Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kasirsayaAvatar border
TS
kasirsaya
Indonesia Pamerkan Danau Toba di Berlin
Indonesia Pamerkan Danau Toba di Berlin
“Danau Toba memang pantas dipamerkan di ITB Berlin (Internationale Tourismus-B�rse Berlin) di Jerman. Pelaku industri pariwisata Sumut senang dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kemenparekraf yang memasukkan danau itu sebagai salah satu dari 16 destinasi unggulan Indonesia.”

Medan - Pelaku industri pariwisata Sumatra Utara (Sumut) memberi apresiasi tinggi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang memasukkan Danau Toba menjadi satu dari 16 destinasi yang dipamerkan di Berlin.

“Danau Toba memang pantas dipamerkan di ITB Berlin (Internationale Tourismus-B�rse Berlin) di Jerman. Pelaku industri pariwisata Sumut senang dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kemenparekraf yang memasukkan danau itu sebagai salah satu dari 16 destinasi unggulan Indonesia,”kata Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasuion, di Medan, Senin (11/2).

Dia mengatakan itu menanggapi dibawanya 16 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dalam bursa pariwisata terbesar dunia ITB Berlin .

Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kemenparekraf Nia Niscaya di Jakarta, Senin, mengungkapkan, ITB Berlin yang merupakan bursa pariwisata terbesar dunia akan digelar di Berlin, Jerman, 6-10 Maret 2013.

Pada kesempatan itu Indonesia akan menjadi “official partner country” selama pelaksanaan acara.

Adapun 16 KSPN yang akan dipamerkan d ITB Berlin itu yaitu Danau Toba (Sumut), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kota Tua (DKI Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Kintamani, Danau Batur (Bali), Menjangan, Pemuteran (Bali), Kuta, Sanur, Nusa Dua (Bali), Rinjani (Nusa Tenggara Barat), dan Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur).

Selanjutnya Ende-Kelimutu (Nusa Tenggara Timur), Tanjung Puting (Kalimantan Tengah), Toraja (Sulawesi Selatan), Bunaken (Sulawesi Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Raja Ampat (Papua Barat).

Dari 16 KSPN sebagian besar sudah mengkonfirmasi, sementara yang lain masih ditunggu, katanya.

Menurut Solahuddin, Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara sudah sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumut di luar Bukit Lawang, Berastagi dan Nias dan menjadi daya tarik wisatwan asing mengunjungi kawasan itu.

Sejarah yang menyebutkan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu itu memang harus semakin diperkenalkan ke dunia, katanya.

Asita dan pelaku industri lainnya berharap Pemerintah Provinsi Sumut bisa memanfaatkan pameran di Berlin itu untuk membangkitkan kepariwisataan Sumut sejalan dengan akan dioperasikannya juga Bandara Kuala Namu pengganti Polonia.

Da mengakui, salah satu hambatan peningkatan kunjungan ke Danau Toba adalah infrastruktur khususnya akses jalan dari dan menju ke danau itu yang masih kurang bagus dan belum maksimalnya perawatan objek wisata di sekitar kawasan Danau Toba itu.

“Semua pemangku kepentingan diharapkan serius membenahi kepariwisataan Sumut, karena pariwisata berpotensi besar meningkatkan perekonomian di daerah. Lihat saja Bali yang berkembang pesat dan dikenal dunia,”katanya.

Solahuddin juga berharap, Pemerintah Provinsi Sumut membawa atau memperkenalkan objek wisata lunggulan Sumut lainnya seperti Bukit Lawang, Berastagi dan Nias.

Sumber : batakspot.com

emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh kasirsaya 17-02-2013 14:11
0
1.5K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan