tsongaAvatar border
TS
tsonga
Surat Terbuka -- Randy Pratama Putra (PENIPUAN JERSEY)
Background:
Berawal dari minat saya mencari jersey MU Away 12/13 LS, lalu saya membuka thread WTB -- detail DISINI
Yap, sesuai dengan detail keterangan yang ada di dalam thread tersebut; saya mencari jersey MU Away 12/13 LS size S Original, dan kenapa saya tidak mencari sendiri di toko-toko olahraga yang pastinya menjual barang tersebut? Sudah dijelaskan juga di dalam thread, saat ini saya tidak punya waktu untuk jalan-jalan keluar, apalagi khusus untuk mencari jersey, karena saya baru saja dikaruniai seorang putra yang belum genap berumur satu bulan.

Kronologi:
Saya membuat thread WTB tersebut tanggal 31 Jan 2013, yaitu pada hari Kamis. Dan selang sehari pada tanggal 1 Feb 2013, yap hari Jumat-nya, ada yang menghubungi saya via sms yang kira-kira isinya seperti ini:
Quote:
Saya langsung merespon dengan menanyakan apakah dia ada lapak di kaskus atau mungkin link jualan yang dapat saya akses.Tapi dia membalas hanya dengan meminta pin BB saya. Oke, saya berikan dan dia langsung invite pin saya.
Perbincangan-pun berlanjut via bbm. Yang kira-kira isinya seperti ini:
Quote:
Karena tidak ada kecurigaan apapun, dan JNE OKE memang dibawah yang Regular, tapi saya pikir tidak begitu masalah karena masih sama-sama dari Jakarta, jadi tidak begitu lama. Kemudian saya langsung minta nomor rekening dia. Dan setelah dapat, saya langsung mencoba transfer via m-banking. Mulai aneh karena a/n nomor rekening yang dia berikan bukan namanya, dan saya langsung coba konfirm, dia pun mengaku sempat lupa kalau itu adalah no rekening bapaknya. Namun katanya tidak apa-apa, transfer saja ke nomor rekening itu.
Saya masih positif thinking, dan akhirnya saya transfer sesuai kesepakatan sebelumnya, yap 600 ribu.
Masih di hari Jumat, dan sudah memasuki malam hari, tidak ada kabar dari dia. Akhirnya saya coba bbm dengan menanyakan nomor resi kiriman jersey tersebut. Dan balasannya kira-kira seperti ini:
Quote:
Masuk di hari Sabtu, lanjut Minggu (saya tidak sempat menghubungi dia lagi, karena sibuk mengurusi acara aqiqah putra saya, dan berpikir juga karena masih weekend, jadi tidak semua pengiriman berjalan pada weekend)
Masuk di hari Senin, saya pun masih berpikiran positif, karena memakai layanan OKE, mungkin barang baru sampai keesokan harinya. Nah setelah masuk hari Selasa, saya mulai cemas. Dan coba saya hubungi via bbm, ternyata dia sudah delete kontak saya. Namun kontak dia masih ada di bbm saya, jadi saya coba invite dia lagi tapi dari bbm istri saya. Di approve, lalu saya langsung coba bbm yang isinya kira-kira seperti ini:
Quote:
Dia tidak menjawab, nah tapi tiba-tiba dia ada lagi di kontak bbm saya, langsung saya bbm yang isinya sama persis dengan bbm yang saya kirimkan dari bbm istri saya. Dan akhirnya dia membalas yang kira-kira isinya seperti ini:
Quote:
Lagi-lagi dia tidak merespon, dan yang terjadi adalah dalam sekejap dia delete lagi kontak bbm saya, begitupun dengan kontak bbm istri saya. Namun kali ini benar-benar hilang tidak berbekas emoticon-Cape d... (S)
Dan sampai batas itu, saya menyimpulkan kalau ini adalah penipuan.

Upaya:
1. Menghubungi CS provider hp saya, berharap ada catatan mengenai nomor hp yang saya delete dari sms saya. Tapi hasil nihil
2. Bank -- belum dicoba, tapi ada peraturan dimana pihak bank memang tidak boleh memberi tahu data nasabah (strictly confidential!)
3. Polisi -- mempermasalahkan nominal 600 ribu? nanti yang ada bisa lebih dari itu apabila mengurus di kepolisian. lupakan!
4. Bikin SURAT TERBUKA di Kaskus

Pelajaran:
1. Saya harus lebih hati-hati atau punya kecurigaan lebih apabila terdapat hal-hal ganjil dalam transaksi jual-beli
2. Apalagi dengan seller yang tidak memiliki sumber yang jelas, tidak punya lapak atau website jualan
3. Capture/save perbincangan yang terjadi, selama barang belum ditangan, belum aman!
4. Jangan hapus sms, bbm, ataupun chatting yang terjadi. Itu semua bisa menjadi bukti

Catatan:
1. Hati-hati! Mungkin dia masih berkeliaran di Kaskus, untuk mencari korban berikutnya
2. Saya hanya memiliki sangat sedikit bukti, yaitu;
- Nama: Randy Pratama Putra (Nama di Profil BBM)
- No Rekening BCA: 2272210340 a/n SUROSO

Mungkin itu saja isi dari surat terbuka ini. Yap 600 ribu bukanlah jumlah yang terbilang besar, tapi tetap ada nilainya dan bisa berguna. Selagi saya mencoba untuk ikhlas, namun masih mengharapkan ada niatan baik dari sang pelaku. Dan percaya bahwa semua pasti ada balasan yang setimpal.
Semoga informasi ini dapat berguna bagi yang lain. Dan jangan sampai ada lagi korban-korban lainnya.

Thank you very much!
Diubah oleh tsonga 07-02-2013 06:59
0
9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan