tommy.hutomoAvatar border
TS
tommy.hutomo 
Selamat Hari Perempuan Internasional (dan Google membuat Doodlenya)
Tepat tanggal 8 Maret ini, banyak negara di dunia yang merayakannya sebagai Hari Perempuan Internasional. Seperti biasanya, Google juga menempatkan Doodle baru untuk ikut memperingatinya.
Spoiler for doodle:

Apabila Anda mencermati laman pencarian Google, ada gambar sekumpulan wajah-wajah wanita dalam format lukisan. Hal tersebut dikarenakan hari ini (08/03), adalah Hari Perempuan Internasional atau International Women Day.

Menurut penjelasan di Wikipedia, Hari Perempuan Internasional diperingati sebagai tanda keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Selain itu, hari ini juga digunakan sebagai peringatan beberapa peristiwa naas seperti tragedi kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada tahun 1911 silam yang mengakibatkan sekitar 140 perempuan meninggal dunia.
Spoiler for ilustrasi pekerja perempuan:

Perayaan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu dan baru dikemukakan sekitar abad ke-20. Mulai dari Yunani kuno, Revolusi Prancis, sampai sekarang, tuntutan untuk kesejajaran gender terus dikobarkan.

Awal pencetusan Hari Perempuan Internasional ini dimulai pada tahun 1909 . Uniknya, pada tahun tersebut, gagasan untuk International Women Day dirayakan pada tanggal 28 Februari sampai tahun 1913.

Di awal tahun 1914, ketika Perang Dunia I sedang berkecamuk, banyak perempuan di Rusia yang memperingati hari khusus ini. Namun, di daratan Eropa International Women Day justru diperingati tepat pada tanggal 08 Maret.

Karena perbedaan tersebut, walaupun tidak dalam suatu rapat bersama akhirnya diputuskan bahwa Hari Perempuan Internasional ditetapkan harus diperingati setiap tanggal 08 Maret.

Sekitar tahun 1920-an, Hari Perempuan Internasional sempat mengendur bahkan boleh dibilang tidak lagi dirayakan dan pada tahun 1960, seiring dengan bangkitnya feminisme, Hari Perempuan Internasional kembali digulirkan.

Pada tahun 1975, Perserikatan Bangsa Bangsa turut menjadi sponsor atas peringatan Hari Perempuan Internasional.

Dengan dirayakannya peringatan tahunan ini, para perempuan di seluruh dunia menginginkan kesetaraan hak yang terkesan selama ini dimonopoli oleh kaum laki-laki.

Oleh karenanya, untuk ikut memeriahkan Hari Perempuan Internasional, Google persembahkan lukisan khusus bertemakan wanita. Selamat Hari Perempuan Internasional bagi semua wanita di dunia.

Sumber Berita : merdeka[dot]com

Selamat Hari Perempuan Dunia emoticon-Peluk
untuk perempuan-perempuan perkasa yang bekerja untuk menghidupi keluarga.



emoticon-Kaskus Radio
0
1.7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan