih berantakan,, smoga bermanfat ...

0
9.8K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan