CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014734553/holy-anda-bertanya-katolik-menjawab

ANDA BERTANYA KATOLIK MENJAWAB

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 302 dari 529
Quote:


oke ... kalo di fullsite ternyata ada link yg gak idup pls kasi tau yaaa
Quote:


makasih sis atas jawabannya emoticon-shakehandemoticon-Peace
Quote:


apa itu tauroh?

Quote:


pemahaman yg bagimana ini yg ditanyakan?
perjelas dulu pertanyaanmu.

Quote:


Dua2nya gan.

Quote:


Ok

Quote:


Pembuangan yg bagaimana yg ditanyakan?
Perjelas dulu pertanyaanmu.

Quote:


Allah

Quote:


bukan suka rela gan, tp sedang diuji imannya oleh Allah.
Quote:


makasih juga emoticon-Smilie

lagi liburan sekolah yaaa ... rencana liburan kemana ? emoticon-Thinking
Quote:


  1. iya maaf, mestinya di tulis "torah" maklum. cuma berdasarkan ingatan.
  2. ada yang kelima ya canonisasinya? ane tahu cuma 4, yang satu apa lagi? agan baru sebut empat matthew, Mark, Luke dan John
  3. jadi alkitab injil adalah yang disampaikan yesus dan alkitab(torah +) adalah yang ada sebelum yesus.
    bicara tentang + apakah perjajian lama itu juga termasuk suhuf daud (david scroll), atau malah bisa anda jelaskan lebih dalam mengenai itu?
    sejauh ini yang saya pahami dari kitab ane alkitab dan zabur (david scroll) disebutkan terpisah.
    pengertian ane bibel dan torah adalah alkitab, tapi zabur tidak termasuk alkitab.
    point pertanyaan saya adalah apakah zabur bisa di sebut alkitab?
  4. ok
  5. ow, Exodus itu merujuk pada larinya bangsa israel dari pharaoh. ic
    babel, seperti pada tower of babel? sebenarnya merujuk ke daerah mana sih babel?


Quote:


  1. maaf gan salah ejaan maksudnya sih torah/ taurot, kelihatan dungunya ya. emoticon-Malu
  2. Terima kasih, untuk penjelasanya.
Quote:


ehhh ... saia salah pencet ...cuman 4 kok emoticon-Malu

Quote:


Injil adalah Kabar Baik yang disampaikan Yesus.

Perjanjian Lama (include Torah) ada sebelum Yesus

Quote:


Zabur itu kamsudnya Mazmur ya ...

Alkitab bagian Perjanjian Lama terdiri 3 bagian utama yaitu: Taurat, kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur

Quote:


Babel menunjuk ke daerah Babilonia


Quote:


Quote:


domba=umat Kristus
Anak Domba Allah = Kristus..

udah liat bedanya?

[/QUOTE]

thnks gan dah jawab ane g bermaksud apa2 lohh... cmn tamya emoticon-Malu

satu lagi gan

4L4y LOE YA itu artinya apa gann...
ane dri dulu emoticon-Bingung (S) tuh artinya apa...
Quote:


Trimakasih.
Quote:


Gak tau gan ... emoticon-Smilie

Coba nanya di trit anak 4L4y
Quote:


Sama2 gan emoticon-shakehand

Quote:


thnks gan dah jawab ane g bermaksud apa2 lohh... cmn tamya emoticon-Malu

satu lagi gan

4L4y LOE YA itu artinya apa gann...
ane dri dulu emoticon-Bingung (S) tuh artinya apa...[/QUOTE]

sama2,gpp kok..selama saya bisa jawab pasti saya jawab..
kamu brtanya, sah2 aja kok..

untuk prtanyaan terakhir kamu, mohon maaf..
sesuai judul threadnya, anda bertanya katolik menjawab (meskipun saya sebenernya Protestan,tp kan gak jauh beda..)
jadi semoga aja ada thread yang judulnya Anda bertanya, Alay menjawab..emoticon-Ngakak
boleh tahu fb sis.ana? mau saya add. kalau diijinkan emoticon-Smilie
Quote:

Postingan ini direspon oleh TS Sis.Ana

Spoiler for Respon Sis.Ana:

dan
Spoiler for Respon Sis.Ana:

dan
Spoiler for Respon Sis.Ana:

Kemudian direspon lagi oleh Agan Sang.Kuring
Spoiler for Respon Sang.Kuring:


Dialog ini sangan menarik bagi saya. Saya mengasumsikan bahwa Agan Sang.Kuring memahami tentang Kristen dengan sangat baik, apalagi tentang Islam tentu saja jauh lebih baik.
Pada postingan Agan Sang.Kuring yang saya quote terakhir diatas, terlihat jelas Agan Sang.Kuring lebih memilih “Kerajaan Allah SWT” dibandingkan dengan “Kerajaan Surga”.

Sekali lagi saya mohon izin kepada TS Sis.Ana untuk mengajukan pertanyaan diluar konteks forum ini kepada Agan Sang.Kuring, dan mudah-mudahan Agan Sang.Kuring tidak keberatan menjawab/merespon pertanyaan saya ini.

Saya mohon pengertian agan/bro/ sis semua disini, karena apapun jawaban/respon Agan Sang.Kuring terhadap pertanyaan saya ini janganlah dianggap sebagai sebuah penyerangan/offens. Karena selama ini saya melihat diskusi-diskusi, baik di forum Kristen (ABKM), Katolik (ABKatoM), dan Muslim (ABMM) lebih kepada fanatisme dan kacamata kuda, tidak dengan pikiran terbuka dan selalu terkendala dengan membatasi diri melihat satu masalah hanya dari satu sudut pandang

Apa membuat Agan Sang.Kuring lebih memilih “Kerajaan Allah SWT” dibandingkan dengan “Kerajaan Surga”?

Salam damai dalam kasih
Quote:


4L4y LOE YA itu plesetan dari kata haleluya atau Alleluia kali gan. emoticon-Hammer

dan Alleluia sih artinya "kalian semua, pujilah Tuhan". emoticon-Peace


Quote:


jangan macem2 lu gan emoticon-army
Quote:


mungkin lebih tepatnya bukan 'kerajaan Alloh SWT' akan tetapi 'Ke-ridho-an Alloh Azza wa Jalla' ..

alasannya berdasarkan pegangan iman saya yaitu Al-Qur'an & Sunnah Nabi. "Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam." (Ali 'Imran :19)

------------------------------------------


Al-Qur'an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir.

Alkitab bukanlah diturunkan dari langit dalam bentuk Alkitab yang kita-kita kenal sekarang.

Yesus sendiri, sejauh yang kuring ketahui, tidak pernah menuliskan satu barispun dari kitab Perjanjian Baru. Dia tidak pernah memerintahkan para Rasul untuk menuliskan apapun yang diajarkan oleh-Nya. Dia berkata: "Maka pergilah dan ajarlah segala bangsa" (Matius 28:19-20), "Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku" (Lukas 10:16).

Yesus sendiri menyampaikan Firman Allah kepada orang-orang melalui kata-kata, meyakinkan, mengajar, dan mentobatkan mereka dengan bertemu muka.

klaim Gereja Katolik, dengan kuasa Roh Kudus, Gereja Katolik menentukan buku-buku mana yang menjadi bagian dari kanon Alkitab yang kita kenal sampai saat ini. Allah sendiri adalah penyebab Kitab Suci, dimana dengan ilham Roh Kudus, Allah memberi inspirasi kepada manusia atau sang penulis dari masing-masing buku. Masing-masing penulis dengan cara dan gaya bahasanya sendiri bekerja sama dengan ilham dari Roh Kudus, sehingga buku-buku yang dihasilkan adalah sesuai dengan ilham Roh Kudus sendiri. dimana secara prinsip memang Alkitab ditulis oleh manusia, namun dengan inspirasi dari Roh Kudus.

kanonisasi Alkitab secara resmi diputuskan di abad ke empat oleh konsili-konsili Gereja Katolik dan para Paus. Paus Santo Innocentius I (401-417) pada tahun 405 Masehi menyetujui kanonisasi ke 73 kitab-kitab dalam Alkitab. (kaum protestan berdenominasi hanya menyetujui 66 kitab-kitab dalam Alkitab)

Gereja katolik ada terlebih dahulu dibandingkan dengan Alkitab, dan Gereja katolik yang menentukan buku-buku yang termasuk dalam Alkitab, maka Gereja jugalah yang mempunyai kuasa untuk menafsirkan Alkitab secara benar.

simpulan yang Kuring tangkap Gereja Katolik dan iman Katolik sudah ada sebelum Alkitab dijadikan.dengan melihat alur paparan terbentuknya alkitab sbb:

- Alkitab adalah sebuah kitab Katolik.

- Perjanjian Baru ditulis, disalin dan dikoleksi oleh umat Kristen Katolik.

- Kanon resmi dari kitab-kitab yang membentuk Alkitab - Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru - ditentukan secara penuh kuasa oleh Gereja Katolik pada abad ke empat.

- Oleh karena itu, dari Gereja Katolik-lah kaum Protestan berdenominasi bisa memiliki Alkitab.

----------------------------------------------------------------------------------------------------

pertanyaan buat kaskuser protestan entah dari denominasi yang mana saja:

Terlepas dari deklarasi oleh Gereja Katolik, kita sama sekali tidak memiliki jaminan bahwa apa yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah yang asli. Jika anda percaya kepada isi Alkitab maka anda juga harus percaya kepada otoritas Gereja Katolik yang menjamin keaslian Alkitab. emoticon-Big Grin

Lucunya, malah sangat kontradiktif bagi kaum Protestan berdenominasi untuk menerima Alkitab tetapi menolak otoritas Gereja Katolik. Karena kalau begitu kaum Protestan mestinya tidak mengutip isi Alkitab sama sekali, karena kaum protestan berdenominasi tidak memiliki pegangan untuk menentukan kitab-kitab mana saja yang asli, kecuali tentunya kalau mereka menerima kuasa pengajaran dari Gereja Katolik. emoticon-Big Grin

adakah yang bisa memberikan argumen mengapa kaum protestan berdenominasi menolak otoritas gereja katolik (umumnya tradisi suci & Magisterium)?

selain sola fide dan sola gratia kaum protestan berprinsip juga sola scriptura (hanya alkitab), nah terasa lucu kalau kaum protestan menolak otoritas gereja katolik dengan argumen dengan dasar alkitab sedangkan alkitab tersebut terbentuk yang tidak dapat menampikkan peran 'tradisi suci' dan 'otoritas gereja katolik' ?
Diubah oleh Sang.Kuring
betul juga baru kepikiran ane gan emoticon-Matabelo
Quote:


Nganggu orang lg usaha aja lu gan. emoticon-Malu (S)

Btw, lapak ini sepi banget ya?
Halaman 302 dari 529
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di