Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bacon89Avatar border
TS
bacon89
Apa itu banjir?
NO emoticon-Repost (S)

Bantu Rate ya gan emoticon-Rate 5 Star
=================================================
Di awal tahun 2013 ini Jakarta dan Kota sekitarnya mulai dipenuhi oleh air bah. Entah siapa yg salah, yuk mari kita cari tau apa sih banjir itu sebenarnya... cekidot gan..

Asal Usul Banjir



Banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat. Banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat hujan besar, peluapan air sungai, atau pecahnya bendungan sungai.



Di banyak daerah yang gersang di dunia, tanahnya mempunyai daya serapan air yang buruk, atau jumlah curah hujan melebihi kemampuan tanah untuk menyerap air. Ketika hujan turun, yang kadang terjadi adalah banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air kering dengan air. Banjir semacam ini disebut banjir bandang.

Penyebab utama



Hujan muson dapat mengakibatkan banjir besar di negara-negara yang terletak di dekat khatulistiwa seperti Bangladesh, karena panjangnya musim hujan di sana.
Badai juga dapat menyebabkan banjir melalui beberapa cara, di antaranya melalui ombak besar yang tingginya bisa mencapai 8 meter. Selain itu badai juga adanya presipitasi yang dikaitkan dengan peristiwa badai. Mata badai mempunyai tekanan yang sangat rendah, jadi ketinggian laut dapat naik beberapa meter pada mata guntur. Banjir pesisir seperti ini sering terjadi di Bangladesh.



Gempa bumi dasar laut maupun letusan pulau gunung berapi yang membentuk kawah (seperti Thera atau Krakatau) dapat memicu terjadinya gelombang besar yang disebut tsunami yang menyebabkan banjir pada daerah pesisir pantai.


Banjir besar pada masa prasejarah

Pada masa prasejarah, beberapa banjir besar diperkirakan pernah terjadi berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan, termasuk:

  • Pembanjiran Laut Mediterania (Laut Tengah) sekitar 6 juta tahun lalu. Sebelumnya ia merupakan sebuah padang pasir setelah pergerakan kontinental telah menutup Selat Gibraltar (antara 8 atau 5.5 juta tahun lalu).
  • Penbanjiran Laut Hitam yang disebabkan meningkatnya ketinggian Laut Mediterania seiring berakhirnya zaman es terkhir (sekitar 5600 SM).
  • Seiring berakhirnya zaman es di Amerika Utara, sebuah banjir besar terjadi karena pecahnya bendungan es yang menahan Danau Agassiz.
  • Banjir Missoula di Washington, juga karena pecahnya bendungan es.




SUMBER emoticon-Blue Guy Cendol (L)
SUMBER FOTO: OM GUGLE
================================================
Ternyata banjir itu sudah terjadi sejak jaman pra-sejarah ya. Padahal jaman dulu kan belum ada gedung yg pesat, belum ada rakyat yg membeludak, belum banyak sampah yg berserakan.

Di sini sih TS cuma mau ingetin aja, ga perlu kita saling tunjuk2an siapa yg salah.. Jujur aja di sini TS yg salah kok, TS cuma bisa bikin thread gini bukannya nolongin orang yg kebanjiran..
emoticon-Berduka (S)

Untuk laporan banjirnya silahkan mampir di mari gan >> http://www.kaskus.co.id/thread/50f76...74b47b68000009
0
5.9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan