kesepian311Avatar border
TS
kesepian311
BUMN 'Keroyokan' Bikin 3.000 Hektar Sawah Moderen Pertama di Indonesia
Reff : [url]http://finance.detik..com/read/2012/12/13/153207/2117760/4/bumn-keroyokan-bikin-3000-hektar-sawah-moderen-pertama-di-indonesia?[/url]

BUMN 'Keroyokan' Bikin 3.000 Hektar Sawah Moderen Pertama di Indonesia

Jakarta - Sebentar lagi Indonesia akan memiliki lahan persawahan moderen pertama di Indonesia. Senin 17 Desember mendatang, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan meresmikan pencetakan lahan sawah baru tahap awal seluas 3.000 hektar di Ketapang Kalimantan Barat.

"Tiga ribu hektar yang dikerjakan di Ketapang, Kalimatan. Ground breaking-nya Ssenin depan. Peralatan berat sudah mulai kerja, kita mau coba 3.000 hektar," tutur Dahlan di Kementerian BUMN, Jalan medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Untuk pencetakan lahan sawah baru tahap awal ini, Dahlan menugaskan PT Batan Tekno untuk melakukan rekayasa benih padi karena menurutnya hal tersebut dilakukan untuk memecah pendapat yang mengatakan hasil dari tanam awal tidak besar.

"Tanam pertama itu hasilnya tidak banyak hanya 3 ton per hektar. Saya agak kaget. Oleh sebab itu, saya ingin Batan Tekno turun tangan, benihnya akan diradiasi. Oleh sebab itu, kalau kita lakukan terobosan, hasilnya seperti apa," tambahnya.

Program pencetakan lahan sawah moderen pertama di Indonesia ini juga akan menggandeng masyarakat lokal dalam proses pengelolaan. Dahlan juga menugaskan PT Pupuk Indonesia Holding Company (PHIC) untuk menemukan formula pupuk yang tepat pada masa tanam tahap awal ini.

"Kita juga mencari pupuk apa yang melawan teori tanam pertama hasilnya 3 ton per hektar. Mungkin sebelum dipupuk diberi kapur dulu untuk mengurangi PH tanah," pungkasnya.

(feb/ang)

Semangat pak DI.... emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan