Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

the.loungerAvatar border
TS
the.lounger
Pentingnya Air Putih Setelah Sesaat Bangung Tidooooorr...
Mungkin agan-agan sering mendengar, manfaat air putih secara umum bagi kesehatan yang dihitung jumlah liter/gelas. Bahwa banyak yang berpendapat bahwa dalam sehari semalam, setiap orang dianjurkan untuk minum 2-3 liter air per hari.

Tapi yang akan ane share di trit ini adalah manfaat dan pentingnya minum air putih sesaat setelah agan-agan bangun tidur. Caranya, minumlah sebanyak 1-2 gelas air putih sesaat setelah agan-agan bangun tidur (khususnya pagi hari). Jadi sebelum anda melakukan aktifitas apapun, entah itu mandi, gosok gigi, makan, dan lainnya. Konon katanya, air liur yang terlarut dalam minuman dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat lain minum air putih setelah bangun tidur...

1. Menurut Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK, saat tidur, tubuh mengeluarkan banyak air dengan kata lain terjadi penguapan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang.

2. Meningkatkan energi
Mengonsumsi air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme, membantu seseorang menjadi lebih waspada serta merasa lebih segar karena adanya peningkatan energi di dalam tubuh.

Hal ini karena hampir semua bagian tubuh memerlukan air agar bisa bekerja secara optimal, jika tubuh dehidrasi akan timbul kelelahan dan lesu sehingga menjadi tidak efisien.

3. Menghilangkan racun
Minum air di pagi hari akan membantu meringankan fungsi ginjal dalam hal menghilangkan berbagai racun dan produk buangan (limbah) dari dalam sistem tubuh. Hal ini karena saat malam hari tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

4. Mengurangi berat badan
Mara Z. Vitolins, seorang ahli nutrisi dari Wake Forest University Baptist Medical Center menuturkan umumnya tubuh tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus, karenanya konsumsi air minum bisa membantu membedakan hal tersebut.

Selain itu jika seseorang minum air putih saat sedang lapar akan terlihat adanya penurunan nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan, dan menghindari konsumsi minuman lain yang tinggi gula, kalori atau kafein.

Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik atau asupan airnya cukup bisa dilihat dari warna urine, normalnya warna urine yang baik adalah jernih dan bukan kuning pekat.

Semoga Bermanfaat

Jika agan suka tips trit ini tolong emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan.emoticon-Malu..ato emoticon-Rate 5 Star juga boleh..emoticon-Kiss

[URL="http://health.detik..com/read/2011/09/07/071126/1716995/766/manfaat-minum-air-putih-saat-bangun-tidur"][B][color=green][size="4"]SUMBER[/size][/color][/B][/URL]
0
2.3K
33
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan