herryjumpbeeAvatar border
TS
herryjumpbee
Mengenal Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J
Produsen otomotif Yamaha, terus berinovasi. Era sepeda motor injeksi sudah mulai di terapkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Meneruskan keunggulannya di kategori skutik berkelas, pada Februari 2012 lalu Yamaha meluncurkan Mio J, motor injeksi teranyarnya. Generasi terbaru Mio itu memiliki tangline Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic.

Peluncuran resmi Yamaha Mio J di di lapangan Gasibu, Bandung, Sabtu malam 25 Februari berlangsung semarak dan mendapat sambutan antusias masyarakat. Diawali touring Mio J bersama media dan klub motor Yamaha menyusuri dua rute, Jogjakarta - Purwokerto dan Purwokerto-Bandung (23 – 25 Februari 2012).

Skutik perdana Yamaha dengan teknologi injeksi/Full Injection (FI) ini, juga membuat pasar otomotif roda dua Indonesia semakin berwarna. Kehadiran Mio J disambut pasar, mengingat skutik begitu populer di Indonesia. Penerimaan masyarakat atas pertimbangan kualitas tinggi teknologi Yamaha yang sudah dipercaya selama ini memimpin market otomotif roda dua nasional pun tinggi. Buktinya, sejak resmi diluncurkan Februari hingga Mei 2012 saja, Mio J terjual 228.918 unit!

Mio J menjawab semua keinginan konsumen yang menginginkan skutik berteknologi tinggi. Teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) membuat Mio J begitu sempurna. Ketangguhannya mesinnya ditambah pengaplikasian mesin juara Yamaha, Diasil Cylinder dan Forged Piston. Penyatuan mesin juara Yamaha dan teknologi mutakhir YMJET-FI melahirkan motor matik performa tinggi.

Uniknya, Mio J – diambil dari teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Maknanya sangat dalam dan menjadi kesempurnaan Mio J dengan teknologi mutakhir Yamaha yang dapat meningkatkan performa mesin dan hemat bahan bakar sampai 30 persen. Ini pula mengapa Mio J disebut It’s Magic.

Kata kunci lainnya buat Mio J adalah friendly (bersahabat), yang artinya Mio J mudah digunakan baik oleh pria maupun wanita dari segala usia, anak-anak sampai dewasa. Desainnya pun friendly, cocok untuk siapa saja karena tidak terlalu macho atau condong ke anak-anak muda.

Mio J mudah digunakan dan ketinggian jok rendah sehingga bisa mengakomodir siapa saja. Sudah menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator, servisnya cepat karena akinya kering jadi tidak perlu dicek setiap minggu.

Bagasi Mio J luasnya 8 liter sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Pengguna Mio J juga tidak perlu sering-sering ke SPBU untuk mengisi bahan bakar karena besarnya tangki Mio J yang dapat diisi 4,8 liter bahan bakar. Keunggulan lainnya adalah mudah membawa boncengan karena joknya panjang.

Performa Mio J juga terjamin keunggulannya dengan diasil cylinder, forged piston dan YMJET-FI yang melahirkan motor matik performa tinggi secepat jet dan selincah Mio, irit dan awet. Fitur Mio J yang tak kalah pentingnya adalah key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan dari pencurian motor.

Desain Mio J secara keseluruhan pun menarik. Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor. Desainnya mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan kesan harmonis. Sporty, canggih dan dinamis. Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik menonjol Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield dan head lamp.

Mio J Family dan Mio J Teen
Yamaha menciptakan Mio J Family untuk kalangan umum dan khusus bagi anak-anak muda untuk tampil lebih trendy diciptakan Mio J Teen. Mio J Family berkarakter dynamic, sporty, elegan dan simpel. Ada lima varian dengan warna putih, hijau, biru, hitam dan merah.

Sedangkan Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporty dan dinamis. Uniknya Mio J Teen didesain berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp ; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang ; cover body bagian bawah.

Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam - putih - merah. Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu-abu muda ; putih – biru – abu-abu muda ; putih – hitam – abu-abu muda ; putih – merah – abu-abu muda.

Spesifikasi mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Fitur-fitur Mio J berkualitas Yamaha. Tempat duduk yang luas dan lebih panjang, lampu sein depan yang mengkilat tajam seperti pandangan mata, speedometer baru dan bagasi luas. Warna-warna Mio J semakin memanjakan konsumen dengan lima warna. Putih yang mengikuti tren warna terkini di dunia otomotif, hitam, biru dan merah.

Menyusul peluncuran produk skutik terbaru Mio J, PT Yamaha Indonesia meluncurkan spare part dan helm khusus Mio J. Harga spare part Mio J khususnya untuk Fuel Injection (FI) part lebih murah. Ini menambah daftar keunggulan Mio J! Komponen skutik itu adalah throttle body Rp 420.000, fuel pumpRp 430.000, injector Rp115.000 dan Engine Control Unit (ECU) Rp. 525.000.

Tersedia pula cairan pembersih sisa pembakaran mesin Carbon Cleaner untuk Mio J yang sekaligus bisa digunakan untuk produk V-Ixioin. Sebotol Carbon Cleaner untuk 3,5 sampai 1 liter bensin. Gear Oil dengan volume 140 ml Mio J juga telah tersedia.

Kenapa Irit?
Poin-poin penting kelebihan Mio J bisa dilihat dari performa, dimana responsifnya tinggi dan economical atau irit. Iritnya pun masih ditambah dengan kemampuan bertahan lama.
Tak hanya itu. Mio J masih menyimpan style desain yang smart flowing line dan 10 pilihan warna untuk anak muda. Fakta ini menjadikan Mio J semakin begitu sempurna. Terlebih lagi Mio J menggunakan mesin teknologi Fuel Injection (FI) yang benar-benar baru hasil pengembangan tenaga ahli Yamaha.

Iritnya Mio J ditunjang rangkaian sistem yang diaplikasikan pada mesin, yaitu Low Friction Technology, DiAsil Cylinder dan Forged Piston, Fuel Pump dan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection).

Low Friction Technology dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek panas pada mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik.

Hal ini diaplikasikan pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan effect panasnya sangat rendah. Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

DiAsil Cylinder dan Forged Piston memberikan manfaat kompresinya tinggi dan piston clearance stabil. Kompresi tinggi dapat dijelaskan dari material DiAsil Cylinder yang tidak full besi tapi dicampur dengan silikon sehingga saat terjadi tekanan atau kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi lebih dinamik (dindingnya fleksibel).

Kestabilan piston clearance dikarenakan jarak antara Forged Piston dan dinding DiAsil Cylinder terjaga. Jadi tidak akan terjadi kerusakan pada dinding DiAsil Cylinder dan Forged Piston.

Komponen lain dalam sistem mesin Mio J yang membuatnya irit adalah Fuel Pump yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi energi listrik rendah), serta good fuel consumption (mampu mengontrol injeksi bensin dari tangki ke area mesin).

YMJET-FI menghasilkan pembakaran sempurna, tenaga yang maksimal namun sangat irit BBM dan ramah lingkungan. YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih akurat, sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI konsumsi bahan bakar sangat efisien di putaran rendah hingga menengah.

Masih ada pula ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sangat cerdas. Sistem ini secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang tertanam pada beberapa bagian penting mesin. Sebut saja, sensor TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua sensor itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor mesin agar menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan, sehingga tetap irit walau bertenaga penuh.

Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, ini terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar. Kondisi teknis ini membuat aliran tidak tersumbat.

Teknologi YMJET-FI juga disematkan sistem Air Assist Passage (jalur udara khusus pada sistem YMJET-FI). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.

Untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.

Pembuktian Irit
Pada turing Mio J mencatatkan performa terbaiknya dalam hal efisiensi bahan bakar. Terbukti, rata-rata konsumsi bahan bakar dari turing mencapai 63 km/liter. Perjalanan dari Yogyakarta hingga Purwokerto ini, dilakukan dengan kecepatan rata-rata konstan di 40-80 km/jam. Trek lurus disertai hujan mewarnai perjalanan tersebut.

Untuk harga on the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000.

sumber: http://go-sumatera.blogspot.com/2012...#ixzz20HCn8qZH
0
9.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan