Ekspresi2ndAvatar border
TS
Ekspresi2nd
Nasib Batavia Air setelah bangkrut
(Vibiznews-Business)-Masih ingat gonjang-ganjing berita Batavia Air akan diakusisi AirAsia beberapa waktu lalu? Suatu berita yang sontak menggemparkan dunia penerbangan Indonesia. Namun, berita itu kini tinggal kenangan.. Batavia Air bangkrut dan harus menutup semua kantor-kantor operasionalnya. Demikianlah rentetan kisahnya..

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat memutus mengabulkan permohonan perusahaan sewa-guna pesawat, International Lease Finance Corporation (ILFC), yang menggugat pailit PT Metro Batavia selaku operator maskapai penerbangan Batavia Air.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua Majelis Hakim, Agus Iskandar, saat membacakan putusan di Jakarta, Rabu sore, 30 Januari 2013.

Majelis hakim menyatakan Batavia Air memenuhi syarat dinyatakan pailit, sesuai UU Nomor 37/2004 tentang Kepailitan. "Telah memenuhi syarat kepailitan, sehingga permohonan tersebut dapat dikabulkan," kata Iskandar.

Atas putusan ini, pihak Batavia Air masih menyatakan pikir-pikir apakah menerima atau tidak, diteruskan kasasi. "Sesuai pasal 11 ayat 2 UU Kepailitan, kami memiliki hak tujuh hari untuk mengajukan kasasi atau tidak," kata kuasa hukum Batavia Air, Catur Wibowo.

Sebenarnya pihak ILFC telah mencabut gugatannya beberapa saat sebelum putusan dibacakan majelis hakim, namun pihak Batavia Air menyatakan keberatan karena pencabutan dilakukan saat persidangan telah memasuki babak akhir, yakni menjelang putusan.

Pihak Batavia menyatakan, gugatan pailit ini sudah membuat nama baiknya tercemar dan merusak kepercayaan publik. Dengan pencabutan gugatan ini, majelis hakim menghentikan sementara pembacaan putusan yang seharusnya sekitar jam 11.00 WIB menjadi pukul 16.00 WIB untuk memfasilitasi musyawarah pihak penggugat dan tergugat.

Beberapa masa lalu, IFLR melakukan gugatan pailit terhadap Batavia Air karena tidak mampu membayar utang jatuh tempo hingga 13 Desember 2012, mencapai 4,68 juta dolar Amerika Serikat.Utang itu berasal dari kewajiban pembayaran sewa, cadangan (reserves), dan bunga keterlambatan pembayaran. Selain dengan ILFC, Batavia Air juga dilaporkan memiliki tagihan kepada Sierra Leasing Limited, yang juga berasal dari perjanjian sewa pesawat terbang. Total hutangnya mencapai 9,63 juta dolar Amerika Serikat.

Pada akhirnya maskapai penerbangan Batavia Air harus menemui titik akhirnya. Diputuskan pailit di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Rabu petang lalu, Batavia Air pun mengakhiri operasionalisasi armadanya pada Kamis tengah malam kemarin tepat pukul 00.00 WIB.

"Setelah keluar putusan pailit, dengan sangat terpaksa seluruh kegiatan operasional bisnis penerbangan Batavia Air ditutup mulai pukul 00.00 WIB pada 31 Januari 2013," kata Manajer Hubungan Masyarakat Batavia Air, Elly Simanjuntak, di Jakarta, Rabu malam.

Selanjutnya menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Harry Bakti dalam konferensi pers hari Kamis di kantornya mengatakan, sejumlah maskapai penerbangan, di antaranya Mandala Air telah mau bekerja sama untuk mengantisipasi sejumlah rute yang selama ini dilayani Batavia Air.

"Saya mengimbau maskapai lain mencoba menampung juga," katanya.

Sedangkan di Bandara Soekarno-Hatta, terdapat tiga penerbangan Batavia Air yang dibatalkan yaitu Jakarta-Makassar pada pukul 22.45 WIB, Jakarta-Ambon pukul 01.05 WIB, dan Jakarta-Ternate pukul 01.25 WIB.

Sejumlah penumpang yang telah tiba di bandara dilaporkan telah dibantu oleh petugas Batavia Air untuk dicarikan rute penerbangan lain dengan memakai maskapai selain Batavia Air.

Sementara salah seorang kurator Batavia Air, Andra Reinhard Pasaribu SH, di acara Konferensi Pers di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

"Dalam waktu sekarang saja sudah ada beberapa investor yang menawarkan. Tapi kami tahan dulu, karena nggak bisa langsung. Kita baru bekerja satu hari," tutur Andra.

Andra menambahkan, beberapa investor tersebut tertarik untuk membeli maskapai penerbangan ini, namun dia tidak menyebut lebih lanjut mengenai siapa investor-investor tersebut dan berapa banyaknya. "Ada swasta, dan ada yang lain," katanya.

Bahkan, ketika ditanya apakah Air Asia yang dahulu sempat ingin mengakuisisi maskapai ini kembali tertarik untuk menjadi investor, Andra tak menepis kemungkinan tersebut. "Kenapa tidak, kalau Air Asia mau ngobrol sama kita," katanya.

Jika investor tersebut masuk dan kembali dapat mengoperasikan maskapai penerbangan ini, maka Andra menambahkan, nasib dari para karyawan yang sementara ini dirumahkan bisa terselamatkan. "Masih bisa (diselamatkan)," singkatnya.

Terkait kasus ini, terdengar kabar kalau PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) berminat ambil rute-rute penerbangan domestik dan internasional eks Batavia Air.

Langkah Garuda ini, mengikuti jejak maskapai pelat merah lainnya, PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) yang terlebih dahulu menyatakan kesiapannya mengambil beberapa rute eks Batavia Air.

"Garuda akan mempelajari rute-rute mana saja yang mungkin akan dilakukan penambahan kapasitas," tutur VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Pujobroto, Jumat (1/2/2013).

Namun untuk merealisasikan niatan ini, emiten berkode GIAA ini terlebih dahulu harus melakukan penilaian terhadap kemampuan armada dan personel sebelum benar-benar mengambil beberapa rute eks Batavia.

"Saat ini Garuda melakukan evaluasi untuk menambah kapasitas, namun disesuaikan dengan resources (pesawat dan crew) yang ada," cetusnya.

Sebelumnya beberapa maskapai seperti Sriwijaya, Mandala, Citilink dan Express Air direncanakan atau telah menunjukkan minat untuk menerbangi beberapa rute penerbangan peninggalan Batavia. Sebelum diputus pailit, maskapai nasional ini memiliki 44 rute penerbangan domestik dan internasional.

Oh, Batavia Air bagaimanakah riwayatmu nanti? Tak ada yang tahu dengan pasti. Hanya para investorlah yang dapat menjawabnya...

Sumber : http://www.vibiznews.com/2013-02-02/...mau-membelinya

banyak maskapai lain, mungut pilot sama pramugari dari batavia nih pasti emoticon-Big Grin

Quote:


Diubah oleh Ekspresi2nd 04-02-2013 04:42
0
6.9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan