jrookitidAvatar border
TS
jrookitid
Pendidikan dengan Muatan Lokal-nya ?
Muatan Lokal, ini adalah istilah yang saat ini sangat marak kita dengar dengan adanya rencana pelaksanaan kurikulum baru 2013 oleh kementerian pendidikan.

Apakah sebenarnya maksud muatan lokal tersebut? Dari kacamata saya, Mungkin dengan adanya muatan lokal tersebut maka porsi pengembangan daerah masing-masing dapat dikenalkan sejak dini pada masyarakat atau dalam hal ini anak didik. Akan sangat berpengaruh jika telah di perkenalkan sejak masa pendidikan dasar (tingkat SD).

Sebetulnya bagaimanakah aplikasi yang harusnya di lakukan oleh pemerintah dalam memaksimalkan rencana tersebut ?.

Ada beberapa hal yang dapat di lakukan. Namun apakah yang di gadang-gadang oleh pemerintah dalam hal ini dapat menuju kearah yang diinginkan ?.

Karena, dampak dari peningkatan porsi muatan lokal dalam pendidikan ini nantinya di harapkan makin banyak putra-putri daerah tersebut yang dapat membangun dan mengembangkan daerahnya masing-masing. Tidak terguir untuk pergi meninggalkan daerahnya yang mungkin masih cenderung tertinggal di bandingkan daerah yang lain. Sehingga pada generasi selanjutnya ini akan lebih semangat dan mandiri dalam membangun daerahnya masing-masing hingga dapat menjadi lebih maju di banding dengan daerah yang lebih dulu telah maju.

Tidak hanya meniru dari daerah lain, itu juga yang sangat di harapkan. Jika memang suatu daerah tersebut berada di lereng gunung yang tanahnya cukup subur. Maka diharapkan mulai dari pendidikan dasar didaerah tersebut dapat di perkenalkan dan juga mengembangkan sisi sektor pertanian untuk dapat lebih maju dan berkembang pesat hingga dapat menjadi penghasilan andalan bagi warga dan juga pemasukan utama bagi daerah tersebut.

Mengembangkan sektor pertanian tersebut bukan hanya menanam dan memanen kemudian menjual. Namun terdapat tujuan yang lebih besar yaitu meningkatkan nilai panen tersebut sehingga dapat di konversi menjadi hasil panen dengan nilai jual yang lebih tinggi. Dengan hal ini di harapkan suatu daerah dengan dareah yang lain yang memiliki komoditi yang sama dapat bersaing dalam meningkatkan mutu hasil buminya. Bahkan mengubah hasil pasca panen tersebut menjadi produk yang lebih mempunyai nilai di masyarakat nasional mau pun internasional sebagai produk yang lebih bernilai. Seperti misalnya mengolah hasil panen padi bukan hanya menjadi beras, namun dari beras dapat di hasilkan produk dengan nilai yang lebih tinggi misalkan menjadi produk kosmetik dan juga produk industry makanan lainnya. Sehingga sektor industri didaerah tersebut dapat ikut berkembang dan tetap mengandalkan sisi yang memang menjadi andalan daerah tersebut yaitu pertanian itu tadi.

Dengan berkembangnya sektor yang selama ini mungkin telah di tinggalkan oleh sebagain besar masyarakat di daerah tersebut. Maka di harapkan akan mengurangi tingkat pengangguran di daerah tersebut juga tingkat perginya masyarakat di daerah tersebut untuk menjadi TKI dan juga tenaga dengan penghasilan yang rendah di daerah yang lain. Bahkan akan lebih baik, untuk menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru.

Dapat kita bayangkan jika tujuan peningkatan muatan lokal dapat di terapkan hingga berkembang sebagaimana mestinya hingga dapat memperbaiki perekonomian suatu daerah. Maka bukan tidak mungkin jika daerah-daerah yang lain juga mengikuti, maka negeri ini akan menjadi negeri yang sangat pesat perkembangan dan pertumbuhan perekonomiannya.

Memang untuk mewujudkan hal ini di perlukan dukungan dari semua pihak. Baik swasta dan juga pemerintah, namun hal ini di perlukan proses yang tidak sebentar. Perlu kemauan dan kesadaran yang benar di masyarakat dan pemerintah wajib mengawasi serta terus memberikan support dan terus memberikan pemahaman yang baik disemua kalangan. Perlu memberikan pemahaman terutama bagi sekolah-sekolah yang di dalamnya terdapat para pendidik dan juga orang tua yang juga harus ikut mengerti juga mendukung apa yang menjadi tujuan di berlakukannya program peningkatan muatan lokal di sekolah tersebut.

Kini PR kita semua adalah memberikan kesadaran bagi orang-orang di sekitar kita, bahwa membangun daerah sesuai dengan potensi daerah masing-masing itu jauh lebih baik untuk memperbaiki negeri ini ketimbang kita berduyun-duyun datang ke tempat lain dan membangun di sana.

Mari mulai saat ini juga !!..

By : Anto Ardiansyah
0
12.3K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan