Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Qboel89Avatar border
TS
Qboel89
Gan Cobain Aplikasi Android Buatan Ane
Misi mimin dan momod sekalian, ijin buat thread ya...
Selamat siang agan2 sekalian, siang ini ane pengen share aplikasi android buatan ane. aplikasi ini sebenernya project skripsi ane tentang mengenalkan alat musik tradisional lampung menggunakan media mobile android. alat musik yang dimaksud adalah Gamolan. Mungkin agan2 mengira ini sama seperti gamelan yang berasal dari jawa karena secara kata hampir sama. Tetapi alat musik ini bukan seperti gamelan yang ada di jawa ataupun bali.
Spoiler for Gamolan:

Gamolan merupakan alat musik tradisional asli Lampung atau lebih tepatnya berasal dari Lampung Barat. Gamolan keberadaannya telah ada ribuan tahun yang lalu. Setidaknya sampai tahun 1983 ketika Prof. Margaret J Kartomi mengadakan penelitian mengenai instrumen tersebut, ia hanya mencantumkan istilah gamolan untuk menyebutkan instrumen ini seperti yang ditulis dalam bukunya Musical Instruments Of Indonesia yang diterbitkan Indonesian Art Society Association with The Department of Music Monash University, tahun 1985. Dia menyebutkan bahwa gamolan berasal dari Liwa, daerah pegunungan di bagian barat Lampung, "A Gamolan origin from Liwa in the montainous nortwest area of Lampung.” (Margaret J katomi, 1985, 31-32). gamolan merupakan alat musik pentatonis yang terbuat dari bambu yang memiliki 7 buah bilah nada. susunan nadanya adalah 1-2-3-5-6-7-1 (nada 4/fa tidak ada).

kenapa ane ngambil materi tentang gamolan ini? jawabannya adalah karena alat musik ini (gamolan) belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang alat musik ini. terus terang ane sendiri baru tau kalo di lampung ada alat musik ini, itu aja di semester2 akhir emoticon-Cape d... (S). oleh karena itu ane berinisiatif membuat aplikasi virtual yang berjalan di android tentang alat musik ini. berikut ini adalah penampakan2 dari aplikasi yang ane buat.
Spoiler for Gamolan:

Spoiler for Gamolan:

Spoiler for Gamolan:

aplikasi yang ane buat ini masih sederhana, maklum ane juga baru belajar Android. walaupun sederhana aplikasi ini pernah dipentasin dalam acara Pekan Informasi Daerah (PID) yang diselenggarakan oleh DISKOMINFO Lampung. beritanya bisa agan lihat disini.
dalam aplikasi virtual gamolan ini agan2 bisa memainkan virtual gamolan layaknya gamolan yang asli, melihat galeri berupa foto2 yang berhubungan dengan gamolan dan pastinya melihat informasi apa itu gamolan.

Dalam penelitian dan pembuatan aplikasi ini ane mengalami banyak kendala, misalnya sangat sedikitnya buku/artikel tertulis mengenai gamolan dan juga peralatan pembuatan aplikasi yang terbatas, membuat aplikasi yang ane buat masih sangat sederhana. tapi aplikasi ini akan ane sempurnain terus.

Untuk agan-agan yang berminat agan2 bisa download aplikasinya disini. Agan-agan tinggal download aplikasinya sesuai dengan ukuran layar Android yang agan punya. Aplikasi yang ane buat ini belum ane upload di google play karena ane belum punya CC (Credit Card) untuk membayar pendaftaran akun sebesar $25 emoticon-Sorry

Ayo kita sama-sama melestarikan kebudayaan asli Indonesia dengan cara yang kita bisa emoticon-I Love Indonesia
ada yang pernah liat beritanya..
Quote:

TS berharap emoticon-Blue Guy Cendol (L), emoticon-Rate 5 Star dan jangan lupa ninggalin jejak emoticon-Paw emoticon-Paw ane jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya...
Diubah oleh Qboel89 23-01-2013 08:19
0
7.3K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan