Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AkuCintaNanaeAvatar border
TS
AkuCintaNanae
Sofjan Wanandi: Teman-teman Pengusaha Mulai PHK Buruhnya
Jakarta - Ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) di awal tahun ini dampak kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) bukan hanya isapan jempol belaka. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengakui sudah mendapat laporan dari beberapa anggotanya soal PHK tersebut.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan sulitnya mendapat penangguhan UMP, hingga mandeknya opsi negosiasi UMP melalui bipartit, membuat pengusaha mengambil jalan pintas. Misalnya di Jakarta saja, dari 80 perusahaan yang melakukan proses bipartit agar membayar UMP Jakarta di bawah Rp 2,2 juta, hanya 4 perusahaan yang sudah dikabulkan pemerintah.

"Sebagian dari teman-teman pengusaha mulai mem-PHK kan buruhnya. Sebenarnya kita tidak mengharapkan terjadi tapi ini sudah terjadi beberapa ribu di Batam, Bintan, dan Jakarta," kata Sofjan di Balai Kartini, Jakarta, Senin (7/1/2013)

Sofjan menuturkan korban PHK yang dilakukan pengusaha, pertama adalah pekerja outsourcing. Menurut Sofjan, teman-temannya telah menyiapkan pesangon yang cukup tinggi 3-6 bulan ke depan hingga proses penutupan pabrik selesai.

"Relokasi belum. Tentunya mereka selesaikan dulu PHKnya, membayar pesangonnya dulu baru mengeluarkan," katanya.

Sebagai pengusaha, Sofjan berulang kali mendesak kepada pemerintah agar bersikap pro pada pelaku usaha. Ia mencontohkan, selain kenaikan UMP 2013, pengusaha juga dipusingkan dengan kenaikan tarif listrik hingga rata-rata 15% di tahun ini.

"Jika harus memilih pengusaha pilih BBM naik atau listrik?

"Saya pikir kita memilih BBM naik daripada listrik naik. Listrik kan kasih pekerjaan buat rakyat kita, membikin devisa juga membayar pajak. Kalau BBM kan jadi asap saja nggak ada gunanya," katanya.

[url]http://finance.detik..com/read/2013/01/07/152331/2135174/1036/sofjan-wanandi-teman-teman-pengusaha-mulai-phk-buruhnya?f9911013[/url]

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

yah seperti biasa korban pertama adalah yg paling lemah (karyawan outsourcing)

dan yang paling di untungkan adalah yg paling kuat (karyawan tetap)

ken deh loh emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
Diubah oleh AkuCintaNanae 07-01-2013 09:17
0
5.3K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan