ahok.idolakuAvatar border
TS
ahok.idolaku
Kenapa ane pilih BMW, bukan yang lain??

Seorang teman nanya, dengan anggaran 50-an jeti, BMW apa yang bisa didapat? Hmmm.. kalo milih mobil Jepang siy enak. Corolla ya Corolla. Tahun segitu modelnya ya cuma itu cc-nya kadang ya cuma itu. Accord ya Accord. tahun segitu modelnya ya cuma itu, cc-nya ya cuma itu. Kalo BMW? Tahun yg sama dalam satu model aja ada 3-4 pilihan mesin! Siapa yang nggak bingung coba kalo tahu sebelumnya?

Well, ini catatan kami pribadi, berdasarkan info sana-sini, dan bisa jadi kurang rapi dan kurang jeli. Namun mudah-mudahan setidaknya bisa membantu mengurai informasi, atau mungkin malah bikin mbulet estimasi emoticon-Big Grin

I. Apa siy enaknya milih BMW ketimbang mobil lain?
Pertama, BMW sampai sekarang konsisten berpenggerak roda belakang. Kendaraan berpenggerak belakang ini relatif unggul dalam segala hal secara teknis.

(1). Ia tak akan kehilangan tenaga saat akselerasi. Karena saat akselerasi, roda belakang akan terkena beban tekanan bodi belakang karena momentum pergerakan kendaraan sehingga membuat roda semakin menancap di jalan dan membuat mobil serasa melesat saat diakselerasi. Ini beda dg kendaraan penggerak roda depan. Kebanyakan sedan mulai era 90-an sudah pakai penggerak roda depan. Baik mobil Jepang maupun Eropa/Amerika.

Kalo diakselerasi, kendaraan berpenggerak roda depan secara teori akan berpotensi kehilangan daya tarikan awal. Karena beban mobil menumpu ke bagian belakang, bagian depan mobil akan serasa terangkat, sehingga roda depan yg digerakkan itu serasa kurang menapak dan bisa jadi spinning plus kehilangan daya tarik awal.

(2) Karena sistem teknis diarahkan ke roda belakang untuk digerakkan, maka roda depan hanya mendapatkan bagian untuk membelokkan mobil saja. Ini secara teknis lebih murah dan simpel dalam perawatan. Beda dengan mobil berpengerak roda depan, karena fungsi dorong dan fungsi belok ketemu jadi satu, secara perawatan justru akan ribet dan mahal karena sekali kena masalah biasanya akan sekaligus makan banyak parts.. Secara sederhana, orang banyak bilang demikian emoticon-Big Grin

(3) Mantab dan predictable dalam handling. Mobil berpenggerak roda belakang memang cenderung oversteer. Maksudnya, stir dibelokkan dikit aja mobil dan langsung bereaksi, pada kecepatan tinggi ia akan serasa membelok sangat tajam gitu alias sering dibilang ngepot karena bagian belakang mobil menjadi liar nyampluk ke sana-ke mari terkena dorongan tenaga mesin…

Ini memang kelemahan, karena kalo ngepot bisa nampar kendaraan atau benda di kanan-kirinya. Namun ini lebih kepada kelemahan yg dapat dikendalikan dan dapat dimanfaatkan. Kengepotan ini bisa kita koreksi dengan pengubahan sudut kemudi yg sangat terkendali sehingga bisa membuat mobil seperti membelok laksana di film-film laga itu emoticon-Big Grin Jadinya mobil bisa lebih enak buat nge-drift (ini istilahnya). Kalo kita menguasai teknik safety-riding atau buat smooth-rally, mobil pengerak belakang gini cocok untuk melarikan diri/keluarga dari kejaran rampok emoticon-Big Grin *lebay dikit*

Dalam kecepatan sedang-rendah, mobil penggerak roda belakang akan membuat sudut belokannya lebih terarah dan predictable. Istilahnya, apa kata otak dan tangan relatif bisa diterjemahkan roda kendaraan secara sempurna…

Beda dengan kendaraan penggerak roda depan. Saat dibelokkan, karena roda masih mendapat dorongan tenaga dari mesin, ia serasa kurang mau belok alias nyelonong keluar alias understeer.. Intinya, beda penggerak depan dan belakang itu seperti mendorong atau menarik lemari gitulah… tentu semua paham bahwa mendorong lemari akan lebih ringan ketimbang menariknya emoticon-Big Grin

Kelemahan mobil penggerak belakang adalah saat dijual baru. Biasanya, mobil penggerak roda belakang akan makan biaya produksi lebih tinggi ketimbang penggerak depan. Namun untuk saat ini, karena mobil penggerak depan sekarang juga sudah dirancang secara efisien, maka untuk pemakaian sehari-hari ia sudah oke banget koq..Dan juga bisa lari kencang sekali emoticon-Big Grin

Hanya untungnya BMW (juga Benz) adalah, kita bisa mendapatkan mobil penggerak belakang dengan teknologi mumpuni dengan harga yg jeblok emoticon-Big Grin

Bahkan untuk versi Indonesia, BMW tahun 2000-an malah sudah ada teknologi penyeimbang bodi secara elektronis atau ESC (Electronic Stabilizer Control). Komputer mengatur sendiri penguncian/pengereman dan pelepasan keempat roda secara independen menurut kebutuhan sehingga mobil bisa terlepas dari kondisi ngepot yang membahayakan.

Kedua, enaknya BMW, meski di daerah, sudah banyak juga bengkel spesialis yg ahli khusus BMW. Ini masih lebih unggul ketimbang Audi atau Volvo, di mana bengkel independen spesialisnya masih belum merata sampai ke pelosok daerah emoticon-Big Grin Jadi meski kita berorientasi tetap ke bengkel resmi, untuk satu dan dua hal (kebanyakan satu dan dua hal ini selalu terjadi emoticon-Big Grin) bengkel independen spesialis tetap harus kita pegang referensinya emoticon-Big Grin

Untuk Jatim jangan khawatir. Di Malang, di Cengger Ayam depan pondok Al-Hikam ada yg kondang itu. Dah 10 tahunan mereka berdiri. Di Tulunggaung malah ada dua biji. Di Madiun juga ada. Di Yogya juga melimpah. Tempat lainya tinggal nanya kawan-kawan BMWCCI.com nantinya emoticon-Big Grin

Ketiga, enaknya BMW, secara umum ia relatif dibilang yg paling sporti ketimbang brand kompetitornya. Namun ini masalah selera dan preferensi saja sebenarnya. Saya aja juga demen koq sama Volvo yg kotak gitu. Ada seni tersendiri di dalam desainnya emoticon-Big Grin

Keempat, kalo sangat terpaksa anggaran mepet dan mesti ganti suku cadang yang gak bisa ditunda, mungkin karena ada kerusakan akut, suku cadang aftermarket-nya lumayan banyak tersedia. Hanya wajib disadari, biar bagaimanapun suku cadang aftermarket tentu beda dengan orisinalnya. Hanya di BMW, suku cadang aftermaketnya tersedia mulai kualitas setara ori sampai yg bikin mobil lebih hancur juga ada.emoticon-Big Grin

Konon, di Benz, karena banyaknya ketersediaan suku cadang KW, membuat harga sekennya jauh lebih mahal ketimbang BMW pada umur dan spesifikasi dan kondisi yg setara, bisa 50%-100%++ di atasnya. Namun kami pikir ini justru keunggulan dalam mendapatkan BMW. Kita bisa mendapatkan BMW spek yg sama tersebut dengan harga lebih rendah plus ketersediaan bengkel independen dan spareparts aftermarket yg lumayan sama melimpahnya sampai ke pelosok daerah emoticon-Big Grin

II. Anggaran segitu sebenarnya mepet banget.. tapi sudah bisa banget dapet BMW
Anggaran 50 jeti segitu sebenarnya mepet banget untuk nyari BMW yang maknyuss, bebas perbaikan, dan tinggal pake alias tinggal beli bensin daninjek gas.. tapi duit segitu juga sudah bisa banget dapet BMW lumayan okey plus sedikit sisa buat bonusan pajak or rawatan ringan pasca pembelian… Tentunya ini untuk BMW umur belasan tahun lho emoticon-Big Grin

III. Nyari BMW sabelum lihat harga adalah lihat “pakem kebutuhan dulu”
Nyari BMW sabelum lihat harga adalah lihat “pakem kebutuhan dulu” agan/aganwati.. Maksudnya gini.. BMW dibagi ke tiga pakem besar…

Diubah oleh ahok.idolaku 15-11-2012 12:23
0
56.7K
495
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan