CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013654212/holy-anda-bertanya-buddhist-menjawab---part-3

[CLEAN]Anda Bertanya, Buddhist Menjawab

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 197 dari 517
Quote:
emoticon-Big Grin maklum, dia panik kl ditanya kenapa dijaman kerajaan budha hindu banyak budak dan gundik, dan raja yg disembh spt tuhan.

Quote:


loh emang budak itu pasti disiksa, dipukul, klo perempuan suka di setubuhi tuannya. Klo gk percaya tanya tuh di ts sebelah, [islam] zaman perbudakan yg didominasi negara mesir, arab, india kuno dll.

Klo emang perdagangan budak disahkan ajaran buddha, ngapain buddha capek2 ngasih petunjuk tentang cara pengumpulan harta yg sesuai dgn dhamma. Klo masih ada yg bandel lain urusan mas bro.

Sekian dr saya.
Quote:

itu barangkali bermuatan keinginan
ingin begini
tetapi sejatinya bukanlah begitu

itu lah yg sulit diterima
meski dia bernafas tetapi tetap mengakui tidak bernafas
Quote:


buddha minim pengetahuan.. tetapi kebaikan yg diajarkannya saya akui itu berpengaruh dalam kehidupan

minim nya pengetahuan sang buddha mengantarkan pada pencideraan logika pada disiplin ilmu modern saat ini...
maaf...
emoticon-I Love Indonesia (S)
buddha mengatakan ada 4 hal yang tidak seharusnya direnungi krn hny menghasilkan kegilaan dan kegusaran:

1. hakikat buddha
2. hakikat jhana dan nibbana
3. kinerja hukum karma
4. hakikat alam semesta

referensinya:
Quote:


ini pendapat sy cmiiw:
sekarang begini di dalam sutta diceritakan bagaimana mahluk itu ada seperti yang diposting agan gravelord lalu alam semesta ini telah berulang kali hancur dan terbentuk, mengapa demikian? kembali lagi ke pernyataan di atas, memang sy sendiri pernah merenungi ini dan ujung2nya menciptakan khayalan akan sesuatu yg mengaturnya (artinya untuk menghilangkan kegusaran memunculkan ide gila)
Quote:


hmm
buddha pernah mengibaratkan dhamma yang diajarkannya ibarat segenggam daun di tangan dibandingkan dedaunan yang ada di hutan, artinya dhamma itu demikian luas tapi dhamma yang diajarkan buddha sudah cukup untuk "menyebrangkan" mahluk menuju nibbana

Quote:

Buddhisme tidak mengenal konsep 'manusia pertama'.
Toh tahu siapa manusia pertama juga gak berguna untuk bebas dari penderitaan.
Kembali ke agan, agan bisa buktikan bahwa Adam benar manusia pertama?

Quote:

Dan bagaimana jika dia sendiri tak membawa penawar?
Dan bagaimana jika yang manah kabur, agan mesti kejar dia dengan kondisi keracunan tadi?

Quote:

Buddhisme tidak membenarkan perbudakan.
Semua manusia adalah setara, tidak dibenarkan seseorang berkuasa atas manusia lain dan berbuat sesuka hatinya, sebagaimana majikan memperlakukan budak.
Quote:


membuktikan benar ada manusia pertama adalah adam adalah Alkitab-Quran dll

membuktikan tidak benar ada/siapa manusia pertama adalah ga berguna untuk bebas dari penderitaan

Quote:

Itu tak membuktikan, itu hanya bentuk klaim.

Alkitab dan Alquran bicara tentang Abraham/Ibrahim yang mengorbankan anaknya. Namun keduanya menunjuk anak yang berbeda, apakah Iskhak atau Ismail. Jika Alkitab dan Alquran adalah bukti, maka akan ada dua bukti yang kontradiktif.
Diubah oleh Pi-One
Quote:


wkkww..klo GE8 kode produksi pertamax ketauan ga ye yang punya siapa? emoticon-Ngakak (S)..

ane juga bingung, kalau adam dan hawa manusia pertama,
kenapa ye skrg ada orang tolol,pinter,jelek,cakep,hitam,putih,sawo matang,pendek,tinggi,gondrong,botak,gendut,kurus,pesek,mancungapalagi ye??
padahal kan ortu yang pertama kali M* itu cuma adam dan hawa...wkwkw.


Quote:


jadi kesimpulannya:
1. tidak ada tuhan, maka tidak ada yg menciptakan manusia
dan
2. tidak ada manusia, maka tidak ada yg manciptakan tuhan.

jadi sama aja kok, 'ide' tersebut juga tidak lebih mampu untuk menemukan kemampuan manusia, karena kemampuan 'ide' tersebut juga terbatas.

karena:
1. tuhan diciptakan oleh manusia yg tidak mampu menjelaskan fenomena2 yg tidak dia mengerti.
2. tuhan diciptakan oleh manusia yg lemah pemikirannya (moha/kebodohan) supaya dapat merasa kuat.
3. tuhan diciptakan sebagai objek pemimpin untuk mambenarkan setiap perbuatan mereka yang belum tentu benar.
4. tuhan diciptakan untuk memenuhi segala sesuatu yang tidak diketahui supaya dianggap tahu.

silahkan cari kesalahan dalam argumen diatas.
Quote:


kenapa harus ada yg pertama, dan kenapa mustahil dengan kebersamaan terbentuk nya? anda telah terlalu lama teracuni oleh kata2 kitab, dan itu semua menutup kebijaksanaan anda dalam berpikir. itulah yang paling tidak disetujui oleh Buddha, karena anda hanya mempercayai dengan membabi buta, tanpa penelaahan yang baik dan benar.

Kenapa harus ada iman? sama seperti penjelasan diatas. karena iman telah melarang anda untuk mencari tahu kebenaran, begitulah ada begitu banyak kesalahan dalam menjalani sebuah ajaran karena tidak diteliti terlebih dahulu.
Quote:


pandangan Buddha adalah semua makhluk adalah sama, baik yang tertampak maupun yang tidak tertampak, semua adalah kehidupan dan individu yang bebas, tidak terikat oleh siapapun, kecuali karma nya sendiri.
jadi manusia, dewa, binatang, setan, tuhan( dewa brahma yang belum mengerti) semua adalah sama derajatnya, yang membedakan tingkatan nya adalah Karma masing2.
Quote:

hmm,ya sudah kalau gitu emoticon-I Love Indonesia (S)
kalau sains enthut , manusia pertama itu tidak tahu siapa ya?
atau sama kek theori darwin?
Quote:


hmm keknya udah ancur buat test safty drive bro emoticon-Ngakak

kulit hitam putih bla bla bla
mata sipit lebar
bola mata hitam coklat biru
golongan darah a b ab o
ras afrika,cina,pribumi

semuanya bisa ada hanya dari adam dan hawa , dan itu membuat sebuah pertanyaan kenapa itu bisa tercipta?

hmm, sepertinya harus benar benar ditelusuri benar benar,

Diubah oleh kepalawortel
Quote:



wkwkw..iy bener bro ,ujung2nya cuma bikin pusing ga ada gunanya..
orang bule mau M* gaya gimanapun ampe ratusan keturunan juga ga bakalan lahirin anak hitam kyk negro,
begitu sebaliknya...org negro mau gosok kulit ampe putih pake amplas trus dipilox,anaknya juga tetep gelap...wkwkkw

mending kita mikirin modif mobil kita aja bro emoticon-Ngakak
Sori klo kk semua tersinggung, saya bukan mo cari2 kesalahan, agama ini sebenarnya agama nenek moyang saya dan sekarang saya sebagai penganut agama lain menganggap ini sebagai ilmu pengetahuan dan sejarah aja yg gak perlu dibenarkan apalagi disalah2kan.
dan saya cuma mo cari tau aja.

Mau tanya nih kk, buddha dengan tao dan konghucu itu berbeda yah?
berbeda dewa atau berbeda konsep kepercayaannya?

lalu mengenai cerita perjalanan kebarat, itu kan ada biksu tong sam cong dan sun go kong, itu benar2 dianggap dewa bukan didunia nyata?
saya pernah baca disebuah forum katanya ada sebuah vihara yg didalamnya ada patungnya tong sam cong, ya memang mungkin tokoh biksu tong itu ada.
tapi bgmn dgn sun go kong, itu kan hanya karakter karangan aja.

Dewa itu sebenarnya siapa? apakah manusia yg mencapai kesempurnaan?
Dan apakah cuma dicerita2 aja seorang dewa itu bisa terbunuh dan mati?

Siapakah yg mengatur kehidupan? klo dari halaman depan Buddha itu gak mengenal istilah ketuhanan?
sebuah negara tanpa pemimpin akan kacau malahan bisa terpecah2, bagaimana dengan alam semesta ini apakah tdk akan kacau?

Terakhir nih, klo di 3 agama timur tengah kan ada cerita tentang banjir besar yg menenggelamkan seluruh mahluk hidup kecuali yg didalam perahu.
Apakah Buddha juga mempunyai cerita yg sama?

Thx
Diubah oleh evancode
Quote:


dijaman onta nggak ada budak ya gan? emoticon-Smilie
Quote:


om,nubie mau nanya donk..
kemarin abis baca beda reinkarnasi dan tumimbal lahir
katanya tumimbal lahir, makhluk baru ada/lahir setelah ada kematian makhluk lama, dimana makhluk baru tersebut tidak ada ikatan roh/dll kecuali karma saja..

yang dipertanyakan,kmrn baca ada beberapa fenomena dimana ada anak kecil 5 tahun yang bisa ingat dia dulu lahir dimana,lingkungannya dimana,nama ortu yang dulunya siapa,dll..mungkin om pernah baca emoticon-Big Grin

trus ada anak bule balita bisa inget dan bilang dia adalah dulu pilot pesawat jet,sehingga umur 3-5 tahun bisa bedain ini f16,ini jet apa dll,sampe tau part2 mesin jet.

tolong jelasin donk om kaitannya dengan tumimbal lahir?thx
Quote:


ada benernya juga, mobil gw yang ge8 da ancur emoticon-Ngakak
dilema antara di masukin bengkel(klaim asuransi) atau jual ganti


ganti nya tahu ga ganti apa?

GE8 lagi , cinta mati gw ma ge8 emoticon-Ngakak tapi warnanya mau yang aneh" merah x

wek salah kamar keknya emoticon-Ngacir
Quote:

IMO, tidak ada 'manusia pertama'.
Yang ada adalah populasi manusia awal.

Quote:

Bisa dianggap sebagai hal yang sangat berbeda.
Taoisme dan Konghucu adalah tradisi dan kepercayaan China, yang penuh ciri khas budaya China.
Buddhisme adalah ajaran untuk bebas dari penderitaan.

Quote:

Kisah Sun Gokong adalah kisah fiksi.
Dahulu, memang benar ada perjalanan oleh biksu Xuan Zhang ke India untuk mengambil kitab-kitab suci Mahayana. Setelah kembali ke China, ia menerjemahkan kitab-kitab itu ke bahasa China. ia juga membuat catatan perjalanannya, dan catatan perjalanan itulah yang kemudian diadaptasi pihak lain jadi kisah fiksi populer Journey to the West.

Quote:

Dewa adalah sebutan untuk para penghuni alam surga.
Dan kelahirna di surga tidak kekal, mereka memiliki masa hidup dan setelah masa hidupnya habis, mereka mungkin terlahir di alam lain.

Quote:

Buddhisme tak mengenal sosok Tuhan personal yang emngatur kehidupan. Ketiga alam diatur oleh hukum kesunyataan yang adil, tidak pandang bulu, tidka mengasihi, tidka membenci. Tidak diperlukan sosok yang mengintervensi hukum tersebut.

Quote:

Jika maksud agan kisha ala nabi Nuh, AFAIK, Buddhisme tak mengenal kisah tersebut. Justru kisah yang lebih tua dari ketiga agama samawi bisa dilacak ke Babylonia, ke syair kepahlawanan Gilgamesh.
pi,
kalo manusia harus melepas atribut keduniawiannya untuk mencapai nibana,
apa itu tidak melanggar kemanusiawiannya?
begini,manusia itu kan dasarnya tidak pernah puas,
pengen beli inilah itulah,
makanya ada yg namanya ilmu ekonomi,
bahkan teknologi pun tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan manusia,
yang tak lain adalah untuk memuaskan manusia itu sendiri,
gimana menurt lo pi?
Halaman 197 dari 517
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di