Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atubAvatar border
TS
atub
Rusuh, Katolik lawan Protestan di Irlandia Utara


Konflik Sektarian Kembali Memanas di Irlandia Utara

Konflik kembali terjadi antara warga Katolik dan Protestan di Irlandia Utara. Konflik tersebut dipicu oleh keputusan pemerintah lokal Irlandia Utara yang ingin membatasi waktu pengibaran bendera Inggris Raya.

Saat ini pemerintahan di Irlandia Utara dikuasai warga Katolik yang ingin memisahkan diri dari Inggris Raya. Sedangkan warga Protestan menginginkan Irlandia Utara tetap menjadi bagian wilayah dari Inggris Raya.

Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh pemerintah Irlandia Utara sejak bulan lalu, namun pelaksanaannya baru dilakukan Rabu (9/1/2013) kemarin ketika bendera Inggris Raya di Balai Kota mulai satu per satu diturunkan.

Keputusan untuk membatasi waktu pengibaran bendera Inggris Raya tersebut dianggap sebagai bentuk provokasi warga Katolik kepada wargaProtestan. Para warga Protestan pun melakukan kerusuhan sosial selama sebulan kebelakang sebagai bentuk protes, seperti diberitakan Associated Press, Kamis (10/1/2013).

Pihak kepolisian Irlandia Utara menyebutkan sekitar 66 warga terluka akibat aksi kerusuhan tersebut. Polisi juga telah menangkap sekitar 100 orang yang dituduh ikut serta dalam aksi kerusuhan.

“Pembatasan Pengibaran bendera merupakan titik baliknya, semua frustasi yang dimiliki oleh kelompok Protestan akhirnya berubah menjadi kemarahan karena kebijakan tersebut,” ujar Mike Nesbitt, tokoh Protestan Irlandia Utara.

Irlandia Utara sendiri menjadi wilayah Inggris Raya pada tahun 1922 silam. Inggris saat itu merancang Irlandia Utara sebagai wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Protestan, namun saat ini kondisi berbalik dan warga Katolik pun berhasil menguasai pemerintahan.

sumber

semoga cepet damai dan sejahtera
emoticon-No Sara Please
0
10.5K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan