TomryusAvatar border
TS
Tomryus
Tentara amerika rudapaksa gadis jepang
Tokyo, Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Jepang John Roos angkat bicara mengenai dugaan pemerkosaan seorang wanita Jepang yang dilakukan dua tentara AS di Pulau Okinawa, Jepang selatan. Roos menegaskan, pemerintah dan militer AS akan memberikan kerjasama penuh dengan otoritas Jepang dalam penyelidikan kasus ini.

Roos mengaku memahami kemarahan warga atas insiden ini. "Saya memahami kemarahan yang dirasakan banyak orang terkait laporan insiden ini," kata Roos seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (17/10/2012).

Dikatakan Roos, dirinya juga merasakan kemarahan yang sama dengan warga Jepang. "Bukan cuma saya sebagai sebagai Dubes AS, namun keseluruhan pemerintah AS termasuk militer kami akan terus berupaya mendapatkan kepercayaan rakyat Okinawa dan rakyat Jepang," tutur diplomat AS tersebut.

Gubernur Okinawa Hirokazu Nakaima, yang selama ini sering mengkritik besarnya jumlah militer AS di pulau tersebut, bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang Satoshi Morimoto dan menyampaikan kemarahannya. Dia menyebut kejahatan tersebut "gila" seraya menyinggung kasus serupa yang dilakukan seorang tentara AS pada Agustus lalu.

"Kami tak bisa menerima ini, bagaimanapun besarnya keberadaan militer AS diklaim diperlukan untuk keamanan nasional," cetusnya.

Stasiun televisi setempat, NHK seperti dilansir Asia One, Rabu (17/10/2012), melaporkan kedua tentara AS ini ditangkap atas tuduhan penyerangan terhadap seorang wanita yang terjadi pada Selasa (16/10) dini hari waktu setempat. Kedua tentara yang tidak disebutkan nama ataupun pangkatnya ini diketahui sama-sama berusia 23 tahun.

Menurut TV Asahi, salah satu tentara mengakui telah melakukan penyerangan tersebut. Sedangkan seorang tentara lainnya membantahnya dengan tegas.
0
7.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan