paijooo.paijoooAvatar border
TS
paijooo.paijooo
Ini Gan, Ada Orang yang Menyetubuhi Ibu Kandungnya
Gimana menurut agan2 kalau ada orang yang menyetubuhi ibu kandungnya??

Padahal sekarang ini banyak sekali orang yang makan riba dimana dosanya yang paling ringan seperti menyetubuhi ibu kandungnya, dan inget gan dosa riba itu sama bagi yang memberi hutang, yang berhutang, saksi dan pencatatnya:

عَنْ مَسْرُوْقٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ: عَنِ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلمَ قَالَ: اَلربَا ثَلاَثَةُ وَ سَبْعُوْنَ بَابًا أَيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرجُلُ أُمهُ

Dari Masruq dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Riba itu memiliki tujuh puluh tiga pintu. Riba yang paling ringan itu, dosanya semisal dosa orang yang menyetubuhi ibu kandungnya sendiri.” (Hr. Hakim, no. 2259, diiringi komentar, “Shahih menurut kriteria Bukhari dan Muslim,” dan pernyataan beliau ini disetujui oleh adz-Dzahabi, serta dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 5852)

Jika pintu riba yang paling ringan dosanya adalah semisal dosa orang yang menyetubuhi ibu kandungnya sendiri, lalu bagaimanakah dengan pintu riba yang lebih besar lagi!

Diriwayat lain:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ حَنْظَلَةَ غَسِيلِ الْمَلاَئِكَةِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلمَ: دِرْهَمُ رِباً يَأْكُلُهُ الرجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَد مِنْ سِتةٍ وَثَلاَثِينَ زَنْيَةً

Dari Abdullah bin Hanzhalah --seseorang yang jenazahnya dimandikan oleh para malaikat--, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam kondisi dia tahu bahwa itu adalah riba, dosanya lebih berat dibandingkan berzina sebanyak tiga puluh enam kali.” (Hr. Ahmad, no 22007; dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 3375)

Alangkah dahsyat hadits yang menakutkan ini. Jika satu dirham uang riba itu lebih parah daripada dosa zina --yang bukan hanya sekali, bahkan tiga puluh enam kali-- lalu bagaimana lagi dengan orang yang memakan jutaan riba!

Hadits ini juga menunjukkan bahwa tidak ada beda antara riba yang sedikit dengan riba dalam nominal yang besar. Sungguh keliru orang yang beranggapan bahwa jika riba cuma kecil. karena hanya satu atau dua persen, maka dibolehkan. Adapun riba yang terlarang, adalah jika ribanya dalam nominal yang besar.

Telah jauh-jauh hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan bahaya yang akan mengancam dunia dengan membudayanya riba, baik dengan kedok bunga, uang lelah, bagi hasil, atau istilah yang lain. Yang jadi tolak ukur dalam masalah ini adalah hakikatnya, bukan istilah yang dipakai.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النبِى صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلمَ قَالَ: اجْتَنِبُوا السبْعَ الْمُوبِقَاتِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ ، وَمَا هُن قَالَ: الشرْكُ بِاللهِ ، وَالسحْرُ ، وَقَتْلُ النفْسِ التِى حَرمَ اللهُ إِلا بِالْحَق ، وَأَكْلُ الربَا ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ ، وَالتوَلى يَوْمَ الزحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jauhilah tujuh perkara yang membinasakan.” Para shahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah tujuh perkara tersebut?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh tanpa alasan yang bisa dibenarkan, memakan harta riba, memakan harta anak yatim, lari dari medan perang, dan menuduh wanita baik-baik berzina.” (Hr. Bukhari, no 6465; Muslim no. 272)

Hadits ini menunjukkan bahwa pelaku akan mengalami kehancuran di dunia dan di akhirat.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلمَ آكِلَ الربَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

Dari Jabir, beliau mengatakan, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, korban riba, pencatat, dan saksinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Mereka itu dosanya sama.'” (Hr. Muslim, no. 4177)

Dalam hadits ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat semua pihak yang terlibat dalam transaksi riba. Bahkan, beliau tegaskan bahwa mereka semua itu menanggung dosa yang sama. Jika pencatat transaksi dan saksi dalam transaksi riba dosanya sama dengan dosa pemakan riba, lalu bagaimana lagi dengan orang yang mengurusi kegiatan riba, atau bahkan dengan sengaja menyebarkan dan memasang iklan di berbagai media untuk mengajak orang agar melakukan riba!

Yang dimaksud dengan pencatat riba dalam hadits di atas, adalah pencatatan ketika transaksi riba terjadi dan pencatatan setelah terjadinya transaksi.

عَنْ اِبْنِ عَباسٍ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلمَ أَنْ تَشْتَرِيَ الثمْرَةَ حَتى تَطْعَمَ وَ قَالَ: إِذَا ظَهَرَ الزنَا وَ الربَا فِي قَرْيَةٍ فَقَدْ أَحَلوْا بِأَنْفُسِهِمْ عَذَابَ اللهِ

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk membeli buah-buahan hingga layak untuk dikomsumsi, dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika zina dan riba telah dilakukan secara terang-terangan di suatu daerah, maka pada hakikatnya, penduduk daerah tersebut telah meminta agar Allah menyiksa mereka.” (Hr. Hakim, no. 2261, diiringi komentar, “Ini adalah hadits yang shahih.” Pernyataan beliau ini disetujui oleh adz-Dzahabi dan dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 679)

Jika kita lihat sekeliling kita, maka kita akan menyaksikan bahwa zina dan riba telah menyebar dan dilakukan secara terang-terangan, dengan nama riba atau pun lokalisasi. Semoga kita terlindung dari siksa-Nya.

Di antara bentuk siksa Allah adalah matinya hati kita, dengan menganggap dosa tidak lagi sebagai dosa, karena kita telah terbiasa dengannya.

sumber


Thread Ane yg lain, cekidot gan:
Meluruskan Pemahaman Keliru Tentang Wahhabi!!!
Sejarah Kelam Maulid Nabi
Ini Gan, Ada Orang yang Menyetubuhi Ibu Kandungnya
Hari Gini gak TAHLILAN (Muslim)!! Ini Dalil Shahihnya
Sudah Benarkah Sholat Kita???
Tau ga Gan Siapakah Orang yang Pertama Kali Masuk Neraka??
Diubah oleh paijooo.paijooo 04-04-2013 07:26
0
61K
518
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan