Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Victim.of.GipAvatar border
TS
Victim.of.Gip
Begini Cara Mengatasi Bad Mood: Buang Ke Tong Sampah
Jakarta - Jika suasana hati sedang buruk atau bad mood, orang akan cenderung murung, menangis atau uring-uringan padahal sebenarnya bad mood ini bisa 'diusir' dengan cara yang sangat mudah. Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science ini menyarankan agar bad mood dan berbagai emosi negatif yang menyertainya dituliskan ke secarik kertas lalu meremas dan membuangnya ke tempat sampah.

"Temuan ini memang tampaknya konyol tapi terkadang hal-hal konyol justru lebih efektif dari metode lainnya," ungkap ketua tim peneliti Richard Petty, Ph.D., seorang profesor dari Ohio State University seperti dilansir dari menshealth, Jumat (30/11/2012).

Dalam salah satu percobaan yang dilakukan Petty, 83 partisipan diminta menuliskan apa yang mereka pikirkan tentang image tubuhnya sendiri ke atas kertas lalu partisipan diminta memilih ingin membuang atau menyimpan kertas itu.

Hasilnya, partisipan yang menyimpan kertas itu lebih cenderung berpikir seperti halnya yang mereka tuliskan di dalam catatan kecil itu. Jadi jika sebelumnya partisipan menuliskan pemikiran negatif maka mereka akan menilai dirinya sendiri lebih negatif. Sebaliknya partisipan yang membuang kertas mereka menunjukkan tak adanya perubahan dalam hal bagaimana mereka menilai dirinya sendiri.

"Berarti tubuh Anda dapat dapat mengontrol pikiran Anda, begitu juga sebaliknya," terang Petty. Seperti halnya hasil studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa duduk tegak akan membuat Anda merasa lebih percaya diri dan tersenyum mendorong seseorang menjadi lebih bahagia.

Jadi jika lain kali Anda mengalami bad mood, tuliskan saja pemikiran Anda ke atas kertas dan buanglah kertas itu. "Tindakan itu memberikan finalitas yang luar biasa bagi pikiran Anda. Itu berarti alih-alih menekannya, Anda bisa mengelabui otak dengan 'mengatakan' bahwa pikiran buruk itu telah pergi," pungkasnya.

http://m.detik..com/health/read/2012/11/30/133021/2105969/763/sedang-uring-uringan-buang-saja-bad-mood-anda-ke-tempat-sampah

Silahkan dipraktekkan emoticon-Smilie
0
1.4K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan