Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Bodrex007Avatar border
TS
Bodrex007
Kerja Profesional atau Wirausaha
Bagi karyawan yang lagi galau semoga tulisan ini jadi inspirasi anda untuk tetap berkarya bagi kemajuan perusahaan.

"Me without working isn't me."
Begitulah kalimat yang diucapkan Sarah Jessica Parker dalam sebuah scene di film "I Don't Know How She Does It". Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang mampu mengejar karirnya, namun juga berupaya sekuat tenaga untuk mengurus keluarganya. Satu hal yang bisa dipetik dari film ini adalah bahwa dengan ketekunan seorang pekerja kantoran akan mampu mencapai puncak karirnya.

Sayangnya akhir-akhir ini banyak orang yang berpikir bahwa berwirausaha jauh lebih baik daripada menjadi pekerja kantoran. Alasannya dengan berwirausaha mereka bisa mengatur pola kerja mereka sendiri, mereka bisa mendapatkan untung yang lebih besar dan tidak perlu diatur atasan.
Sebuah ide yang sering menghinggapi karyawan adalah bahwa kreativitas mereka tidak berkembang apabila mereka tetap menjadi karyawan, apalagi bagi mereka yang sulit untuk naik jabatan atau penghasilan. Terkadang mereka tak menyadari bahwa banyak kreativitas bisa berkembang saat menjadi karyawan. Hanya saja mereka tak berpikir demikian.

Jangan kira dengan menjadi wirausaha lantas dagangan kita serta merta laris. siapkah kita berkompetisi dengan wirausahawan yang sudah lebih dulu eksis? Berwirausaha tidak semudah yang dipikirkan orang. Memilih jenis usaha juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berwirausaha juga merupakan sebuah kesukaan atau terkadang orang mengatakan itu hal itu bakat.

Jika seseorang menyukai bidang dagang tersebut, maka peluang untuk sukses pun semakin besar. Kesukaan, itu pula kunci sukses bagi karyawan. Berdagang dan bekerja adalah pilihan atas kesukaan. Dengan menggeluti bidang kerja kesukaan maka seseorang bisa meniti karir hingga posisi yang diidamkan.

Seseorang seharusnya tidak berpikir "asalkan saya bisa bekerja dan punya penghasilan". Dengan pemikiran seperti itu, sudah pasti seorang karyawan tidak akan maju dalam karirnya. Pilihlah pekerjaan yang memang disukai agar dalam melakukannya pun kita terpacu untuk maju. Kreativitas pun akan menyusul dibelakang ketika kita sudah suka pada suatu hal.

Alasan Tetap Bekerja
Ada manfaat pasti yang dapat dipetik dengan menjadi karyawan. Wujudnya berupa stabilitas, stabil baik dari gaji, tunjangan dan jaminan kesehatan. Jika anda digaji dan merasa nyaman dengan pekerjaan anda tetaplah menjadi karyawan sambil terus berupaya meniti ke jenjang karir selanjutnya.
Jika ada yang berkata, "jika anda terus bekerja dan tidak memilih untuk berwirausaha maka anda tidak bekerja keras dan tidak berkembang." Pernyataan itu sebuah lelucon. Bekerja atau berwirausaha adalah sebuah pilihan. Siapapun yang memiliki semangat dan cinta untuk pekerjaan, mereka akan bekerja sangat keras untuk unggul.
Ada beberapa jenis pekerjaan yang sifatnya mampu mengikat orang didalamnya untuk tidak menjalankan bisnis. Contohnya adalah ilmuwan, pekerjaan mereka dianggap menantang dan memuaskan bagi mereka. Hasrat mereka adalah mengungkap misteri ilmu pengetahuan jika ilmuwan diberi kepercayaan untuk mengelola waralaba misal McDonald bahkan gratis mungkin mereka akan sengsara karena mereka tidak mampu untuk mencanangkan meraup untung yang besar.
Jika seseorang sudah menjadi yang terbaik dibidangnya dan dia puas dengan apa yang dilakukannya tanpa berpikir untuk berbisnis, apakah itu salah? Tidak semua orang membenci pekerjaannya mereka memiliki hasrat yang sama sebagai pengusaha. Mereka memilih lingkungan yang aman dan terstruktur untuk bekerja sesuai hasrat mereka.
Disisi lain, bila anda menjadi karyawan dan merasa berat dan takut bangun dipagi hari untuk bekerja, bila anda frustasi dengan kehidupan anda selama bekerja, carilah pekerjaan yang sesuai atau mungkin itu suatu pertanda bahwa anda harus mulai menjalankan bisnis sendir yang sesuai minat Anda (Anonymous, Majalah khusus pelanggan Dunia Kertas edisi Sep-Nov 2012 hal. 20-21)


Tanpa mengurangi maknanya, isi tulisan ini telah mengalami reduksi (ada beberapa artikel yang saya hilangkan) semoga informasi ini bermanfaat .
Maaf apabila repost atau salah kamar.
Diubah oleh Bodrex007 21-12-2012 06:52
0
5.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan