alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007312893/problem-solving---tempat-bertanya-pr-kaskuser-sd-smp-sma---part-2
Quote:Original Posted By indonesiamaniak
Ini soal kelas 7 tentang kalor (maklum ane baru kelas 7 )
1. Sebuah panci aluminium digunakan Agus untuk memasak air sebanyak 2 kg. Suhu panci dan air naik dari 25ºC sampai 90ºC, kapasitas kalor adalah 900JºC. Berapakah jumlah kalor yg di perlukan?)

PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
c = kalor jenis
C = kapasitas kalor
Quote:Original Posted By indonesiamaniak
2. Sebuah wadah berisi air dengan 100ºC diberikan kalor sebanyak 11.350.00 J. Berapakah banyak air yg menguap dari wadah itu? (Kalor uap air= 2.260.000J/kg))

PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Q = kalor yang diberikan
m = massa air yang menguap
U = kalor uap
Quote:Original Posted By indonesiamaniak
3.Hitunglah kalor yang dibutuhkan untuk menguapkan 1kg air dari suhu 2ºC! (kalor jenis air= 4.200 J/kgºC, kalor uap air= 2.260.000J/kg))

Ada dua proses:
(1) menaikan suhu air dari 2 ke 100 derajat celcius

PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2

(2) menguapkan air

PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2

Jadi Q total = Q1 + Q2
Quote:Original Posted By indonesiamaniak

4. Hitunglah kalor yang diperlukan untuk meleburkan 400 gram es! (kalor lebur es= 336.000 J/kg)

PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Q = kalor yang diperlukan
L = kalor lebur
m = massa [kg] (perhatikan satuannya)

Quote:Original Posted By latihanmat

f = 12.5 Hz ---> periode = 1/12.5 detik (1 gelombang = 1/12.5 detik)
Dari gambar 1 periode = 8 skala, jarak puncak terdekat (kiri Q) ke titik Q 3 skala)
Jadi Q akan berada di puncak saat t = (3/8)(1/12.5) = 0.03 s



thanks before gan..
0,03 gan ? di kuncinya 0,07 nah itu dia yg ane bingung.. ane pertamanya juga dapet 0,03.. tpi kuncinya 0,07 gan emoticon-Bingung (S)

Bantu ane gan

Ane lagi di sekolah nih,
di kasih soal inih.

5x - 10y +1 = 0 gradiennya berapa?

ada yang bisa bantu jawab gak gan.
berapa ml larutan NaOH yang pH-nya 12 harus dicampurkan dengan 100ml larutan H2SO4 yang pH-nya 3 supaya pH campuran menjadi 11?

ane jawab 10,1 tapi temen ane jawab 50. yg bener yg mana ya? thankssss
Permisi, gan. Ada yang bisa bantu PR ane gak? emoticon-Cendol (S) buat yang mau bantuin.

Sebuah benda terdiri dari sebuah kerucut tanpa alas sebuah silinder. Bentuk kerucutnya memiliki jari-jari r cm serta memiliki panjang garis pelukis 10 cm. Tinggi silindernya (10 + r) cm.

a. Tentukan luas permukaan kerucut dalam sukubanyak.
b. Tentukan luas permukaan silinder dalam sukubanyak.
c. Tentukan total luas permukaan benda tersebutt dalam sukubanyak.

Terimakasih emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By fckbtch
Ane lagi di sekolah nih,
di kasih soal inih.

5x - 10y +1 = 0 gradiennya berapa?

ada yang bisa bantu jawab gak gan.

Bentuk persamaan umum dari garis lurus
y = mx + n
dimana m (koefisien x) adalah kemiringan (gradien) dari garis tersebut.
Jadi untuk soal di atas ubah saja menjadi bentuk y = mx + n.
Good luck!
Quote:Original Posted By siimisfil
Permisi, gan. Ada yang bisa bantu PR ane gak? emoticon-Cendol (S) buat yang mau bantuin.

Sebuah benda terdiri dari sebuah kerucut tanpa alas sebuah silinder .... .

Ane gak ngerti yang di garis bawah gan emoticon-Big Grin
Jadi belum bisa bantu.
Quote:Original Posted By latihanmat

Bentuk persamaan umum dari garis lurus
y = mx + n
dimana m (koefisien x) adalah kemiringan (gradien) dari garis tersebut.
Jadi untuk soal di atas ubah saja menjadi bentuk y = mx + n.
Good luck!


Oke gan.
thank's
Bertanya dong kaks....

1. Salah satu persamaan garis singgung lingkaran PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2 di titik yang berabsis 5 adalah?
Quote:Original Posted By latihanmat

Ane gak ngerti yang di garis bawah gan emoticon-Big Grin
Jadi belum bisa bantu.


Intinya kayak gini maksudnya emoticon-Smilie
PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Quote:Original Posted By JackieMoon
Bertanya dong kaks....

1. Salah satu persamaan garis singgung lingkaran PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2 di titik yang berabsis 5 adalah?


x=5 dimasukkan, didapat y=1 dan y=-17

persamaan garis singgung

x1x+y1y-3(x1+x)+8(y1+y)-12=0

(5,1) ---> 5x+y-3(5+x)-8(1+y)-12=0


(5,-17) ---> 5x-17y-3(5+x)-8(-17+y)-12=0
Quote:Original Posted By Rose22
x=5 dimasukkan, didapat y=1 dan y=-17

persamaan garis singgung

x1x+y1y-3(x1+x)+8(y1+y)-12=0

(5,1) ---> 5x+y-3(5+x)-8(1+y)-12=0


(5,-17) ---> 5x-17y-3(5+x)-8(-17+y)-12=0


Naaaah iya, gue ketemu yang y=1 & y=-17 nya, cuma bingung diapain
Oke deh kak dicoba dulu yaa
Quote:Original Posted By siimisfil
Permisi, gan. Ada yang bisa bantu PR ane gak? emoticon-Cendol (S) buat yang mau bantuin.

Sebuah benda terdiri dari sebuah kerucut tanpa alas sebuah silinder. Bentuk kerucutnya memiliki jari-jari r cm serta memiliki panjang garis pelukis 10 cm. Tinggi silindernya (10 + r) cm.

a. Tentukan luas permukaan kerucut dalam sukubanyak.
b. Tentukan luas permukaan silinder dalam sukubanyak.
c. Tentukan total luas permukaan benda tersebutt dalam sukubanyak.

Terimakasih emoticon-Smilie



Quote:Original Posted By siimisfil
Intinya kayak gini maksudnya emoticon-Smilie
PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2


masukkan saja ke rumusnya
luas permukaan kerucut=phi . rs=phi r.10

luas permukaan silinder=phi r^2+2 phi rt = phi r^2+2 phi r.(10+r)

total luas permukaan benda ---> jumlahkan saja hasil diatas
Quote:Original Posted By Rose22





masukkan saja ke rumusnya
luas permukaan kerucut=phi . rs=phi r.10

luas permukaan silinder=phi r^2+2 phi rt = phi r^2+2 phi r.(10+r)

total luas permukaan benda ---> jumlahkan saja hasil diatas


tapi dalam sukubanyak kayak mana ya, gan?
Quote:Original Posted By siimisfil


tapi dalam sukubanyak kayak mana ya, gan?


suku banyak itu sepertinya yang gini
ex, L=ar^2+br+c

r=jari jari
a, b, c=koefisien
Siang kaks... Tanya dong

1. Gerak seorang pemain sepak bola di lapangan dimulai dari titik A ke B hingga berakhir di C, ditunjukkan dengan grafik di bawah.
PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Besar perpindahan pemain sepak bola adalah…
A. 10 m
B. 13 m
C. 15 m
D. 17 m
E. 20 m

2. Grafik (v-t) berikut ini menginformasikan gerak sebuah mobil dari kondisi diam, kemudian bergerak hingga berhenti selama 8 sekon seperti terlihat pada gambar.
PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Jarak yang ditempuh mobil antara t = 0 s sampai t = 3 s adalah….
A. 80 m
B. 75 m
C. 65 m
D. 50 m
E. 45 m

Nuhun emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By JackieMoon
Siang kaks... Tanya dong

1. Gerak seorang pemain sepak bola di lapangan dimulai dari titik A ke B hingga berakhir di C, ditunjukkan dengan grafik di bawah.
PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Besar perpindahan pemain sepak bola adalah…
A. 10 m
B. 13 m
C. 15 m
D. 17 m
E. 20 m

2. Grafik (v-t) berikut ini menginformasikan gerak sebuah mobil dari kondisi diam, kemudian bergerak hingga berhenti selama 8 sekon seperti terlihat pada gambar.
PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Jarak yang ditempuh mobil antara t = 0 s sampai t = 3 s adalah….
A. 80 m
B. 75 m
C. 65 m
D. 50 m
E. 45 m

Nuhun emoticon-Malu (S)

No1
Perpindahan dihitung dari posisi awal dan akhir. Jadi gambar garis dari A ke C, lalu hitung panjangnya.

No2.
Jarak yang ditempuh = luas di bawah kurva
Jadi hitung luas yan dibatasi kurva(grafik) dan sumbu x.

Quote:Original Posted By latihanmat
No1
Perpindahan dihitung dari posisi awal dan akhir. Jadi gambar garis dari A ke C, lalu hitung panjangnya.

No2.
Jarak yang ditempuh = luas di bawah kurva
Jadi hitung luas yan dibatasi kurva(grafik) dan sumbu x.


Satu lagiii

Bola bermassa 2 kg dilontarkan dari tanah dengan laju 24 m/s. Waktu yang diperlukan bola untuk mencapai tinggi maksimum adalah....
A. 0,8 s
B. 1,2 s
C. 1,6 s
D. 2,4 s
E. 3,6 s

=====================

Pake rumus Vt = Vo-gt bisa kan ya?
Vt = 0, jadi 0 = 24-10t
10t=24, t=2.4 sekon

Benarkah?

====================

Tanya yg ini aja,

1. Diberikan dua buah pelat homogen berbentuk lingkaran disusun seperti gambar berikut.
PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2
Titik berat gabungan kedua pelat diukur dari titik O adalah...
A. 4,0 R
B. 3,0 R
C. 2,6 R
D. 2,5 R
E. 2,3 R
ada cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan plis bantu buat besok nih...


PROBLEM SOLVING - tempat bertanya PR Kaskuser (SD, SMP, SMA) - Part 2

ane gatau gan yang minus itu sisi miring apa sisi samping.. terus kenapa sisi miring tidak pernah minus?
Sebuah mikroskop memiliki lensa objektif dfengan jarak fokus = 0,9 cm. Jarak antara lensa objektif dan lensa okuler = 13 cm. Jika sebuah preparat yang panjangnya 0,04 cm disimpan 1 cm di depan lensa objektif. Tentukan letak dan panjang bayangan akhir!


katanya kalau ga ada keterangan di soal Sn = 25 cm(mata normal) tapi pas giliran soal ini katanya Sn = 25 jgan dipakai, ane bingung kenapa gitu....