CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015879450/holy-anda-bertanya-muslim-menjawab---part--26

[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 26

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 689 dari 1536
salaam emoticon-Smilie

Quote:


1 karena terdapat hak orang lain dari sebagian harta yg dimiliki oleh kita, sehingga yg "bersih" menjadi bagian pribadi, yg "kotor" adalah yg tamak.

2 uang tidak bernilai "haram" tapi kelakuan manusia yg "haram" ... jika seorang pencuri kelaparan, beli mie ayam, sedangkan tukang mie tidak tahu latar belakang pembeli nya, uang transaksi tidak bernilai haram bagi tukang mie, sejauh dia melakukan aktivitas halal.

3 tindakan melawan hukum seseorang tidak melekat pada harta yg dihasilkan, tapi melekat sebagai tanggungjawab pada orang tersebut. jika dia bershadaqah, kewajiban dia atas kejahatan yg dilakukan tidak menghilang.

uang tidak memiliki dosa ... namun manusia sering bertindak keji emoticon-Embarrassment

wallahualam.
Quote:

ghulam ahmad imam mahdi apa nabi ?
makanya ahmadiyah masih merasa islam..




Salam

Apa kabar saudaraku semuanya?

Lama gak maen kesini emoticon-Smilie
tanya gan..:
di alquran di blg hati itu sifatnya bisa di bolak balik
keimanan naik turun
bagaimana kl misalnya ada agnostik atau imanannya kpd tuhan tipis banget.. tp tetep commit untuk stay di agamanya, tetep ibadah
kira2 gimana tuh?
Quote:


baik gan..
penghuni sini udah pd tidur semua. besok lg dateng emoticon-Smilie
Agnostik itu ya kafir, keimanannya minus,bisa naik turun minusnya.
Quote:


Quote:

Agnostik itu kafir
Quote:

kl gak salah di alquran dibilang ya hati yg terbolak-balik? tp lupa tentang apa -_-
Quote:

Oh itu maksudnya perpindahan dr kafir ke muslim, atau sebaliknya dr muslim ke kagir.makany tiap sholat kita baca al fatihah, untuk mohon pf Allah spy selalu ditunjuki jalan ygblurus, selalu dalam hidayah keislaman sampai mati.
Quote:


Ok amin gan ..
Allah memahami manusia memang membutuhkan petunjuk itu (sampe disuruh berdoa itu 17x/hari)
Allah jg paham banyak diluar sana imannya masih ga jelas..yg penting berdoa
---
btw Kafir,
Artinya tertutup hatinya atau menutup hatinya?
Tertutup -> kehendak Allah
Menutup -> kehendak manusia

Terus,
Kl misal ada redaksinya di ayat, seperti apa?
Kami menutup hatinya
Atau
Aku (Allah) menutup hatinya?
Tertutup hatinya, sesuai pilihannya yg dikabulkan Allah, shg Allah tutup hatinya dari kmampuan melihat kebenaran. Yg surga ddikira neraka, neraka justru dikira surga, yg salah dilihat sbg benar, dan kebenaran malaj dikira salah. Hanya Allah yg mampu menutup hati manusia, sesuai pilihannya masing masing.
Quote:


Apa definisi dari seorang mahdi? apa definisi dari seorang nabi dan rasul?

bila seorang mengatakan bahwa ia mendapatkan wahyu dari Allah, bukankah ia bisa dikatakan seorang nabi atau rasul?

Telah bersabda Rasulullah s.a.w, "Akan dibaiat seorang laki-laki antara maqam Ibrahim dengan sudut Kaabah." (HR. Ahmad, Abu Dawud)

Telah bersabda Rasulullah s.a.w, "Suatu pasukan dari umatku akan datang dari arah negeri Syam ke Baitullah (Kaabah) untuk mengejar seorang laki-laki yang akan dijaga Allah dari mereka." (HR. Ahmad)

Diubah oleh k.pingitan72
Ahmadiyah itu ada 2 jenis, yg msh dlm koridor Islam, berkitabsuci quran dan mengakui nabi Muhammad sbg nabi terakhir, dan yg sdh pakai kitab baru bukan quran, yg sdh bukn Islam lg.
Quote:


sejauh yang aku baca..gak pernaha nemu redaksi adam mengucapkan Muhammaddarusulullah
tapi mungkin akunya saja yang belum tau

tapi pemahaman aku sejauh ini..tidak pernah disebutkan agamanya apa, namun mengikuti perintah Allah dan mempunyai syariat2 tersendiri

di jaman Ibrahim..pembuatan patung diperbolehkan..ada kan ayatnya yang kitab terbaru, selain untuk meluruskan Aqidah juga untuk menghapus dan menambah syariat..pasti kamu tahu deh

dan arti dari islam sendiri kan taat
dari semua cerita shirah..gak jauh2 tentang ketaatan dan tentang tauhid
seperti nabi Ibrahim yang diperintahkan nyembelih anak..dan hukuman2 untuk para nabi yang tidak taat..

soal adam itu Islam..kayaknya bahasanya juga sudah berbeda dengan bahasanya Alquran yang menggunakan arab fuscha

apakah kata Islam sudah ada sebelumnya?
kata taat sih pasti ada

Quote:


minta ditunjukkan jalan yang lurus itu pemahamannya luas..bukan sekedar tetap menjadi Islam saja

walaupun ragu akan Islam..itu adalah proses manusia hidup..namun apakah ragu akan eksistensi Tuhan? ini yang bahaya

sebab bagaimana mau meyakini doa, jika gak percaya akan yang kita minta

InsyaAllah jika sungguh2 minta jalan yang lurus maka logika dan hati bisa menangkap hikmah2 dari setiap ilmu dan peristiwa

tapi untuk menemukan jalan yang lurus..manusia mesti berjalan

berjalan = mencari = belajar

belajar hingga mati..

kamu sudah pernah tahu belum ci..kalau ilmu selain ilmu syari disebutnya membuang2 waktu xixixi

kamu kejar2 dunia yang cuma sebentar ini dibandingkan akhirat yang kekal sia2 bukannya?

tapi bukan berarti tidak boleh..maka ada yang bilang seimbang dunia akhirat

tapi jgn artikan dunia = maksiat
dunia itu meliputi semua perkara yang masuk kategori mubah dan makruh

walaupun semua kategori itu bisa menjadi bernilai ibadah

lha kok bisa gitu?

panjang deh penjelasannya..makanya seru lho belajar agama

akan menjadi seru..kalau tahu dan sadar bener2 bahwa hidup di dunia cuma singkat sedangkan akan kekal di akhirat

tuhannya para nabi

Nabi Adam itu Islam. Tuhannya satu, dan tetap sama sejak nabi Adam, yaitu Allah SWT. Cuma syariat, cara ibadah tiap nabi yg beda beda, sesuai kehendak dan perintah Allah dan jg sesuai kondisi fisik manusia saat itu juga kondisi geografis bumi saat masa kenabian tiap tiap nabi.
Diubah oleh yestitit

nabinya para nabi

Nabi adam dan seluruuh para nabi dan rasul itu sebelum diturunkan ke bumi terlebih dahulu sudah bersumpah bersyahadat, menyatakan tuhannya adalah Allah dan mengakui nabi Muhammad sbg nabi terakhir.
Seandainya para nabi terdahuku itu spt nbi adam, nabi isa,juga nabi nuh, dll itu hidup pd masa skrg ini, masa kenabian nabi Muhammad, maka mereka akan ikut syariat nabi Muhammad, beribadah kpd Allah dgn tata cara sesuai tuntunan nabi Muhammad dan berkitab suci al quran.
Diubah oleh minyak.goreng
Quote:


Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”. (QS: 28:77)



Diubah oleh durakhim
Quote:


jd krn hadits ini:

Dalam sebuah hadits yang disepakati keshahihannya oleh Al-Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa sesungguhnya pada nabi itu bersaudara.

الأنبياء أولاد علات: أمهاتهم شتى ودينهم واحد

Para nabi adalah anak-anak saudara ayah. Dan agama mereka satu.


-

kalo surat ini maksudnya apa


surat Al-Ma'idah:3

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا
“Hari ini Aku telah sempurnakan bagimu agamamu dan Aku telah cukupkan bagimu nikmat-Ku dan aku telah meridlai Islam sebagai agamu untukmu.

apakah islam yang dulu jaman ibrahim belum sempurna,?
Quote:


ah jazakallah khairan ditambahkan ayatnya yang memperjelas

dunia itu nikmat yah...palagi yang sudah menikah emoticon-Malu
Halaman 689 dari 1536
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di