[G]hostAvatar border
TS
[G]host
Pejabat Publik yang Sambangi Anas di Rumahnya Dikritik
Pejabat Publik yang Sambangi Anas di Rumahnya Dikritik




Jakarta - Kedatangan pejabat publik ke rumah Anas Urbaningrum menuai kritik. Di era semangat pemberantasan korupsi tengah digalakkan, seorang tersangka malah banjir dukungan. Malah ada pejabat yang menyebut penetapan Anas sebagai tersangka oleh KPK sebagai peristiwa politik.

"Fenomena para tokoh men-support tersangka korupsi yang juga mantan Ketua Umum Partai Demokrat, AU adalah sebuah anomali. Bagaimana tidak saat tersangka, terdakwa korupsi harusnya jadi musuh bersama, malah yang terjadi ini ramai-ramai bersimpati pada tersangka korupsi," jelas peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Apung Widadi dalam keterangannya, Selasa (26/2/2013).

Bahkan, yang disesalkan ada pejabat publik yang terang-terangan datang. Misalnya saja Ketua MK Mahfud MD dan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

"Beberapa tokoh yang melekat jabatan publik juga ikut-ikutan menjenguk dan bersimpati. Ini kan gejala politik yang absurd, seolah-olah kalau politisi tidak apa-apa korupsi. Kalau terjerat, ramai-ramai dikunjungi untuk berempati. Justru ini tidak memberikan efek jera pada koruptor," jelasnya.

Dikhawatirkan, rasa simpati bagi tersangka korupsi itu malah berkonsolidasi melemahkan KPK. Padahal KPK sudah bekerja tanpa tebang pilih.

"Kalaupun ada masalah kode etik bocornya sprindik kan sudah ditangani komite etik. Nah, dalam tahap ini salah sebenarnya kalau mereka menyerang KPK. Harus jernih antara fenomena politik dan kasus hukum. Kasus hukum ya di KPK, hormati saja. Kalau masalah kasus politik ya selesaikan di Internal Demokrat, jangan korbankan KPK atas nama solidaritas korupsi politik," urai Apung.

(ndr/mad)

[URL="http://news.detik..com/read/2013/02/26/112646/2179868/10/pejabat-publik-yang-sambangi-anas-di-rumahnya-dikritik?nd771104bcj"]sumber[/URL]


kalau menurut gue, koruptor itu sama dengan maling.. maling kelas atas karena nilainya wah dan sumbernya dari negara.
memang miris melihat kenyataan sekarang ini, dimana seseorang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka sebagai maling ternyata mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari tokoh2 besar di negara ini.

tanya kenapa???
0
2.3K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan