Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bdscbzsbcsdAvatar border
TS
bdscbzsbcsd
"Negeri" Di Balik Awan
Siang Gan, Sebelum baca tread ane.
Silahkan baca promosi dari ane dulu ya gan emoticon-Smilie

Al Faruq Travel melayani agan semua dalam pembelian tiket pesawat perjalanan domestik.
Agan bisa cek di blog ane di : alfaruqtravel(dot)blogspot(dot)com
Agan bisa pesan lewat telp, sms, atau WhatsApp di : 085350045589

Kami tunggu gan emoticon-Smilie emoticon-Smilie emoticon-Smilie

"Negeri" Di Balik Awan


Wonosobo, sebuah kota kecil di propinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang berbatasan dengan kota Magelang, Purworejo dan Banjarnegara ini merupakan daerah pegunungan.
Disebelah timur kota Wonosobo bisa kita lihat gunung Sindoro dan gunung Sumbing, disebelah utara terdapat gunung Perahu. Sehingga kota ini terkenal dengan kesejukan atau lebih tepatnya bernuansa dingin.

Wonosobo terletak diketinggian 500 - 3.300 diatas permukaan laut. Selain itu kota yang masih ASRI (Aman Sehat Rapi Indah) ini semakin menambah kenyamanan warga setempat maupun pendatang yang singgah. Udara yang masih bersih terlihat dari indokator pertumbuhan lumut kerak yang ada disetiap pohon kota yang subur. Dan udara yang dingin memperkuat nuansa pegunungan.

Jika anda memulai perjalanan backpacker dari kota Jogjakarta, anda bisa menempuh perjalanan dari kota Jogjakarta menggunakan bus dari terminal Jombor dengan tujuan Magelang, perjalanan akan ditempuh selama 1 jam. Sesampainya di terminal Tidar di Magelang, anda melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus dengan tujuan kota Wonosobo. Selama perjalanan anda dari Magelang ke Wonosobo, anda akan disuguhi keindahan alam dikedua kota tersebut. Memasuki kota Wonosobo, udara dingin akan menyambut kedatangan anda disertai dengan aktivitas penduduk sekitar sedang menjemur tembakau.
Anda juga akan disambut dengan hamparan kebun teh disisi kanan dan kiri anda.

Setelah menempuh perjalanan 1,5 - 2 jam, anda akan sampai di terminal Mendolo. Dari terminal inilah anda bisa memulai perjalanan backpacker anda.
Kota Wonosobo mempunyai beberapa tempat wisata yang tidak kalah menarik dari tempat wisata yang lainnya.

1. Alun-alun Kota Wonosobo

"Negeri" Di Balik Awan

Alun-alun terletak dipusat kota wonosobo. Alun-alun ini dikelilingi oleh pohon beringin pada setiap sudutnya, sisi dan bagian tengahnya.

Suasana sejuk dan rindang akan sangat terasa, udara Wonosobo yang terkenal sejuk dan segar akan menambah nuansa perjalanan anda dialun-alun kota ini. Ditempat ini anda bisa menikmati berbagai jajanan yang ada di sekitarnya. Sarana bermain anak yang tersedia akan menambah keceriaan keluarga saat berkumpul. Selain itu bagi yang hobi berolah raga, tidak ada salahnya anda bermain sepak bola dan olahraga yang lainnya.

Tak perlu bingung bagi anda yang hobi berselancar didunia maya, karena tempat ini menyediakan fasilitas internet gratis, maka tidak aneh jika anda menemukan anak muda yang sedang asik berkumpul dan membawa laptop masing-masing.
Disekitar alun-alun juga terdapat Masjid Jami' dan Perpustakaan Daerah.

2. Pemandian Kalianget

"Negeri" Di Balik Awan


Pemandian Kalianget terletak di utara wonosobo, beberapa kilometer dari alun-alun kota. Tempat ini memberikan kenyamanan bagi anda untuk menikmati hangatnya air yang mengandung belerang. Tarif masuk pemandian ini sekitar Rp. 20.000,- untuk satu mobil pribadi.

Terdapat beberapa kolam yang terbagi atas kolam anak-anak dan kolam orang dewasa. Bagi yang ingin mendapatkan kenyamanan yang lebih privasi, tersedia pula kamar mandi dengan air hangat yang dikenakan biaya Rp. 1.500,- / 15 menit.
Selain menyesiakan kolam pemandian, tempat ini juga menyediakan taman rekreasi keluarga yang dilengkapi arena bermain anak-anak.

3. Telaga Menjer

"Negeri" Di Balik Awan

Dari pemandian kalianget, anda bisa melanjutkan backpacker anda ke arah utara kota wonosobo. Tepatnya di Kecamatan Garung sekitar 10 km dari pusat kota, anda akan menjumpai tempat wisata alam Telaga Menjer. Telaga menjer merupakan area Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), oleh karena itu ketika anda memasuki area wisata alam ini anda akan menjumpai papan PLTA GARUNG. Tiket masuk telaga menjer hanya dikenakan Rp. 3.000,- per orang, sangat murah.

"Negeri" Di Balik Awan

Telaga yang berbentuk kerucut dan mempunyai kedalaman sekitar 147 m mempunyai suhu antara 22 - 27 derajat celcius. Danau yang dikelilingi oleh bukit dan pohon pinus serta pohon cemara akan membuat setiap orang betah berlama-lama dan ingin mengabadikannya.
Perahu-perahu kayu yang tertambat dipinggi telaga siap mengantar anda megelilingi telaga yang pernah dikuras pada awal tahun 1980an ini. Perahu disewakan dengan harga sekitar Rp. 60.000,-, namun masih bisa anda tawar.

4. Perkebunan Teh Tambi

"Negeri" Di Balik Awan

Tidak jauh dari Telaga Menjer, tepatnya di Kecamatan Kejajar anda akan menemukan wisata alam yang lain, yaitu Perkebunan Teh Tambi. Berkunjung ke kawasan perkebunan teh tambi merupakan pilihan wisata alam yang cukup menarik. Anda bisa melepaskan penat setelah beraktivitas setiap hari.

Agrowisata Tambi sendiri merupakan areal perkebunan teh milik PT. tambi dengan luas mencapai 829,14 hektar. Secara geografis kawasan agrowisata Tambi berada pada ketinggian 800 - 2.000 meter diatas permukaan laut. Maka tak heran jika anda berada dikawasan ini akan terasa sejuk dan cukup dingin dengan suhu sekitar 15 - 24 derajat celcius.

Kegiatan utama yang ada dikawasan ini adalah tea walk atau berjalan-jalan mengitari area perkebunan. Selama melakukan tea walk anda akan ditemani dengan hamparan pohon teh yang hijau dan melihat aktivitas para pemetik teh yang sedang bekerja. Jika berkenan, anda pun bisa mencoba memetik teh yang ditawarkan oleh pengelola setempat.

5. Telaga Warna

"Negeri" Di Balik Awan

Telaga warna adalah obyek wisata yang terletak di Dieng, Kecamatan Kejajar Wonosobo. elaga warna merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jarak obyek wisata ini sekitar 26 km dari pusat kota dan dapat anda tempuh menggunakan transportasi bus jurusan Wonosobo - Dieng Batur.

"Negeri" Di Balik Awan

Telaga warna memiliki keunikan tersendiri berkaitan dengan warna telaga. Terkadang telaga akan berwarna hijau, kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Hal ini dikarenakan Telaga Warna memiliki kandungan sulphur yang cukup tinggi.
Obyek wisata Telaga Warna banyak dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Tarif masuk untuk menikmati wisata alam yang begitu menakjubkan ini, anda hanya perlu mengeluarkan dana Rp. 3.000,- per orang.


Tak cukup rasanya hanya dalam sehari menikmati keindahan alam di kota Wonosobo, masih ada beberapa obyek wisata yang tentunya tidak kalah menarik dengan yang telah kami sebutkan diatas.
Sempatkanlah waktu luang anda untuk menyinggahi "Negeri di balik awan".

0
2.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan