Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yantiqueAvatar border
TS
yantique
Partai Yusril (PBB) dan PDS terjungkal, hanya 10 Parpol yg Lolos ikui Pemilu 2014

KPU Tetapkan 10 Parpol Sebagai Peserta Pemilu Tahun 2014
Selasa, 08/01/2013 02:32 WIB

Jakarta - Rapat pleno terbuka KPU akhirnya mengumumkan partai politik yang lolos verifikasi dan menjadi peserta Pemilu 2014. KPU mengumumkan hanya 10 partai politik yang lolos sebagai peserta pemilu. "Keputusan KPU No. 5/Kpts/KPU/2013 tentang penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2014, KPU menetapkan memutuskan, satu, 10 partai politik dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu tahun 2014," kata ketua KPU, Husni Kamil Manik dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2013). "Kedua, 24 partai politik dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat sebagai peserta pemilu Tahun 2014," lanjutnya.

Menurutnya, nama-nama partai politik yang dinyatakan Memenuhi Syarat sebagai peserta pemilu tahun 2014 tercantum dalam lampiran satu keputusan tersebut. "Nama-nama yang Tidak Memenuhi Syarat tercantum dalam lampiran kedua keputusan ini. Perubahan atas keputusan ini dalam dilakukan atas keputusan Bawaslu, PTUN, atau keputusan MK," lanjut Husmi. Berikut 10 Partai Politik yang lolos verifikasi dan ditetapkan sebagai peserta pemilu 2014:

1. PDI Perjuangan
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
4. Partai Amanat Nasional (PAN)
5. Partai Golkar
6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
7. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
8. Partai Demokrat (PD)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

Sementara itu berikut 24 partai yang tak lolos verifikasi:

1. Partai Bulan Bintang (PBB)
2. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).
3. Partai Bhinneka Indonesia (PBI)
4. Partai Kedaulatan
5. Partai Damai Sejahtera (PDS)
6. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI)
7. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU)
8. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI)
9. Partai Pengusaha Pekerja Indonesia (PPPI)
10. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB)
11. Partai Republika Nusantara (Republikan
12. Partai Serikat Rakyat Independen (SRI)
13. Partai Republik
14. Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB)
15. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
16. Partai Persatuan Nasional (PPN)
17. Partai Buruh
18. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)
19. Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI)
21. Partai Kongres
22. Partai Nasional Indonesia Marhenisme (PNIM)
23. Partai Karya Republik (Pakar)
24. Partai Nasional Republik (Nasrep)
[url]http://news.detik..com/read/2013/01/08/023235/2135677/10/kpu-tetapkan-10-parpol-sebagai-peserta-pemilu-tahun-2014?991104topnews[/url]


Wasekjen PDS Lempar Microphone ke Petugas KPU
Senin, 7 Januari 2013 22:38 WIB

Partai Yusril (PBB) dan PDS terjungkal, hanya 10 Parpol yg Lolos ikui Pemilu 2014

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saking gerahnya, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Damai Sejahtera (PDS) Ben Victor Barita Sitompul melemparkan microphone kepada petugas KPU dan menggebrak meja. Aksi Sitompul tersebut saat dirinya memberikan keterangan bahwa verifikasi partainya di Karawang, Jawa Barat, dilaksanakan di ruang karaoke. "Di Karawang, Jawa Barat, verifikasi faktual dilakukan di ruang karaoke. Itu bukan hanya satu orang. Itu tidak etis dan tidak sopan. Sangat memalukan. Saya akan mengumpulkannya besok," ujar Sitompul dengan suara lantang saat sidang pleno rekapitulasi verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2014.

Saat itulah, komisioner KPU Ida Budhiati mengatakan waktu untuk PDS sudah selesai. Saat petugas hendak mengambil microphone tersebut, di situlah Sitompul melemparkannya. Sesudah itu, Sitompul pun menggebrak meja dan mempertanyakan mengapa PDS tidak lolos di Kabupaten Bogor dan Tasikmalaya. Namun sidang kemabali berjalan normal dan tidak menyebabkan keributan yang berarti
http://m.tribunnews.com/2013/01/07/p...meja-depan-kpu

PBB tak Lolos, Yusril Masih Berharap Ini
Selasa, 08 Januari 2013, 06:07 WIB

Partai Yusril (PBB) dan PDS terjungkal, hanya 10 Parpol yg Lolos ikui Pemilu 2014
Yusril

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra masih berkeyakinan partainya dapat menjadi peserta Pemilu 2014, jika masalah sepele yang menyandung PBB diselesaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Jadi, kalau dua hal yang tadi saya sampaikan di pleno bisa dipertimbangkan, maka PBB bisa ikut jadi parpol peserta Pemilu 2014," kata Yusril di sela-sela rapat pleno terbuka penetapan parpol peserta Pemilu 2014 di Kantor KPU RI Jakarta, Selasa dini hari.

PBB terganjal di dua masalah yang dianggapnya tidak fatal, yaitu terkait 30 persen kepengurusan perempuan serta keterlibatan pegawai negeri sipil (PNS) sebagai pengurus parpol. Menurut Yusril, ada undang-undang yang mengatur bahwa 30 persen jumlah keterwakilan perempuan dari total pengurus itu hanya berlaku di tingkat pusat. Jadi, keterlibatan jumlah keterwakilan perempuan 30 persen itu tidak berlaku di (verifikasi) tingkat daerah, kabupaten apalagi kabupaten. Dia juga yakin bahwa KPU akan mempertimbangkan hal tersebt.

Sementara itu, terkait keterlibatan PNS sebagai pengurus parpol, menurut dia, bukan hal yang dapat mempengaruhi suatu paprol lolos atau tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2014. Di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB adalah seorang PNS. Namun Yusril menyanggah bahwa sang PNS tersebut sudah melayangkan surat pengunduran diri dari PNS. "Kalau ada PNS jadi pengurus parpol, itu bukan berarti parpolnya yang harus tidak lolos verifikasi, tapi statusnya sebagai PNS harus diberhentikan oleh pemerintah," jelasnya.
http://www.republika.co.id/berita/na...h-berharap-ini

------------------------

Partai Kristen PDS, sama halnya dengan partai ex-masyumi PBB, adalah parpol yang membawa bendera agama. Sayang, pemilihnya tak ada yang sudi lagi mencoblosnya!

emoticon-Angkat Beer
0
3.2K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan