lefuzionAvatar border
TS
lefuzion
Pikir - Pikir Dulu Deh Sebelum Belanja di Lazada!
Tanggal 14 Januari 2013 ane order kamera samsung NX1000 warna hitam dengan dual lens kit melalui lazada (order #300283172). Setelah melakukan compare harga antara satu online store dengan yang lainnya, akhirnya saat itu ane memutuskan untuk membeli kamera ini di lazada karena; pertama, harga lebih murah, kedua, karena saat itu (dan berlaku hari itu aja) ada promo discount tambahan bagi yang bayar pakai kartu kredit mastercard. Lumayan bisa hemat 300rb dari harga pasaran kamera ini di kota tempat ane tinggal.

Tanggal 15 Januari 2013 ane dihubungi oleh pihak customer service lazada untuk konfirmasi mengenai produk yang di order dan konfirmasi mengenai jenis pembayaran yang akan digunakan. Waktu itu ane milih pakai installment kartu kredit BCA.

Setelah beberapa hari tidak ada update tlp, email, atau sms dari mereka, tanggal 17 Januari 2013 (atau mungkin 18 Januari 2013) ane iseng menghubungi customer service lazada. Informasi yang ane terima saat itu bahwa pembayaran sudah terproses dan barang sedang proses pengadaan kalau sudah siap untuk dikirim akan diinformasikan kembali.

Beberapa hari ane menunggu berita dari lazada yang tidak kunjung ada, akhirnya dengan tingkat penasaran yang tinggi tgl 22 januari ane coba hubungi kembali pihak customer service lazada. Hari itu ane mendapat berita yang sangat mengejutkan, ternyata produk yang ane order tidak tersedia alias out of stock. Terus terang saat itu ane terheran-heran kenapa mesti nunggu 7 hari untuk menginformasikan kalau barang tidak tersedia. Kedua, ane juga heran mengenai cara lazada memproses transaksi, bukannya dipastikan dulu availability produk nya baru kemudian diproses pembayarannya, justru malah sebaliknya. Yang lebih mengherankan lagi, kenapa tidak ada upaya pro aktif mereka untuk menginformasikan hal ini ke ane sesegera mungkin? kalau saja ane tidak menghubungi customer service saat itu mungkin sampai hari ini ane ngga tau kalau produknya out of stock.

ane coba minta refund, oleh customer service dikatakan tidak memungkinkan berhubung pembayaran ane mengggunakan installment. Disaat yang bersamaan customer service mencoba menawarkan penggantian warna produk dari yang sebelumnya warna hitam diganti putih. Awalnya ane sempat ragu namun pada akhirnya ane memutuskan untuk ganti warna produk. Yang membuat ane dongkol setelah itu, si customer service menyampaikan bahwa penggantian ini akan diproses dalam waktu 5-7 hari, langsung aja ane cut sebelum si customer service selesai ngomong, mbak apa memang perlu selama itu?! apa ngga bisa dipercepat?! saya kan udah lama menunggu mau di pending sampai kapan lagi sih?! Akhirnya si customer service mengusahakan dalam waktu 2 hari ini sudah terkirim. Sebelum ane akhiri pembicaraan saat itu ane minta kepastian sekali lagi apa produk yang warna putih itu benar-benar in stock? atau jangan-jangan 2 hari kemudian ane dapat info lagi kalau out of stock. Si customer service memastikan bahwa menurut data di warehouse mereka produk tersebut masih tersedia. Diakhir pembicaraan si customer service menyampaikan juga bahwa konfirmasi mengenai penggantian warna produk ini akan dikirimkan juga via email (yang sampai saat ini belum pernah ane terima).

Hari ini, tanggal 25 Januari 2013 pagi hari kembali ane coba hubungi customer service. Jawaban yang ane terima persis dengan apa yang ane perkirakan, barang sedang proses pengadaan bla..bla..bla.. sebelum si customer service selesai berbicara langsung aja ane potong, ane minta kepastian hari ini juga!! kapan orderan ane siap dikirim. Si customer service berjanji akan menghubungi ane hari ini untuk menginformasikan mengenai kepastian kapan barang siap dikirim. Terus terang dengan kejadian beberapa hari terakhir ini ane agak skeptis pihak lazada akan serius menangani masalah ini.

Yang mengejutkan lagi, kejadian seperti ini ternyata bukan pertama kali dan bukan ane aja yang ngalamin, setelah ane coba search google mengenai reputasi lazada, ternyata banyak customer lazada baik di indonesia, malaysia dan philipines yang mengalami masalah serupa yaitu informasi stok yang fiktif (atau mungkin tidak realtime) dan kurang proaktifnya pihak customer service lazada dalam menyelesaikan suatu masalah. Sangat ironis memang, disaat mulai tumbuhnya industri eS E N S O Rmerce di Indonesia justru dirusak oleh kehadiran online store dengan kualitas pelayanan seperti lazada ini.

UPDATE
Tgl 26 Januari 2013

Pagi ini ane nerima sms dari lazada orderan ane sudah dikirim melalui RPX kemarin sore. Sempat terpikirkan, ternyata lazada cukup responsif juga menangani masalah ane setelah ane komplain habis2an sebelumnya.
Ternyata salah besaar gan! Tipe barang yang ane terima salah dengan yang ane order! Ane order kamera samsung nx1000 dengan dual lens, yang ane terima cuma single lens. Bener2 nih lazada! Kali ini terus terang ane kehabisan tenaga buat komplain, ane pasrah aja setelah call customer service dan kemudian diminta ngisi form pengembalian barang di website lazada.

Bukti - Bukti:



UPDATE
Tgl 28 Januari 2013

Hari ini barang akhirnya ane kirim kembali ke Lazada via JNE, dengan janji dari Lazada biaya pengiriman tersebut akan di reimburse ke rekening ane dlm waktu 7-14 hari setelah barang diterima oleh mereka. Kemarin ane iseng2 ngecek packaging barang yang ane terima, ane nemuin penyebab salah kirim ini. Di sisi samping packaging tersebut tertempel label inventory milik Lazada yang tertulis Samsung NX1000 dual lens kit, padahal kalau diliat cover depannya samsung jelas2 tertulis 20-50mm kit (single lens kit). Sepertinya memang bagian warehousenya Lazada nih yang bobrok, inventory stock jarang di update, bagian penerimaan barangnya juga ngga teliti begitu liat warna dan packaging sama asal label2 aja.

UPDATE
Tgl 1 Februari 2013

Lama ngga ada kabar ane iseng tlp customer service, dengan konyolnya si CS menyampaikan "Menurut catatan sistem kami barangnya sudah dikirimkan dan bapak terima tgl 26 januari permasalahannya ada dimana ya pak?" karena si CS sepertinya agak bingung ane mesti jelasin ulang lagi kronologis kasus ane.. duhh cape deh. Diakhir pembicaraan seperti biasa si CS mengucapkan mohon maaf atas ketidaknyamannya nanti akan dikabari lagi via email atau tlp (yang tidak pernah ane terima sama sekali).

UPDATE
Tgl 4 Februari 2013

Siang ini pas break di kantor ane iseng buka web lazada pengen ngecek sebenernya stock Samsung NX1000 yg dual lens ada ngga sih. Halah2.. ternyata stok kosong gan! langsung aja ane hub customer servicenya ane minta kepastian gimana progres retur barang ane? si CS ngga bisa ngasi kepastian yg pasti di gudang kosong dan si supplier juga ngga bisa ngasi kepastian kapan barangnya ada lagi. Ngomong dong dari awal! tau gitu kan ane ganti produk (lagi untuk ke-2 kalinya). Akhirnya disaat itu juga ane minta penggantian produk lain, saat itu ane langsung minta kepastian aja produk pengganti bener2 in stock apa engga. Info dari si CS di warehouse mereka kosong (padahal di website mereka tercantum in stock, coba agan search samsung nx210 di website lazada), tapi di supplier mereka ready stock 3 unit. Untuk perubahan produk ini akan di konfirmasi kembali via email atau tlp, yang untuk kesekian kalinya belum pernah ane terima sampe detik ini.

Bener2 nih Ladada..

Diubah oleh lefuzion 04-02-2013 14:39
0
285.8K
57
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan