- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
5 Kunci Sukses Jeff Bezos – Si Raja Toko Online Amazon.com


TS
mardyshop
5 Kunci Sukses Jeff Bezos – Si Raja Toko Online Amazon.com

Quote:
Siapa yang tak kenal Jeff Bezos, raja toko online pendiri amazon.com ini sekarang menjadi salah satu orang terkaya di dunia yang berhasil menguasai pasaran bisnis online.
Mengawali bisnisnya pada tahun 1995, awalnya Amazon merupakan toko buku online yang kemudian berkembang menjual musik dan video, hingga sekarang telah tumbuh menjadi produsen bisnis hardware, dan menjadi salah satu toko online serba ada yang jutaan konsumennya telah tersebar di berbagai belahan negara.
Dengan memanfaatkan strategi pemasaran yang inovatif, bisa dikatakan Amazon berkembang cukup pesat dalam waktu yang relatif singkat. Bezos berusaha merebut perhatian konsumen dengan program diskon yang ditawarkan, dan menambahkan inovasi secara terus menerus hingga akhirnya lelaki kelahiran Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964 ini berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai salah satu toko online terbesar di dunia.
Mengawali bisnisnya pada tahun 1995, awalnya Amazon merupakan toko buku online yang kemudian berkembang menjual musik dan video, hingga sekarang telah tumbuh menjadi produsen bisnis hardware, dan menjadi salah satu toko online serba ada yang jutaan konsumennya telah tersebar di berbagai belahan negara.
Dengan memanfaatkan strategi pemasaran yang inovatif, bisa dikatakan Amazon berkembang cukup pesat dalam waktu yang relatif singkat. Bezos berusaha merebut perhatian konsumen dengan program diskon yang ditawarkan, dan menambahkan inovasi secara terus menerus hingga akhirnya lelaki kelahiran Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964 ini berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai salah satu toko online terbesar di dunia.

Nah, untuk mengikuti jejak kesuksesan raja toko online dalam membangun amazon.com. Berikut ini adalah 5 Kunci Sukses Jeff Bezos – Si Raja Toko Online Amazon.com :
Quote:
1. Berani melangkah meskipun ada resiko yang siap menghadang
Sebagai seorang pelaku usaha, Jeff Bezos mengaku bahwa dirinya tidak pernah ragu dalam melangkah dan berani mengambil sebuah resiko untuk mencapai puncak kesuksesan yang telah Ia cita-citakan. Meskipun tidak semua jalan yang Ia pilih membuahkan hasil yang cukup manis, namun Bezos selalu yakin bahwa ada pembelajaran besar yang bisa Ia ambil dari setiap resiko kegagalan yang Ia temui. Seperti halnya kata Jeff Bezos, “Jika Anda memutuskan bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang Anda tahu akan berhasil, maka Anda akan meninggalkan begitu banyak kesempatan.”
2. Tak perlu berlarut-larut menyesali kegagalan
Ketika merintis sebuah usaha, tak jarang para pemula menemui berbagai macam kendala yang bisa memicu sebuah kegagalan. Dalam menyikapi resiko tersebut, Bezos sebisa mungkin memotivasi dirinya agar tidak berlarut-larut menyesali kegagalan yang telah terjadi dan segera bangkit untuk melanjutkan perjuannya demi masa depan yang lebih baik. Sebab baginya, penyesalan terbesar adalah ketika Ia tidak mau mencoba.
3. Amati, Tiru, dan Modifikasi
Meskipun reputasi Amazon telah bersinar terang dengan jutaan pelanggan setia yang tersebar di seluruh dunia, namun Jeff Bezos tidak pernah malu untuk meniru hal-hal positif yang dilakukan para pesaingnya guna meningkatkan nilai tambah bagi toko online yang Ia bangun. Lihat saja, bila awalnya Amazon.com hanya menjual buku secara online, kini perusahaan ini mulai mengamati perubahan minat pasar dan berusaha mengikuti permintaan pasar dengan menciptakan inovasi baru seperti misalnya memproduksi beragam jenis produk gadget dengan harga jual yang cukup terjangkau.
4. Kerja keras dan pantang menyerah
Untuk bisa mencapai kesuksesannya sekarang ini, Jeff Bezos yang mendalami ilmu komputer di Universitas Princeton ini awalnya memanfaatkan garasi sempit sebagai kantor dan menghadapi masalah kesulitan modal untuk membiayai gaji para karyawannya. Siapa sangka berkat kerja keras dan kegigihannya untuk membuat sebuah sejarah, Jeff Bezos bisa mengatasi permasalahan tersebut dan berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai situs toko online terbesar saat ini.
5. Utamakan konsumen dan biarkan mereka mempromosikan Anda
Bagi Bezos, dalam berbisnis tak ada yang lebih penting daripada konsumen. Tanpa dukungan para konsumen, bisa dipastikan sebuah perusahaan bisa gulung tikar. Keyakinan inilah yang mendorong Bezos untuk selalu fokus, fokus, dan fokus memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Sebab, modal inilah yang bakal Ia gunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen hingga akhirnya para pelanggan setianya yang akan menjadi agen promosi bagi perusahaannya, dengan memanfaatkan strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).
Sebagai seorang pelaku usaha, Jeff Bezos mengaku bahwa dirinya tidak pernah ragu dalam melangkah dan berani mengambil sebuah resiko untuk mencapai puncak kesuksesan yang telah Ia cita-citakan. Meskipun tidak semua jalan yang Ia pilih membuahkan hasil yang cukup manis, namun Bezos selalu yakin bahwa ada pembelajaran besar yang bisa Ia ambil dari setiap resiko kegagalan yang Ia temui. Seperti halnya kata Jeff Bezos, “Jika Anda memutuskan bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang Anda tahu akan berhasil, maka Anda akan meninggalkan begitu banyak kesempatan.”
2. Tak perlu berlarut-larut menyesali kegagalan
Ketika merintis sebuah usaha, tak jarang para pemula menemui berbagai macam kendala yang bisa memicu sebuah kegagalan. Dalam menyikapi resiko tersebut, Bezos sebisa mungkin memotivasi dirinya agar tidak berlarut-larut menyesali kegagalan yang telah terjadi dan segera bangkit untuk melanjutkan perjuannya demi masa depan yang lebih baik. Sebab baginya, penyesalan terbesar adalah ketika Ia tidak mau mencoba.
3. Amati, Tiru, dan Modifikasi
Meskipun reputasi Amazon telah bersinar terang dengan jutaan pelanggan setia yang tersebar di seluruh dunia, namun Jeff Bezos tidak pernah malu untuk meniru hal-hal positif yang dilakukan para pesaingnya guna meningkatkan nilai tambah bagi toko online yang Ia bangun. Lihat saja, bila awalnya Amazon.com hanya menjual buku secara online, kini perusahaan ini mulai mengamati perubahan minat pasar dan berusaha mengikuti permintaan pasar dengan menciptakan inovasi baru seperti misalnya memproduksi beragam jenis produk gadget dengan harga jual yang cukup terjangkau.
4. Kerja keras dan pantang menyerah
Untuk bisa mencapai kesuksesannya sekarang ini, Jeff Bezos yang mendalami ilmu komputer di Universitas Princeton ini awalnya memanfaatkan garasi sempit sebagai kantor dan menghadapi masalah kesulitan modal untuk membiayai gaji para karyawannya. Siapa sangka berkat kerja keras dan kegigihannya untuk membuat sebuah sejarah, Jeff Bezos bisa mengatasi permasalahan tersebut dan berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai situs toko online terbesar saat ini.
5. Utamakan konsumen dan biarkan mereka mempromosikan Anda
Bagi Bezos, dalam berbisnis tak ada yang lebih penting daripada konsumen. Tanpa dukungan para konsumen, bisa dipastikan sebuah perusahaan bisa gulung tikar. Keyakinan inilah yang mendorong Bezos untuk selalu fokus, fokus, dan fokus memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Sebab, modal inilah yang bakal Ia gunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen hingga akhirnya para pelanggan setianya yang akan menjadi agen promosi bagi perusahaannya, dengan memanfaatkan strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).
Oke,itulah 5 Kunci Sukses Jeff Bezos – Si Raja Toko Online Amazon.com dalam mendirikan kerajaan bisnisnya.
0
3.4K
Kutip
13
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan