look.antonAvatar border
TS
look.anton
Buat Yang Susah Tidur, Masuk Sini Gan.
Maaf gan kalo ane emoticon-Blue Repost
Maklum gan ane masih newbie.


Penyakit insomnia merupakan penyakit gangguan tidur atau susah tidur yang sering melanda banyak orang, khususnya di zaman serba canggih. Orang-orang jadi tidak memerhatikan pentingnya tidur padahal ada kesempatan. Insomnia berupa kesulitan seseorang untuk tidur dan mempertahankan tidurnya yang diikuti oleh gangguan fungsional pada saat bangun. Insomnia bisa disebabkan oleh suatu penyakit ataupun permasalah psikologis yang menyebabkan seseorang sulit untuk memejamkan mata. Hal ini malah membuat mereka yang menderita insomnia beralih ke obat tidur dan zat penenang yang akhirnya malah mengakibatkan ketergantungan.
Untuk mendiagnosis penyakit insomnia sendiri tidak hanya dilihat apakah si penderita rutin tidur tepat waktu atau tidak. Padahal gejala tersebut mungkin hanya bagian dari sindrom fase tidur tertunda. Beberapa hal yang dinilai ketika dokter melakukan diagnosis mencakup:
Pola tidur
Apakah ada pemakaian obat-obatan terlarang
Tingkat stres psikis penderita
Riwayat medis
Aktivitas fisik yang dilakoni
Penyebab Penyakit Insomnia
Penyakit insomnia sendiri sebenarnya tidak cocok disebut penyakit melainkan gejala karena adanya beberapa kelainan seperti kelainan emosional, fisik serta pemakaian obat-obatan. Namun, berikut rangkuman penyebab insomnia :
Pola tidur yang tidak tetap misalnya karena jadwal kerja yang berubah-ubah. Padahal penting bagi setiap orang untuk memiliki jadwal tidur dan bangun yang tetap setiap harinya.
 Mengonsumsi makana yang terlalu berat pada saat mendekati jam tidur, padahal tubuh mesti harus menyelesaikan proses pencernaan terlebih dahulu.
Terlalu lama beristirahat pada siang hari sehingga malam hari kita mengalami kesulitan untuk tidur.
Rokok dan kafein. Nikotin dapat mempercepat detak jantung dan denyut nadi serta darah yang mengalir lebih cepat. Begitu juga dengan kafein. Anda pun tidak bisa tidur karenanya.
Kurang berolahraga.
Jetlag yakni berpindah dari tempat yang memiliki jam berbeda seperti mereka yang bepergian dari bagian timur dunia ke belahan barat.
Diharuskan bekerja pada malam hari sehingga tubuh menjadi terbiasa untuk begadang.
Terjadi kerusakan pada otak seperti penyakit Alzheimer, stroke dan ensefalitis.
Tahukah Anda bahwa penyakit insomnia bahkan dapat berakibat kematian? Survey yang dilakukan oleh American Cancer Society menemukan data bahwa mereka yang tidur sekitar 7 jam pada malam hari punya tingkat kematian yang lebih rendah. Sedangkan mereka yang kurang tidur yakni kurang dari 6 jam, dan bahkan berlebihan tidur yakni lebih dari 8 jam memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi. Namun, penggunaan pil tidur supaya dapat tidur pada malam hari juga dapat berisiko tinggi mengakibatkan kematian!
Pengobatan Penyakit Insomnia
Untuk mengatasi penyakit insomnia bergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa cara mengatasi insomnia :
Penderita insomnia sebaiknya bersikap tenang dan membuat suasana kamar tidur senyaman mungkin disertai cahaya lampu yang redup dan tidak berisik supaya dapat tidur.
Jika karena stres tidak bisa tidur maka boleh diberikan obat penghilang stres, atau bagi mereka yang mengalami depresi bisa diberikan obat anti-depresi.
Bagi mereka yang merasa sehat-sehat saja namun tidak bisa tidur maka dapat diberikan obat tidur untuk sementara waktu.
Terapi hipnosis / hipnoterapi bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia tanpa penggunaan obat-obatan.
Untuk membuat diri Anda senyaman mungkin agar bisa tidur, Anda dapat mencoba beberapa hal berikut ini:
Menerima pijatan pada seluruh badan untuk menghilangkan ketegangan pada tubuh.
Mandi air hangat yang dicampurkan dengan minyak alami jasmine, lavender, chamomile, mawar dan lemon balm. Kemudian bisa juga meneteskannya pada sapu tangan dan ditempatkan di bawah bantal.
Untuk mengatasi penyakit insomnia memang tidak mudah namun dapat dibiasakan. Oleh karena itu, jangan menyerah!

Sekian Thread dari ane gan, semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. emoticon-Kiss
0
2.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan