peyotpetotAvatar border
TS
peyotpetot
Dua orang yang paling bertanggungjawab terhadap kebesaran dan kehancuran Roma
Dua orang yang paling bertanggungjawab terhadap kebesaran dan kehancuran Roma

1. Gaius Marius

Sumbangsih: melakukan reformasi perekrutan prajurit ketika Roma mengalami kelangkaan calon prajurit.

Sebelum Marius, prajurit Roma hanya boleh berasal dari kaum bangsawan yang punya tanah luas dan mampu membeli sendiri senjata yang dipakai. Masalahnya, jumlah orang semacam itu makin menurun, terutama karena tanahnya dijual istri sewaktu lakinya bertugas di medan tempur. Puncaknya adalah ketika Marius menjadi konsul (yang salah satu tugasnya adalah menjadi panglima perang) tapi tidak punya calon prajurit untuk dipimpin.

Kelalaian: para jenderal jadi tergoda untuk menggunakan para prajurit itu untuk meraih ambisi politik.

Salah satu poin reformasi Marius adalah uang dan tanah yang didapat waktu pensiun menjadi tanggung jawab pimpinan pasukan. Tanggung jawab para jendral itu untuk melobi senat agar bisa mendapatkan uang yang cukup dan tanah yang baik. Akibatnya, loyalitas tentara lebih pada jenderalnya, bukan kepada senat atau negara.

Bahkan pada masa hidup Marius, dampak buruk itu sudah tampak dengan mulai maraknya perang saudara yang dilancarkan oleh para jenderal yang tidak puas dengan berbagai keputusan senat. Marius sendiri sempat menjadi korban dari perang saudara.

Sejarah Roma selanjutnya tak pernah lepas dari perang saudara pada tiap generasinya.

2. Augustus Caesar

Sumbangsih: berhasil mempersatukan Roma di bawah kekaisaran dan paling tidak sejak ditumpasnya pemberontakan Marcus Antonius, tidak ada lagi yang berani bikin perang saudara selama beberapa generasi.

Sebelum Augustus menjadi kaisar, setiap generasi pasti terjadi perang saudara, mulai dari Marius, Sulla, Julius Caesar, Pompey, Marcus Antonius. Augustus berhasil menang dalam perang saudara terakhir, dan untuk menjaga kedamaian maka ia menjadi kaisar yang tidak harus dipilih tiap dua tahun seperti jabatan consul. Anehnya lagi, jabatan kaisar atau imperator sebenarnya lebih rendah dari consul. Tapi siapa berani menentang orang yang mengepalai prajurit seluruh negeri.

Kelalaian: tidak adanya aturan yang jelas mengenai suksesi menyebabkan Roma terancam perang saudara setiap pergantian kaisar.

Sebagai diktator, Augustus cukup licin. Ia tahu bahwa rakyat dan senat Roma membenci sistem kerajaan. Bahkan Julius Caesar dibunuh ramai-ramai karena ia dianggap mau naik tahta menjadi raja. Maka ia berpura-pura tidak mau jadi raja, tapi cuma menjadi imperator. Bahkan kursi consul juga dia tolak.

Tentu saja dengan siasat pedang di balik punggung semacam itu, senat Roma menjadi bingung. Akhirnya mereka menawari Augustus jabatan baru, yaitu Princep, atau warga negara utama, yang salah satu haknya adalah boleh ngomong apa saja di depan senat dan harus disimak oleh senat. Sedangkan posisi imperator lama-kelamaan menjadi sinonim dengan kekuasaan sesungguhnya. Dan karena Augustus hidup cukup lama, maka kedua jabatan itulah yang akhirnya diperebutkan oleh setiap orang ambisius sesudahnya.

Selanjutnya, sebagai diktator, Augustus tidak pernah mau membuat aturan suksesi, karena khawatir dimanfaatkan untuk secara legal menggulingkan dia sendiri. Maka sebagai gantinya ia membuat tradisi, yaitu menunjuk ahli waris. Namanya ahli waris, ya terserah yang mewariskan mau menunjuk siapa. Jadi aman.

Masalahnya kemudian timbul beberapa generasi sesudah Augustus, ketika kaisar masih terlalu muda atau mati ketika baru menjabat, dan tidak sempat menunjuk ahli waris. Bahkan Augustus juga sempat mendapat masalah dengan ahli waris yang umurnya kalah panjang dibanding dirinya.

Lebih buruk lagi, karena kedudukan ahli waris itu cuma tradisi, banyak jenderal ambisius yang menganggap boleh-boleh saja mendongkel seorang kaisar dengan cara merayu senat dan, yang paling penting, para prajurit yang dipimpinnya.

Sejarah Roma selanjutnya menunjukkan bahwa 90% lebih para kaisarnya mati terbunuh.
0
11.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan