- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Langkah-Langkah Bikin Mobil Drift


TS
Pinyok
Langkah-Langkah Bikin Mobil Drift

Langkah-Langkah Bikin Mobil Drift



Quote:
Kompetisi drifting memang sedang booming baik di luar negeri maupun di Tanah Air. Sepertinya juga tahun 2013 mendatang adalah momentum kejayaan balap drift di Indonesia. Dari kabar yang beredar, ada beberapa kejuaran drift yang diselenggarakan oleh ikatan Motor Indonesia (IMI) termasuk Kejurnas.

Peluang tersebut tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Nah.. Bagi anak muda enerjik yang ingin membangun Mobil Drift dan berpartisipasi dalam balap drifting, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

Peluang tersebut tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Nah.. Bagi anak muda enerjik yang ingin membangun Mobil Drift dan berpartisipasi dalam balap drifting, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Pilih Mobil Dan Tentukan Budget
Spoiler for Penjelasan:
Pastikan Mobil Drift yang Anda bangun adalah berpenggerak roda belakang atau RWD yang familiar dan enak untuk modifikasi, seperti yang biasa dipakai di luar negeri. Caranya bisa lihat di forum-forum, sehingga mesin maupun mencari parts kompetisi lebih mudah.

Soal biaya, bila pasang target di kejuaran memang cukup mahal, namun Anda bisa memangkas biaya pada penentuan Mobil Drift. “Nissan Cefiro itu mobil yang murah dan sudah RWD. Di Jepang pun sudah biasa dipakai drift dan kompartemen mesinnya sudah mirip Nissan Skyline,” ucap Johan Fajito, drifter sekaligus pemilik gerai khusus barang-barang drifting.

Soal biaya, bila pasang target di kejuaran memang cukup mahal, namun Anda bisa memangkas biaya pada penentuan Mobil Drift. “Nissan Cefiro itu mobil yang murah dan sudah RWD. Di Jepang pun sudah biasa dipakai drift dan kompartemen mesinnya sudah mirip Nissan Skyline,” ucap Johan Fajito, drifter sekaligus pemilik gerai khusus barang-barang drifting.
Engine Swap Dan Kejar Power Yang Besar
Spoiler for Penjelasan:
Mesin dengan tenaga besar wajib diemban Mobil Drift. Beberapa alternatif mesin populer bisa Anda pilih seperti menggunakan mesin 1JZ atau 2JZ dari Toyota Supra, mesin RB25 atau RB26 dari Nissan Skyline, mesin SR20 dari Nissan Silvia, mesin 1UZ 8 silinder milik Toyota Soarer ataupun mesin LS milik Chevrolet.

“Pilihan mesin tersebut tergantung drifter mau karekter Mobil Drift seperti apa, misalnya mesin Supra memiliki horse power yang besar sedangkan mesin V8 memiliki torsi yang besar,” tambah Johan.

Untuk tenaga mesin, Johan menyarankan Mobil Drift idealnya kejar tenaga hingga 400-500 HP. Sebisa mungkin, mobil sampai hilang traksi di bagian roda belakang. “Caranya, modifikasi mesin seperti ganti turbo, piston, stang piston, injector, engine management, dan tingkatkan boost turbo,” katanya. Johan pun juga tidak mengharamkan memakai nitrous. “Jika turbo besar kemungkinan ada lag di putaran mesin bawah. Jadi pakai nitrous untuk mengejar putaran mesin di bawah,” tambah Johan.

“Pilihan mesin tersebut tergantung drifter mau karekter Mobil Drift seperti apa, misalnya mesin Supra memiliki horse power yang besar sedangkan mesin V8 memiliki torsi yang besar,” tambah Johan.

Untuk tenaga mesin, Johan menyarankan Mobil Drift idealnya kejar tenaga hingga 400-500 HP. Sebisa mungkin, mobil sampai hilang traksi di bagian roda belakang. “Caranya, modifikasi mesin seperti ganti turbo, piston, stang piston, injector, engine management, dan tingkatkan boost turbo,” katanya. Johan pun juga tidak mengharamkan memakai nitrous. “Jika turbo besar kemungkinan ada lag di putaran mesin bawah. Jadi pakai nitrous untuk mengejar putaran mesin di bawah,” tambah Johan.
Tingkatkan Kinerja Kaki-Kaki Hingga Membuat Super Angle
Spoiler for Penjelasan:
Untuk kaki-kaki Mobil Drift bisa tangguh melibas setiap tikungan di arena drift, piranti ini wajib digunakan pada seperti pasang suspensi coilover, adjustable arm, maupun limited slip differential yang bisa didapat di pasaran.

Yang juga sangat penting untuk Mobil Drift adalah melakukan modifikasi ‘super angle’, agar ban bisa belok lebih banyak. Super angle bisa sampai 60 derajat dengan cara modifikasi di bagian kaki-kaki seperti knuckle, terot, sampai lower arm yang lebih panjang.

“Penggunaan velg dengan offset kecil, kalau bisa velg harus lebar. Fungsinya offset kecil agar bisa menggunakan brake kit yang besar serta velg akan keluar body, berarti ban bisa pakai yang lebih lebar jadi bisa mendapatkan traksi yang lebih pada bagian depan,” kata Johan.

Yang juga sangat penting untuk Mobil Drift adalah melakukan modifikasi ‘super angle’, agar ban bisa belok lebih banyak. Super angle bisa sampai 60 derajat dengan cara modifikasi di bagian kaki-kaki seperti knuckle, terot, sampai lower arm yang lebih panjang.

“Penggunaan velg dengan offset kecil, kalau bisa velg harus lebar. Fungsinya offset kecil agar bisa menggunakan brake kit yang besar serta velg akan keluar body, berarti ban bisa pakai yang lebih lebar jadi bisa mendapatkan traksi yang lebih pada bagian depan,” kata Johan.
Gunakan Roll Bar Dan Pangkas Bobot
Spoiler for Penjelasan:
Penggunaan roll bar wajib pada Mobil Drift untuk berkompetisi, dan yang terpenting roll bar tidak asal terpasang, tapi harus di-las dengan kuat. Tujuannya untuk keamanan selain itu membuat rigid sasis. “Standarnya bisa ikuti regulasi dari Formula Drift, karena sudah ada desain dan rumusnya, jadi tinggal diikuti saja,” ucap Johan.

Selanjutnya untuk Mobil Drift, bagian yang tidak perlu bisa dilepas bahkan dipotong. Atau bisa juga ganti bagian-bagian dengan bahan yang ringan seperti penggunaan serat fiber.
Selanjutnya untuk Mobil Drift, bagian yang tidak perlu bisa dilepas bahkan dipotong. Atau bisa juga ganti bagian-bagian dengan bahan yang ringan seperti penggunaan serat fiber.




Tambahan untuk agan" yg menanyakan teknik drifting

Beberapa Jenis Teknik Drifting
Spoiler for teknik drift:
Hand Brake Drift
Kopling diinjak dan disaat bersamaan hand-brake ditarik untuk menghilangkan traksi. Ketika traksi sudah hilang, kopling di lepas dan pedal gas ditekan sambil lakukan countersteering.
Power Slide
Syaratnya butuh mobil dengan mesin bertenaga besar. Caranya hanya dengan menginjak pedal gas sampai habis dan mengontrol arah mobil dengan setir.
Shift Lock
Drifting dengan cara menurunkan posisi gigi jadi lebih rendah. Hal ini membuat ban mengunci sehingga traksi hilang.
Clutch Kick
Drifting dengan cara menendang kopling sehingga menimbulkan guncangan pada transmisi sehingga mempengaruhi keseimbangan mobil. Hal ini bakal membuat mobil sliding.
Braking Drift
Caranya saat masuk tikungan pedal rem diinjak sehingga bobot pindah ke depan. Kemudian pedal gas langsung dipijak sehingga ban belakang kehilangan traksi.
Feint/Scandinavian Flick
Caranya dengan memindahkan bobot kendaraan ke luar dengan cara memutar setir ke arah luar tikungan dan dengan tiba-tiba memutar balik setir sehingga bagian belakang mobil bergeser. Teknik ini seperti cara menikung mayoritas pereli.
Kansei/Dynamic Drift
Drifting dengan cara mengangkat pedal gas saat kecepatan tinggi. Ini terjadi karena saat pedal gas diangkat bobot pindah dari belakang ke depan.

1. Keraskan kemudi (steer hard) sewaktu membelok untuk mulai meluncur, kemudian lakukan banting-kemudi (countersteer) sebelum mobil keluar jalur.
2. Lanjutkan membanting-kemudi (countersteering) untuk mempertahankan laju luncuran, ini merupakan tindakan untuk menyeimbangkan mobil.
3. Sekarang anda mempersiapkan untuk tikungan selanjutnya. Tujuannya adalah agar dapat men-drift sepanjang lintasan sirkuit yang dilalui tanpa meluruskan mobil selama beberapa saat ketika bagian belakang (buritan) mengayun.
4. Anda harus memacu kecepatan sekarang, jadi persiapkan untuk menginjak gas yang bertujuan untuk menjaga roda bagian belakang tetap meluncur.
5. Inilah saat-saat yang tersulit. Menjaga bagian belakang (buritan) tetap meluncur melalui tikungan sangat mudah, tapi men-drift terus pada lintasan lurus yang cukup berat. Pada saat anda kehilangan momentum, posisi mobil akan lurus kembali, tapi anda akan terkejut berapa lama anda dapat mempertahankan posisi meluncurnya.
Kopling diinjak dan disaat bersamaan hand-brake ditarik untuk menghilangkan traksi. Ketika traksi sudah hilang, kopling di lepas dan pedal gas ditekan sambil lakukan countersteering.
Power Slide
Syaratnya butuh mobil dengan mesin bertenaga besar. Caranya hanya dengan menginjak pedal gas sampai habis dan mengontrol arah mobil dengan setir.
Shift Lock
Drifting dengan cara menurunkan posisi gigi jadi lebih rendah. Hal ini membuat ban mengunci sehingga traksi hilang.
Clutch Kick
Drifting dengan cara menendang kopling sehingga menimbulkan guncangan pada transmisi sehingga mempengaruhi keseimbangan mobil. Hal ini bakal membuat mobil sliding.
Braking Drift
Caranya saat masuk tikungan pedal rem diinjak sehingga bobot pindah ke depan. Kemudian pedal gas langsung dipijak sehingga ban belakang kehilangan traksi.
Feint/Scandinavian Flick
Caranya dengan memindahkan bobot kendaraan ke luar dengan cara memutar setir ke arah luar tikungan dan dengan tiba-tiba memutar balik setir sehingga bagian belakang mobil bergeser. Teknik ini seperti cara menikung mayoritas pereli.
Kansei/Dynamic Drift
Drifting dengan cara mengangkat pedal gas saat kecepatan tinggi. Ini terjadi karena saat pedal gas diangkat bobot pindah dari belakang ke depan.
Langkah-Langkah Melakukan Drifting

1. Keraskan kemudi (steer hard) sewaktu membelok untuk mulai meluncur, kemudian lakukan banting-kemudi (countersteer) sebelum mobil keluar jalur.
2. Lanjutkan membanting-kemudi (countersteering) untuk mempertahankan laju luncuran, ini merupakan tindakan untuk menyeimbangkan mobil.
3. Sekarang anda mempersiapkan untuk tikungan selanjutnya. Tujuannya adalah agar dapat men-drift sepanjang lintasan sirkuit yang dilalui tanpa meluruskan mobil selama beberapa saat ketika bagian belakang (buritan) mengayun.
4. Anda harus memacu kecepatan sekarang, jadi persiapkan untuk menginjak gas yang bertujuan untuk menjaga roda bagian belakang tetap meluncur.
5. Inilah saat-saat yang tersulit. Menjaga bagian belakang (buritan) tetap meluncur melalui tikungan sangat mudah, tapi men-drift terus pada lintasan lurus yang cukup berat. Pada saat anda kehilangan momentum, posisi mobil akan lurus kembali, tapi anda akan terkejut berapa lama anda dapat mempertahankan posisi meluncurnya.
Diubah oleh Pinyok 28-12-2012 02:02
0
49.3K
Kutip
98
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan