Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

brahmantyosAvatar border
TS
brahmantyos
Ironis! Negara Kaya Gas, Indonesia akan Impor dari Qatar
Jakarta - Pemerintah sedang menjajaki impor gas dari Qatar sebanyak 1,5 MDPA per minggu sampai tahun 2015. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gas nasional.

Menurut Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Rudi Rubiandini hasil pembicaraan antara Indonesia dengan Qatar, disetujui pembelian gas dari Qatar.

"Saya baru kedatangan tamu dari Qatar, mereka menawarkan gas untuk diimpor ke Indonesia sebanyak 1,5 MDPA, dan itu bisa per minggu karena mereka (Qatar) juga kelebihan pasokan produksi gas," jelas Rudi di Balai Kartini. Jakarta, Kamis (6/11/2012).

Menurut Rudi, kerjasama yang melibatkan Indonesia dan Qatar itu untuk memenuhi kebutuhan gas domestik hingga tahun 2015 mendatang. Namun soal harga masih belum diputuskan.

"Indonesia akan membeli gas tersebut dengan harga US$ 8 hingga US$ 11 per mmbtu, namun kalangan industri dan PLN sudah mau dan berani," tegasnya.

Adapun jangka waktu kerjasama tersebut bersifat jangka pendek selama 2 tahun (2013 dan 2014). Pada tahun 2015, kerjasama tersebut akan dihentikan dan menunggu selesainya proyek pengembangan Train III Tangguh.

"2015 ke depan kebutuhan akan jauh lebih besar, namun bisa kita perpanjang lagi tergantung apakah industri dan PLN nya mau memperpanjang atau tidak, karena harganya murah," tandasnya.

Wakil Direktur ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro pernah mengatakan cadangan gas Indonesia bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan minyak di 2010 cadangan terbukti gas sekitar 108,40 TSCF.

"Tapi dengan produksinya per tahun sebesar 471.507 MMSCF, maka bisa disimulasikan cadangan gas tinggal 32 tahun lagi, dan cadangan kita hanya 1,32% dari cadangan gas di dunia," ucap Komaidi beberapa waktu lalu.


Namun dari gas yang sudah dieksploitasi, mayoritas diekspor ke luar negeri, karena alasan infrastruktur.




(wij/hen)

Sumber: [url]http://finance.detik..com/read/2012/12/06/133520/2111100/1034/ironis-negara-kaya-gas-indonesia-akan-impor-dari-qatar?f9911013[/url]

Comment: Sumpah deh gue bingung untungnya darimanay sistem beginian buat rakyat? Coba agan2 yang dari gas/pertamina/dll indonesia bisa jelaskan? Krn perasaan gas kita aja dijual murah bgt keluar negri
0
3.9K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan