Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mekensiAvatar border
TS
mekensi
begini cara bikin sound Stratocaster murah jadi Vintage
Kalo anda2 yg punya strato yg murah meriah seperti Squier tapi ingin soundnya vintage 100% seperti Stratocaster Fender yg asli tahun2 50's-60's-70's, ini sama sekali TIDAK mustahil!!!

Pertama yg harus untuk dimodifikasi yaitu TONE CAPACITOR. Banyak strato zaman sekarang pake capacitor ukuran 0.022uF, 0.033uF, atau 0.047uF, jangan salah...capacitor itu sangat ngaruh untuk tone, walaupun knob tonenya diset full 10, tetap aja akan ngaruh. James Hetfield gitaris Metallica pernah bilang ngapain pake tone control gak ada gunanya dsb, begitu juga EVH. Gitaris pemakai strato, banyak yg gak pernah utak atik tone controlnya dan itu gak masalah, sbab walaupun tonenya diset di full 10, itu TIDAK AKAN SAMA seperti gitar yang gak pake tone control sama sekali sbab capacitornya sangat "berbicara" terhadap tone!

EVH, Hetfield, dsb gitar2 mereka malah ngandalin sound dari pickup aja. Gak salah sih, selera....

Capacitor yg ada di Stratocaster tahun 1950an dan 1960an, itu pake 0.1uF, tahun 1970an itu pake 0.05uF (0.047uF kalo gak dapet
ukurannya...)

Jadi buat anda2 yg sering ngeluh "pickupnya kali ya yg gak dapet"..."kayu body kali ya"..., "necknya kali ya"....

Itu ngaruh juga...tapi bukan itu aja, sbab capacitor juga sangat ngaruh.

Jadi kalo anda2 yg punya strato yg murah, ganti aja capacitornya pake ukuran yg udah saya cantum diatas tinggal pilih aja mau yg mana. udah deh kelar!

Yg kedua, yaitu GROUNDING. Zaman sekarang potensio ke potensio ke potensio tuh di grounding (vol ke tone ke tone). zaman dulu GAK PAKE.
Makin ada banyak grounding, tone makin gak bakalan murni. Orang2 Indonesia sering ngeluh dgn NOISE,...ingat, kalo anda2 yg ingin yg vintage2, udah pasti gitar2 vintage tuh cenderung noise, tapi noisenya juga gak terlalu ngeganggu koq. Noise juga adalah bagian dari seni, apalagi di lapangan blues dan rock zaman dulu, denger aja Jimi Hendrix. Jadi noise itu gak perlu dimusuhi, noise ada banyak positifnya dan enaknya, misalnya...bisa ambil feedback dgn mudah, tone transparan tanpa ada yg "memblokir", dan juga lebih VINTAGE!!! Kalo menurut saya pribadi pickup2 noiseless itu buat gitaris2 yg demen ngiringin si penyanyi, terutama buat pop. Kalo mau ngiringin KRISDAYANTI silahkan pake noiseless. Ntar bakal ada yg bilang "lho eric clapton aja pake noiseless"....jawabnya mudah...clapton skrg lagu2nya pop semua, dulu gak ada cerita dia pake noiseless!

Juga di belakang body yg ada per, itu ada kabel ground yg nyambung ke ground potensio atau ke ground input jack. terserah mau yg mana. cuma kalo bagi anda2 yg peduli dgn kedetilan dan kepersisan, tahun 1954-1963, kabel ground dari per nyambung ke ground input jack, tahun 1964-skrg nyambung ke potensio.

Yg ketiga yaitu pickup, pake pickup apa aja terserah asal jangan yg ceramic, pake yg alnico. (SINGLE COIL). KENAPA SAYA BILANG TERSERAH SBAB TIPE PICKUP ITU SELERA MASING2, ada yg suka texas special, ada yg suka 50's pickups fender, ada yg suka custom 69, dsb....semua pickup2 itu bagus semua!

Tinggal mana yg cocok, mana yg pantes untuk dimodif, dan harus dgn cara yg cocok! Baru semua ketauan ada MOJOnya masing2!!

kalo pickup neck atau bridge lu pake buat dijadikan pickup middle, ada kemungkinan gak akan cocok soundnya dan akan terdengar TIPIS TIPIS TIPIS BANGET seperti bunyi gitar di colok ke walkman sbab terjadinya out of phase, TAPI BISA DIAKALIN DAN INI SANGAT ALAMIAH.

kalo sampe terjadi out of phase, tukar aja posisi kabel dari pickup neck, middle, atau yg bridge. jadi artinya kabel pickup single coil kan ada 2 kabel, nah...kabel yg seharusnya ke ground jadinya ke hot, dan kabel yg ke hot jadinya ke ground. tergantung pickup yg mana yg kena out of phasenya, kalo misalnya yg kena out of phasenya tuh posisi
2 (kombinasi bridge dan middle) yg mesti ditukar posisi kabel pickupnya tuh bisa yg bridge atau yg middle sbab kita gak tau pickup yg mana yg "bandel" . kalo posisi 4 yg kena batunya (neck dan middle) yg mesti ditukar posisi kabel pickupnya tuh yg neck atau yg middle.
jadi ini seperti main judi juga, gambling kita jadinya kalo udah begini, tapi mesti sabar sampe kita cari titik temunya.

tapi ada kemungkinan juga si middle akan minta "cerai" dgn si pickup neck dan yg bridge, jadi dua2nya diceraiin. kalo posisi 4 dan 2 terjadi out of phase berarti kabel yg mesti ditukar posisinya itu pickup yg neck dan bridge juga, yg middle gak usah diapa2in. atau bisa juga neck dan bridge gak usah diapa2in tapi yg ditukar posisi kabelnya tuh yg middle, sbab kita gak pernah tau pickup yg mana yg mau minta cerai. gamblingnya disini nih...!!!!!!!!! posisi 5 (neck), 1 (bridge), dan 3 (middle) udah pasti gak akan ada out of phase sbab pickup2 ini bekerja dgn sendiri dgn posisinya masing2 yaitu posisi 1,3, atau 5.

ada 2 cara untuk mengawinkan mereka hingga pickup2 ini bisa bahagia selama2nya.....bisa aja yg middle yg gak usah diapa2in kabelnya, yg mesti ditukar posisi kabelnya itu yg neck dan yg bridge WALAUPUN posisi 1 dan 5 (neck atau bridge) gak out of phase. kalo udah ditukar, posisi 1 dan 5 akan tetap baik2 aja (gak akan out of phase) sbab udah damai dgn si pickup middle. kalo ini gak efektif juga, berarti yg minta cerai tuh si neck dan bridge, jadi yg mesti ditukar posisinya tuh kabel pickup si middle WALAUPUN si middle gak out of phase. si middle ada masalah dgn dirinya, sepertinya sakit jiwa. kalo udah ditukar posisi kabelnya akan tetap baik2 aja (gak akan out of phase) sbab udah damai dgn si neck dan bridge.

bisa juga loh posisi 1,3 dan 5 yg out of phase, kalo ini terjadi, berarti semuanya gak mau damai dengan keadaan mereka sendiri. tapi kalo ini terjadi udah otomatis posisi 2 dan 4 akan baik2 aja sbab si pickup gak mau "sendirian", solusinya tukar aja posisi kable si neck, si middle dan si bridge WALAUPUN POSISI 2 dan 4 gak out of phase, kalo udah ditukar, posis 2 dan 4 akan tetap baik2 aja sbab udah damai dgn SEMUA pickup. gambling lagi jadinya kan...????? tapi seru koq, asik!

juga bisa aja posisi 1 atau 3 atau 5 yg out of phase, ini betul2 mesti konsentrasi, bisa si neck yg ditukar, bisa si middle, dan bisa si bridge, pokoknya kalian semua siapa aja yg baca post gue yg satu ini PASTI ngerti dan bisa cari "pintu exit"nya alias solusi utk mengobati si pickup2 tersebut yg kena "kanker" out of phase...ok guys!

tapi kalo lu pake pickup yg udah seragam semua (yg memang udah
pasangannya) seperti fender texas special set of 3, perjudian gini2an udah gak usah dipusingin lagi. yg ke ground jadilah ke ground, yg ke hot jadilah ke hot.

GROUND:
3 BUAH KABEL GROUND DARI PICKUP NYAMBUNG KE GROUND POTENSIO VOLUME.

1 BUAH KABEL GROUND DARI GROUND INPUT JACK NYAMBUNG KE POTENSIO VOLUME ATAU POTENSIO TONE PALING UJUNG. GAK ADA MASALAH DAN TONE GAK NGARUH!

1 BUAH KABEL GROUND DARI GROUND INPUT JACK NYAMBUNG KE GROUND PER BODY BELAKANG

ITU AJA GROUNDING2NYA UNTUK HASIL VINTAGE STRATOCASTER.

CAPACITOR:
UTK TAHUN 50/60AN PAKE 0.1uF, TAHUN 70AN PAKE 0.05uF.

POTENSIO:
POTENSIO HARUS PAKE 250KA, JANGAN PAKE 250KB. A ITU LOGARITHMIC, B ITU LINEAR. STRATOCASTER HARUS PAKE 250KA. BANYAK SQUIER PAKE 500KB/KA...MAKANYA SQUIER SOUNDNYA GAK MAKSIMAL.

PICKUP:
PICKUP HARUS ALNICO.

potensio yg bagus tuh fender sbab buatan CTS, dan mereka berdua masih kerjasama.

atau kalo memang urgent banget, beli aja alpha yg linear sbab potensio linear bisa di akalin utk menjadi logarithmic...caranya:

misalnya yg dibutuh 250KA, tapi yg ada 250KB, caranya pasang resistor di kaki 1 dan 2.

rumusnya tuh dikalikan 0.147 (thanks to dogie for the "free" knowledge) jadi 250 X 0.147 = 36.75Kohm....tapi gak ada nilai seperti ini di ukuran resistor, pilih aja nilai resistor yg paling deket dengan nilai 36.75Kohm.

ada 2 pilihan, bisa pake 36Kohm atau 39Kohm.....pilih aja salah satu, 36Kohm sepertinya lebih deket, 39Kohm deket juga cuma mungkin gak setepat 36Kohm.

kalo udah beres, potensio anda udah menjadi logarithmic!


(TULISAN INI COPAS DARI gitaris . com , tapi udah ane praktekkan di squier ane dan sukses)
0
32.4K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan