Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andriy.chaevAvatar border
TS
andriy.chaev
Apa Yang Agan lakukan Saat Anak Agan Lahir
klo berkenan kasih




Istri ane udah mau 7 bulan gan, ini anak pertama ane. Udah USG dede nya cowok ternyata, lagi dag dig dug mau jadi ayah ini. Lagi mempersiapkan dan baca sana sini ehh nemu artikel yang cukup bagus. Siapa tau Ada agan yang lagi nungguin kelahiran juga. Ane beragama Islam, maaf buat agan2 yang beda keyakinan, ngga ada niat emoticon-No Sara Pleaseemoticon-Kiss
langsung aja ya gan, rasa syukur memperoleh Keturunan hendaknya juga dirasakan oleh siapa saja yang mendengarkan berita kelahiran sang jabang bayi. Ini adalah Hal-hal yang sebaiknya agan lakukan di saat anak agan lahir :

1. Bersedekah.
Dengan memberikan sedekah bisa menjadi bentuk perwujudan turut berbahagia dan bersyukur atas kelahiran seorang anak yang dilakukan oleh orang tuanya. Bersyukur tidak hanya diucapkan di bibir saja, namun harusnya dengan perbuatan.
#bersedekah sama orang yang terdekat sama yang membutuhkan yang ada disekitar dulu aja gan, lebih bermanfaat emoticon-Malu (S)

2. Mendoakan.
Doa yang tepat diucapkan adalah,
"Burika fil mauhub, wa syakartal wahib, wa bulligha asyhadu, wa ruzikta birrahu."
Artinya:
Semoga Allah memberi barokah di atas anak itu dan hendaklah engkau mensyukuri, semoga anak itu dewasa dan kuat, serta engkau (bayi) mendapat ketaatannya.
# doa buat calon penerus kita gan, biar jadi anak yang baik dan berbakti sama orang tua emoticon-Peluk

3. Azan dan Iqomah.
Bagi orang tua pertama dan sunnah dilakukan ketika bayi baru lahir adalah dengan membacakan azan di telinga kanan bayi dan iqomah di telinga kiri bayi.
#walaupun belum ngerti, dia pasti denger gan emoticon-Sundul Gan (S)

Hikmah dari azan dan iqomah tersebut adalah supaya kalimah pertama yang didengar oleh bayi adalah kalimah-kalimah yang mengandung kebesaran dan keagunagn Allah SWT.
Juga sebagai jalan mengajarkan kepada si bayi tentang syiar islam di awal keberadaannya di dunia.

4. Mengoleskan sesuatu yang Manis di Mulut Bayi.
Setelah dibacakan azan dan iqomah, sunnah untuk mengoleskan sesuatu yang manis di mulut bayi, tepatnya di langit-langit mulut bayi. Misalnya madu atau kunyahan kurma.
# mungkin biar mulai merasakan manis nya dunia ya gan emoticon-Ngakak

5. Melaksanakan Aqiqah.
Setelah hari ke 7 kelahiran si jabang bayi, disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW kepada cucunya, Hasan dan Husein.
Aqiqah dilakukan dengan cara menyembelih dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan.
Syarat hewan yang disembelih sama dengan syarat hewan untuk berkurban.
Namun, pelaksanan aqiqah ini tidak harus pada hari ke tujuh kelahiran si bayi. Menurut sebagian ulama, aqiqah masih boleh dilakukan lain waktu selama anak belum akil baligh.
# uangkapan syukur gan, dikasih rezeki yang tak ternilai emoticon-Malu (S)

6. Mencukur Rambut.
Pada saat tujuh hari kelahiran bayi, juga disunnahkan untuk memotong rambut si bayi. Hal ini sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasululah SAW ketika cucunya Hasan dan Husain lahir. Beliau memerintahkan untuk memotong rambut dan menimbangnya ukuran perak, kemudian disedekahkan kepada fakir miskin.
# untuk menghilangkan rambut2 kotor kali ya gan, biar bersih dia nya emoticon-Malu (S)

7. Memberi Nama yang Baik.
Kewajiban orang tua lainnya adalah dengan memberikan nama yang baik kepada anaknya. Karena nama merupakan doa dan sebuah harapan dari orang tua.
# nah ini neiy, masih terjadi debat yang panjang ama bini ane masalah pemberian nama emoticon-Ngakak , klo agan mau saran ane tampung buat referensi ane plus bahan debat ama bini ane emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)

klo agan tidak keberatan,
ane ngga nolak klo dikasih


sumber
Diubah oleh andriy.chaev 10-01-2013 07:02
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.3K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan