Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

badrudubraduAvatar border
TS
badrudubradu
Masih percaya Bumi akan gelap selama 3 hari?
Prelude




Berikut Adalah Petikan dari Berita Terkait Pernyataan NASA

Spoiler for Wacana:


Kepercayaan atau iman? Mungkin iya. Tapi kalau anda tahu sedikit ilmu tentang astronomi, anda bakal langsunginstantly ga percaya. Ini adalah hoax, yang belakangan ini populer dan banyak menimbulkan keresahan bagi orang-orang yang membacanya.

OK, secara astronomi, bumi adalah planet ketiga dari matahari, jadi yang mungkin bisa menutup matahari cuma dua, Merkurius dan Venus. (Bulan juga sih, kalo lagi di depan, tapi kan bukan planet). Ga ada urusan dengan planet belakang macam Jupiter atau Mars, OK?

Coba kita lihat perbandingan ukuran planet-planet tersebut:




Udah jelas bagaimana planet-planet tersebut sangat kecil ukurannya dibanding matahari. Bagaimana cara menutupi sebuah gajah dengan seekor semut? emoticon-Bingung (S)

Gambar lain:


Kalo planet venus ukurannya cuma segini dilihat dari bumi, mana mungkin bisa menutup matahari, apalagi merkurius yang lebih kecil dan lebih jauh? emoticon-Hammer (S)

Satu lagi, TIGA HARI? ga kurang lama? Ini cuma logika sederhana. Gerhana bulan total, yang notabene disebabkan oleh bulan yang (kalo dilihat dari bumi) ukurannya jauh lebih besar dari venus dan merkurius cuma berlangsung beberapa menit aja. La ini, yang disebabkan oleh planet kecil? sampai tiga hari. Instant fail. emoticon-Cape d... (S) Ingat, setiap planet punya revolusi, rotasi dan lintasan orbit tersendiri. Kalaupun memang gelap total pasti cuma sebentar.

Kesimpulannya, HOAX gan. At least for me.

Kalau anda sempat percaya, ada baiknya, setiap membaca berita dicari dulu berita pembanding yang terkait. Jangan suka mengambil mentah-mentah berita dari satu sumber aja, itu tidak berimbang. Bagi yang kecewa karena ga bisa bolos sekolah waktu kegelapan total saya mohon maaf emoticon-Ngakak (S)

Polling
Poll ini sudah ditutup. - 56 suara
Percaya dengan kabar bumi akan gelap selama 3 hari?
Percaya!
27%
Nope, hoax gan!
73%
Diubah oleh badrudubradu 14-12-2012 01:06
0
4.7K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan