Adiwena91Avatar border
TS
Adiwena91
Sekilas Tentang Perak Bakar
Ni gan ane punya sedikit pengetahuan tentang perak yang pengen ane share.
Seperti yang kita tahu, perak kebanyakan berwarna putih mengkilap (atau warna perak pada umunya lah,hehehe), tapi perak juga bisa dibuat menjadi hitam. Hitam yang dihasilkan ini bukan hasil pewarnaan, tapi hasil dari oksidasi perak itu sendiri sehingga berwarna hitam.
Masyarakat sering mendengar dan juga sering mengucapkan kata ini: “Perak Bakar”. Aksesoris ini belakangan sangat banyak dicari penggemar perhiasan. Jenis kerajinan perak ini berwarna hitam seperti bekas dibakar sehingga banyak orang menyebutnya perak bakar. Ini adalah salah kaprah yang ada di masyarakat kita. Bahkan orang asing pun (orang Belanda) sering menyebutnya “ Gebrant Zilver ”, yang artinya juga perak bakar. Sama-sama salah kaprah..

Perak bakar bukanlah perak yang dibakar hingga gosong. Perak bakar dan perak putih yang mengkilap itu sama saja. Sebenarnya perak yang hitam itu bukan karena proses pembakaran melainkan sengaja dibuat hitam dengan campuran bahan kimia yang berbahan dasar Sulfur/belerang. Dikalangan pengerajin perak, istilahnya adalah di-oxide. Karena sebenarnya semua jenis kerajinan perak baik yang hitam ataupun yang putih mengkilap mengalami proses pembakaran yaitu proses pemanasan ataupun pematrian sehingga di sini jelas sekali kalau proses pembakaran tidak ditujukan untuk membuat perak menjadi hitam.

Ni gan contoh perak bakar




0
10.1K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan