widonestAvatar border
TS
widonest
Iklan Iphone 5 Lecehkan Keilmuan Fisika?

emoticon-SelamatWelcome To My Thread emoticon-Selamat




Begini bunyi iklan iphone 5:

"Anda percaya kan hukum fisika?

Coba jelaskan ini

Bagaimana sesuatu menjadi lebih besar,

tapi sekaligus lebih kecil,

Bertambah banyak, tapi sekaligus berkurang

Kalau begitu hukum fisika itu mungkin lebih seperti panduan umum"


Saya sebagai orang fisika awalnya suka dengan iklan ini, karena secara tidak langsung memasyarakatkan fisika. Sudah sangat jamak, ilmu sains seperti fisika ini di Indonesia menjadi sesuatu yang kurang diminati, terutama di perguruan tinggi. Sehingga memasyarakatkan fisika menjadi sesuatu yang perlu, dan ikon yang sangat saya kagumi dalam hal ini adalah Prof. Yohanes Surya, melalui Surya Institutnya, Prof Yo telah banyak berkontribusi dalam memasarkan fisika, bahkan sampai ke pedalaman papua.

Saya juga terispirasi dengan beberapa dosen saya yang sering muncul di media dengan bahasan seputar fisika plasma dan juga fisika material, lebih spesifik terkait dengan nano teknologi. Oleh karena itu saya sering mengumpulkan berita-berita di media online berkaitan dengan inovasi-inovasi di bidang tersebut dan saya share kan di facebook dan twitter.



Kembali pada iklan di atas, saya benar-benar tidak habis pikir mengapa ada pengumpamaan sepicik itu. Seolah ingin menggambarkan betapa hebatnya iphone 5 ini tapi pada saat yang sama menggunakan analogi yang kurang tepat, atau bagi saya sangat keliru. Pertanyaan saya : hukum fisika mana yang dimaksudkan dengan iklan iphone 5 ini?

Saya khawatir iklan ini hanya sebuah adopsi atau terjemahan bebas oleh advertiser Indonesia yang memang secara keilmuan tidak ngerti fisika. Sehingga kalimat yang keluar justru jauh dari kontek keilmuan fisika. Saya sampai saat ini belum menemukan iklan versi asli iphone 5 versi fisika ini. Versi yang betul-betul dikeluarkan dari perusahaan Apple. Barangkali ada yang menemukan saya mohon berbagi informasi.

Iklan ini bagi saya sangat melecehkan keilmuan fisika. Seolah fisika tidak bisa menjawab kehebatan iphone 5. Padahal perlu diketahui, kecanggihan iphone 5 yang ada saat ini tidak lepas dari perkembangan fisika material dalam hal ini nano material. Berpuluh-puluh tahun para peneliti di bidang nano material melakukan penelitian bagaimana mengembangkan material yang memiliki sifat material yang lebih baik, namun dengan ukuran lebih kecil. Sifat-sifat yang dimaksud adalah sifat elektrik, sifat magnetik, sifat mekanik, sifat optik dan sifat kimia. Sehingga dengan teknologi yang berbasis nanomaterial ini (nanoteknologi) dimungkinkan sebuah device akan berukuran semakin kecil tetapi kemampuan lebih handal. Contoh saat ini adalah perangkat-perangkat komputer yang semakin berukuran kecil dengan kemampuan semakin canggih.

So sudah semesttinya vendor-vendor yang memanfaatkan keilmuan fisika tersebut berterima kasih kepada para fisikawan atas perkembangan teknologi ini, bukan malah melecehkannya dengan kalimata yang cenderung merendahkan seperti di atas. Tulisan ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan konyoldi iklan tersebut dan sekaligus sebagai kritik saya kepada pihak pembuat iklan tersebut agar mau belajar fisika sebelum mengelurkan statement yang “kurang cerdas”

Quote:

TS ga nolak ijo2nya emoticon-Toastbiar ane tambah semangat lagi postingnya emoticon-Malu

emoticon-KissBudayakan Comment jangan Hit and Run emoticon-Kiss


Diubah oleh widonest 27-12-2012 03:06
0
20.2K
369
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan