Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VenRayAvatar border
TS
VenRay
Cara-cara Berbisnis Tanpa Modal :D
apa aja sih usaha yang bisa di jalankan tanpa modal?
Jawabannya banyak sekali,,, tapi sekarang kita bahas dulu sistem DROPSHIPPING.
Sistem dropshipping ini sedang rame lho ya , banyak para pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, yang menjalankan bisnis ini.
Ya , ini bisnis juga bisa di jalankan sebagai usaha
sampingan, bisa online dan juga bisa offline. Nah sekarang, apa itu dropshipping dan bagaimana cara menjalankannya?
Dropshipping adalah penjualan produk yang memungkinkan dropshipper (reseller) menjual barang ke pelanggan dengan bermodalkan foto dari supplier/toko (tanpa harus menyetok barang) dan menjual ke pelanggan dengan harga yang ditentukan oleh dropshipper. Jadi , modalnya hanya informasi, berupa harga , foto dan spesifikasi produk yang akan kita jual. Kita tidak perlu ‘kulakan ‘ produk yang tentu memerlukan modal yang cukup besar. Lalu bagaimana prosesnya?
Sistem Dropshipping




Setelah kita mendapatkan pembeli produk yang kita jual, selanjutnya kita minta pembeli atau pelanggan untuk mentransfer sesuai dengan harga barang, dan di tambah ongkos kirim yang sudah di tentukan. Selanjutnya , kita sebagai dropshipper melakukan pembayaran ke rekening supplier sesuai dengan produk yang diminta. Jadi , sebelumnya kita sebagai dropshipper perlu konfirmasi ke pihak supplier apakah produk/barang yang kita jualkan masih tersedia atau tidak. Jika sudah oke semua, barang ada, transfer sudah, ongkos kirim juga sudah, selanjutnya kita berikan data – data pembeli berupa nama, alamat , nomer telpon kepada supplier. Selanjutnya supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli , dan data dan alamat pengirim yang tercantum di paket itu adalah data kita ( dropshipper )

Dalam hal ini berarti ada 3 komponen yang terlibat dalam proses dropshipping, yang pertama adalah supplier, yang kedua adalah kita sebagai dropshipping dan yang ketiga adalah pembeli atau pelanggan. Biasanya jual beli dengan sistem dropshipping ini banyak di lakukan secara online, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa juga di lakukan secara offline atau langsung ke pembeli.
Nah , ada beberapa tips, jika temen – temen mau memulai usaha dengan sistem dropshipping,berikut ini saya coba paparkan ya,,

1. Carilah produk yang Anda suka, atau berminat untuk memasarkannya. Biasanya kalau kita suka dengan suatu produk / barang, kita akan lebih menguasai tentang spesifikasi yang ada. Jadi ketika ada calon pembeli yang bertanya, kita faham. Memasarkan banyak jenis produk juga sebenarnya tidak menjadi masalah, namun sebagai pemula kita perlu belajar secara bertahap, jika satu jenis sudah laris, mungkin bisa di kembangkan dengan produk yang lain.

2. Setelah mendapatkan produk yang ingin kita jual, selanjutnya adalah mencari Supplier yang dapat di percaya. Biasanya kalau kita mencari secara online, kita bisa melihat track recordnya dalam penjualan. Kalau di kaskus kita biasa kenal dengan recommended seller. Jadi perlu kita perhatikan reputasi dari Supplier yang akan kita ajak kerja sama. Jangan sampai Anda di kecewakan karena barang tidak di kirim, atau tidak sesuai dengan pesanan. Kita perlu menjada reputasi kita juga dong, kan sudah berhubungan dengan pembeli.

3. Sebagai seorang penjual, tentu kita harus benar – benar paham dan mengerti akan produk yang kita jual. Seperti saya misalnya, ada beberapa produk yang tidak atau belum saya pasarkan , karena memang saya belum begitu paham secara detail mengenai produk tersebut.

4. Jika sebelumnya kita pernah memakai produk yang kita jual, atau jika itu makanan , kita telah merasakan, saya rasa akan bisa lebih enak untuk bercerita sebagai testimony dari produk yg kita jual itu. Hehe, kalo saya biasanya itu sebagai contoh,  Jadi kita bisa pastikan kalo produk yang kita jual adalah produk yang berkualitas. Jangan sampai , kita aja nggak mau pake produknya, tapi kita pasarkan kepada orang lain.

5. Jika menjual secara offline, pastikan di lengkapi dengan katalong yang lengkap. Akan lebih baik jika ada samplenya. Karena kalo offline kan langsung ketemu dengan pembeli ya, jadi biasanya calon pembeli akan menanyakan contoh produknya kayak gimana.

6. Jika menjual secara online, katalog online. Anda bisa memasarkan via media gratisan seperti tokobagus, berniaga, bursamusli dan lain – lain. Atau sekarang ini banyak juga yang memasarkan lewat sosial media seperti facebook dan twitter. Anda juga bisa membuat blog untuk memajang produk yang Anda jual. Dan yang terpenting adalah ciptakan kepercayaan pada calon pembeli. Dunia online memungkinkan banyak oknum yang menggunakan kesempatan untuk penipuan. Anda bisa membuat website untuk bisa memunculkan kepercayaan pelanggan, buatlah website yang berbayar , biasanya calon pembeli akan melihat website kita sebagai penjual. Prinsip dalam jual beli online adalah adanya kepercayaan antara pembeli dan penjual, jadi ciptakanlah itu.

7. Updatelah berita , berikan informasi terbaru pada pelanggan Anda. Semakin banyak informasi yang bisa di serap, insyaallah akan semakin banyak minat untuk membeli produk yang kita jual.

Nah sahabat, demikianlah tips untuk berjualan dengan sistem dropshipping. Semakin banyak jam terbang , insyaallah akan semakin memberikan pengalaman pada kita. Kalau sudah berpengalaman jangan pelit – pelit ya, di bagi pengalamannya pada yang membutuhkan, hehe. Setidaknya prinsip jual beli dengan sistem dropshipping ini menjadikan kita bisa memulai usaha. Meskipun usaha yang kita jalankan saat ini tanpa modal, dan barangnya punya orang lain, tapi suatu saat kita bisa memproduksi sendiri dari keuntungan bisnis ini, dan tentu kita sudah tau kan produk mana yang banyak diminta oleh pasar.
Okey saudaraku , selamat berbisnis ya, pastikan bahwa modal bukan kendala untuk kita mulai bisnis, modal utama kita adalah kemauan yang kuat. Dengan belajar dari sekarang, insyaallah ke depan akan semakin banyak pengalaman yang di dapat. Biar tanpa modal, kita harus tetap punya harapan, cita – cita untuk menjadi pengusaha besar.

Pembuat :: Hanifudin

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star



0
2.7K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan